Alternatif Peralatan Plastik Ala Evo & Co Agar Lebih Ramah Lingkungan

Bisnis

Alternatif Peralatan Plastik Ala Evo & Co Agar Lebih Ramah Lingkungan

Awal Juli mendatang, aturan larangan penggunaan plastik di Jakarta akan diberlakukan. Aturan tersebut telah resmi dituangkan dalam Peraturan Gubernur (Pergub) No.142 tahun 2019. Regulasi tersebut mengatur tentang kewajiban penggunaan kantong belanja ramah lingkungan pada pusat perbelanjaan.

Beberapa pelaku usaha sendiri kini sudah mulai tak menyediakan wadah kantong atau peralatan berbahan plastik. Nah, lantas apa kira-kira alternatif yang bisa digunakan sebagai penggantinya?

Alternatif Peralatan Plastik Ala Evo & Co Agar Lebih Ramah Lingkungan

Ternyata, banyak bahan-bahan alami yang dapat digunakan sebagai pengganti plastik. Hal ini yang membuat Evo & Co, sebuah social enterprise, melakukan inovasi produk-produk ramah lingkungan. Gelas sekali pakai atau edible cup berbahan rumput laut menjadi produk andalan dari Evo & Co.

Kepada PingPoint.co.id (19/2/2020), Chief Marketing Officer Evo & Co Sizigia Pikansha mengatakan, pembuatan produk ramah lingkungan ini tidak terlepas dari latar belakang masalah lingkungan yang terjadi di Indonesia. Semula upaya melakukan inovasi produk ramah lingkungan ini berangkat dari keinginan untuk mencari solusi masalah sampah plastik.

[Baca Juga: Peduli Lingkungan Bisa mulai dengan Mencontoh Gaya Hidup 60an]

Sementara itu, di Indonesia juga memiliki kekayaan hasil rumput laut yang melimpah. Hanya saja, besarnya hasil alam tersebut tak serta merta membuat kehidupan para petaninya sejahtera.

Berangkat dari dua masalah tersebut, maka pembuatan alternatif produk peralatan plastik ini kemudian menggunakan rumput laut melalui kerja sama dengan para petani rumput laut di daerah Makassar, Sulawesi Selatan.

“Kami berkolaborasi dengan peneliti yang sudah mengembangkan produk ini. Mulai dikembangkan tahun 2017,” kata Sizi.

Tak disangka, produknya tersebut kemudian menarik minat masyarakat, termasuk para pelaku usaha. Namun karena proses pembuatan edible cup dengan rumput laut membutuhkan proses yang lama, Evo & Co kemudian mengembangkan produk dengan bahan-bahan alami lainnya. Mulai dari boks makanan berbahan ampas tebu, sedotan dari beras dan bambu.

“Selama ini sudah ada 27 restaurant yang bekerjasama dengan kita,” katanya.

Alternatif Peralatan Plastik Ala Evo & Co Agar Lebih Ramah Lingkungan

Meningkatkan Awarness

Menjalankan bisnis ramah lingkungan ini diakuinya juga tak mudah. Sizi mengatakan, sebagai produsen memiliki tantangan seperti bagaimana untuk terus menciptakan inovasi baru yang fungsional. Sebab, untuk melakukan inovasi ini memerlukan kesiapan riset, teknologi dan untuk pemasarannya.

“Untuk pemasarannya lebih susah untuk meyakinkan masyarakat atau produsen bahwa memang produk ramah lingkungan ini lebih mahal tetapi value nya jauh lebih bermanfaat dari plastik. Karena kalau pakai plastik mereka akan ada biaya-biaya untuk masalah dampak lingkungan,” jelasnya.

Alternatif Peralatan Plastik Ala Evo & Co Agar Lebih Ramah Lingkungan

Oleh karenanya, Evo & Co melakukan edukasi ke masyarakat. Diantaranya dengan melibatkan masyarakat dalam acara-acara campaign mereka. Misalnya seperti kampanye Back to 60’s yang diselenggarakan beberapa hari lalu. Selain masyarakat, Sizi mengatakan pihaknya turut melibatkan pemerintah dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan Evo & co.

“Supaya pemerintah tahu kalau masyarakat kita banyak yang sudah butuh alternatif dan masyarakat juga sudah meminta, ” tutupnya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.