Alasan Psikologis di Balik Senang Menonton Film Horor

Kesehatan

Alasan Psikologis di Balik Senang Menonton Film Horor

Sering kali dijumpai orang-orang yang menutup mata ketika dedemit muncul di film horor. Bila ditanya setan apa saja yang ada di film itu, mungkin saja mereka tidak bisa menjawab, sebab takut untuk melihatnya. Menariknya, mereka bisa jadi menyadari bila mereka takut, tetapi tetap saja terus menonton film horor. Mengapa demikian?

Dr. Jeffrey Goldstein, seorang profesor psikologi sosial dan organisasi di University of Utrecht, Belanda mengatakan alasan orang-orang menonton film-film horor karena mereka ingin merasa takut atau ingin satu kali saja melakukan hal tersebut.

“Anda memilih hiburan Anda sendiri karena ingin itu berefek pada Anda. Itu tentu berlaku pada orang-orang yang memilih produk hiburan seperti film horor untuk mendapatkan efek yang besar,” kata Goldstein, mengutip Psychology Today (20/5/2020).

Alasan Psikologis di Balik Senang Menonton Film Horor

“Walau mereka memilih menonton hal-hal seperti ini [film horor], yang mungkin apa yang disajikan [oleh film horor] mengganggu bagi banyak orang. Namun, mereka yang menonton memiliki kemampuan untuk hanya memerhatikan sedikit banyaknya dari film itu untuk mengontrol pengaruhnya bagi mereka,” lanjutnya.

Ada pula tiga alasan yang menyebabkan seseorang terus-menerus menonton film horor, seperti dikutip dari bustle.com (20/5/2020). Tiga hal itu adalah sensasi tegang yang diperoleh ketika menonton, relevansi film dengan kehidupannya, dan sadar bahwa film horor yang ditonton tidaklah nyata.

[Baca Juga: Netflix Adaptasi Film Horor Ju On dalam Bentuk Serial Televisi]

“Orang-orang mendapatkan pengalaman yang berbeda-beda dari menonton film horor,” kata Dr. Katherine Brownlowe, seorang asisten profesor di Departemen Neurologi dan Psikiatri di Ohio State University College of Medicine. Brownlowe lebih lanjut mengemukakan ada beberapa manfaat psikologis yang bisa didapatkan dari menonton film horor.

Mendapatkan Kesenangan dari Rasa Takut

Brownlowe menjelaskan orang-orang memberi reaksi yang berbeda terhadap rasa takut. Mereka yang senang menonton film horor cenderung menikmati rasa takut mereka yang muncul selama film diputar. “Ketika Anda takut, otak Anda dengan segera merespon apakah harus melawan atau lari [dari rasa takut itu]. Ketika ini terjadi, seluruh tubuh bisa bereaksi, contohnya jantung berdegup dan otot menjadi tegang,” jelas Brownlowe.

“Percaya atau tidak, bagi sebagian orang ini adalah hal yang sangat menyenangkan,” katanya.

Menyenangkan Bila Mampu Menonton Film Horor Sampai Akhir

Bagi beberapa orang, menonton film horor adalah aktivitas yang menghibur. Menontonnya terasa menyenangkan karena pada awalnya mungkin mereka ketakutan, tetapi setelah film usai mereka merasa aman dan baik-baik saja. “Contohnya setelah menonton film horor yang durasinya panjang, beberapa orang pada akhirnya sadar bahwa menonton film itu tidak ada apa-apanya dibandingkan ketakutan yang didapatkan ketika meminta kenaikan gaji pada atasan, ketika mendapati adanya kekurangan di laporan keuangan, atau ketika hendak berpidato di depan umum,” tutur Brownlowe.

[Baca Juga: Peninsula Suguhkan Aksi Melawan Zombi dengan Senjata Api]


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 8 months lalu
    suki

    Bola165 game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss...