Ibu Baru, Yuk Kenali Bahasa Bayi Lewat Tangisannya

Kesehatan

Alasan Mengapa Bayi Terjaga di Malam Hari dan Cara Menyiasatinya

Kehadiran pujaan hati tentunya akan mengubah banyak aktivitas Anda sehari-hari. Baik dari jadwal makan hingga kegiatan yang rutin Anda lakukan bisa saja berubah karena harus mengurus si kecil. Misalnya, jika biasanya Anda bisa tidur pulsa di malam hari, kini Anda harus sering terbangun untuk menyusui.

Pada umumnya, bayi yang baru lahir akan sering tidur di siang hari, sementara di malam hari bayi cenderung terjaga. Melansir dari parents.com (2/3/2020), siklus tidur bayi yang baru lahir seperti ini normal terjadi. Menurut beberapa penelitian, siklus tidur bayi yang terjaga di malam hari dan tertidur di siang hari ini dikarenakan si kecil belum mampu mengembangkan ritme aktivitas istirahat. Hal ini dikarenakan ritme sirkadian menciptakan mekanisme internal yang membuat bayi lebih terjaga di malam hari dan lelah di siang hari.

Manfaat Pijat Bayi Dan Hal Yang Mesti Diperhatikan

Apa itu Ritme Sirkadian?

Ritme Sirkadian merupakan proses biologis yang terjadi dalam kurun waktu 24 jam berkaitan dengan produksi melatonin. Singkatnya, jam biologis akan memberi tahu otak untuk memproduksi zat melatonin di malam hari sehingga kita mengantuk. Dengan demikian, karena si kecil belum memiliki ritme sirkadian ini tentunya tubuh mereka belum bisa membedakan jam siang dan malam, sehingga membuat pola tidur menjadi terbalik.

[Baca Juga: Deteksi Arti Tangisan Bayi Lewat Aplikasi Buatan Dosen IPB]

Mengutip dari todaysparents.com, pada dasarnya bayi memiliki jam tidur yang panjang, maka dari itu bayi yang baru lahir disarankan untuk mendapatkan waktu tidur 14-17 jam per hari. Sekitar 6 sampai 8 minggu usia kelahiran, bayi akan mengalami gangguan jam tidur. Demikian, jadwal makan menjadi faktor utama siklus tidur bayi yang tidak teratur. Hal ini dikarenakan perut bayi yang masih sangat kecil akan cepat lapar dan cepat kenyang.

Jam tidur bayi yang berlawanan dengan jam tidur Anda memang tidak dipungkiri. Cepat atau lambat, tubuh Anda bisa saja kelelahan karena kurang tidur. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk mengajak bayi bermain di siang hari, sementara di malam hari, usahakan untuk membuat suasana gelap dan tenang agar si kecil dapat cepat tertidur. Ajak si kecil untuk menikmati matahari pagi dan kegiatan di siang hari, dan berikan suasana setenang mungkin di malam hari.

[Baca Juga: Ibu Baru, Yuk Kenali Bahasa Bayi Lewat Tangisannya]

Meski tidak mudah untuk melakukannya, namun cara ini dirasa dapat menyiasati jadwal tidur sang buah hati. Apakah Anda sudah siap menjadi orang tua Pointers?


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.