Alat Tes COVID-19 Lucira Bisa Mandiri di Rumah, Dapat Hasil 30 Menit

Kesehatan

Alat Tes COVID-19 Lucira Bisa Mandiri di Rumah, Dapat Hasil 30 Menit

Satu lagi alat tes COVID-19 yang bisa dilakukan di rumah mendapat persetujuan dari The Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat (AS). Sejumlah tes lainnya yang telah diberikan otorisasi darurat oleh FDA untuk pengambilan sampel di rumah. Namun, yang lain kemudian harus dikirim ke laboratorium untuk diproses. Tes yang dikembangkan perusahaan yang berbasis di California Lucira Health ini menjadi yang pertama menghilangkan kebutuhan akan perantara lain dalam pengetesan.

"Otorisasi hari ini untuk tes lengkap di rumah menjadi langkah signifikan menuju program cepat tanggap nasional FDA terhadap COVID-19," kata Direktur Pusat Perangkat dan Kesehatan Radiologi FDA Jeff Shuren seperti diberitakan nytimes.com (18/11/2020).

Alat Tes COVID-19 Lucira Bisa Mandiri di Rumah, Dapat Hasil 30 Menit

FDA telah memberikan lampu hijau darurat untuk alat tes cepat COVID-19 pertama yang dapat dilakukan secara mandiri di rumah. Tes ini dilakukan dengan usap hidung dengan durasi untuk mendapatkan hasil dalam 30 menit. Namun, alat tes COVID-19 mandiri ini hanya bisa didapat dengan resep dari dokter dan belum ada evaluasi menyeluruh pada orang tanpa gejala.

Tes yang dikembangkan perusahaan yang berbasis di California Lucira Health ini membutuhkan resep dari penyedia layanan kesehatan. Selain itu, anak di bawah usia 14 tahun juga tidak dapat melakukan tes sendiri.

Dengan teknik usap hidung yang relatif sederhana ini, diproyeksikan oleh perusahaan biaya alat tes ini sekitar 50 USD atau Sekitar Rp800.000, dikatakan dalam situs lucirahealth.com. Alat ini juga dapat digunakan dokter untuk pasien mereka, termasuk anak-anak di bawah 14 tahun, dalam satu kali kunjungan, tanpa harus mengirimkan sample ke fasilitas laboratorium.

[Baca Juga: Tentang Tes Saliva COVID-19 dan Potensi Pengujian Skala Besar]

“Sekarang, dengan makin meningkatnya kemungkinan orang Amerika yang terjangkit COVID-19, mereka dapat mengambil tindakan segera berdasarkan hasil yang cepat, untuk melindungi diri sendiri dan orang-orang sekitar,” Shuren menambahkan.

Uji laboratorium yang mencari materi genetik virus corona menggunakan teknik yang disebut reaksi rantai polimerase, atau PCR, masih dianggap sebagai golden standar untuk mendeteksi virus. Namun, tes mandiri di rumah ini juga bergantung pada prinsip yang sama, menggunakan metode yang disebut reaksi Loop-mediated isothermal amplification atau LAMP.

Seperti PCR, LAMP berulang kali menyalin materi genetik virus hingga mencapai tingkat yang dapat dideteksi. Hal ini memungkinkan tes untuk mengidentifikasi virus bahkan ketika hanya ada pada tingkat yang sangat rendah di saluran pernapasan. LAMP lebih cepat dan tidak terlalu merepotkan dibandingkan PCR, tetapi umumnya dianggap kurang akurat.

[Baca Juga: Test Kit qPCR COVID-19 Buatan Anak Negeri Masuk Tahap Produksi Massal]

Cara melakukan tes ini dengan alat yang menggunakan baterai. Pertama, Anda harus memutar kapas di kedua lubang hidung, lalu mencelupkan dan mengaduk kapas ke dalam botol bahan kimia. Botol itu kemudian dicolokkan ke kartrid uji yang memproses sampel. Dalam setengah jam, kartrid uji akan menyala sebagai "positif" atau "negatif".

Menurut petunjuk produk, uji LAMP Lucira mampu secara akurat mendeteksi 94,1 persen infeksi yang ditemukan tes berbasis PCR. Alat ini juga mengidentifikasi dengan tepat 98 persen orang sehat dan tidak terinfeksi. Studi yang dilakukan perusahaan itu kecil, dan hanya melibatkan orang-orang yang memiliki gejala COVID-19. Kemasan untuk tes mencatat bahwa itu "belum dievaluasi" pada orang tanpa gejala.

Meskipun perusahaan belum merilis hasil yang lebih detail tentang performa produknya, "datanya terlihat bagus" dan bisa memungkinkan pengujian untuk mengisi celah penting, kata Susan Butler-Wu, ahli mikrobiologi klinis di University of Southern California. “Jenis pengujian ini dapat memainkan peran besar di sana,” kata Dr. Butler-Wu.

Read More

Artikel Lainnya

JILF 2020 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

Pendidikan

JILF 2021 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

05 December 2020, 15:02

Berangkat dari keinginan untuk mendengarkan narasi dari suara-suara yang lama diredam, Road to JILF 2021 mengusung tema “Heroes: (Re)making History”.

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

Bisnis

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

05 December 2020, 09:05

Dalam perjalanan 10 tahun partisipasi Indonesia di SEM, ada peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu sebanyak lebih dari 200 persen.

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

Kesehatan

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

04 December 2020, 15:33

Bima Arya membagi tiga kategori warga yang enggan diberi vaksin, yakni ada warga yang tidak ingin diberi vaksin karena tidak percaya bahwa COVID-19 itu ada dan nyata, ada juga karena alasan keagamaan dan ada juga karena takut.

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

Berita Kawasan

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

04 December 2020, 14:37

Ketua Koni Kabupaten Bogor Junadi Syamsudin mengatakan, di kukuhkannya kepengurusan PCI periode 2020-2024. Dapat menjalankan berbagai program kegiatan dengan inovatif sehingga Cabor Cricket bisa lebih maju.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Octavia 1 week, 6 days lalu
    octavia

    Ayo kunjungi Dupa88.org , ada promo Bonus kalah ganti 100% menanti anda , tunggu apa lagi , maru bergabung dengan dupa88, dan jadilah jutawan link : https://biolinky.co/gameonlinedupa88

  • Anisa 2 weeks lalu
    anisa

    QQHarian Agen Slot Game Online Indonesia Terpercaya, Terlengkap, Terpercaya & Transaksi Cepat , Aman & Nyaman. QQHarian Hadir Dengan berbagai Provider Ternama. Yukk Gabung & Dapatkan WELCOME BONUS 100% FULL DI DEPAN ( Bonus 100% Di AWAL / Di DEPAN ) Serta Ketahui Promo menarik lainnya dari QQHarian. Info lanjut QQHarian Buka Link Di Bawah 👇 = 🏹 ( <a href="https://qqharian.cc/" title="Best Betting Online" rel="nofollow">Situs Resmi QQHarian CLICK DISINI</a> ) ;) 🏹 https://biolinky.co/linkgameonline ( Link Alternatif QQHarian ) 🏹 www.facebook.com/groups/389225522015696/ ( Join Group Facebook )