Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

Terminal Jatijajar di Kota Depok saat ini sudah menerapkan sistem yang semakin membantu proses social distancing dan mengurangi kontak antara petugas dengan para penumpang. Di mana hal ini direalisasikan dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) yang sudah menerapkan sistem tiket elektronik atau e-ticketing di Terminal Tipe A Jatijajar. Peluncuran perdana sistem tiket elektronik ini digelar pada 28 September 2020 yang diresmikan langsung Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Inovasi sistem e-ticketing seperti ini memang sangat dibutuhkan di era pandemi COVID-19 seperti sekarang. Mengingat tak sedikit penularan penyakit akibat virus Corona itu terjadi di moda transportasi umum. Oleh karena itulah dibutuhkan sistem yang dapat mendukung contactless. Inilah yang diinginkan BPTJ di Terminal Jatijajar Kota Depok dengan e-ticketing yang memiliki fitur check in Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), check in Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), mencetak tiket atau boarding pass, dan pembelian tiket di vending machine.

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik.jpg

“Sistem ini merupakan salah satu bentuk inovasi layanan single e-ticketing dengan tujuan memudahkan masyarakat dalam menggunakan angkutan umum secara praktis,” jelas Kepala Badan BPTJ Polana B Pramesti, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (28/9/2020).

Selain meminimalkan kontak yang berpotensi memicu penyebaran COVID-19, menurut Polana, sistem tiket elektronik ini juga dapat mendukung sistem transaksi dengan metode cashless. Selain di Terminal Jatijajar, selanjutnya sistem e-ticketing ini juga akan diterapkan di terminal BPTJ lainnya di wilayah Jabodetabek.

[Baca Juga: Tanggap Corona, PT KAI Permudah Sistem Pengembalian Tiket]

Inovasi dari BPTJ ini didukung oleh Kementerian Perhubungan dengan Budi Karya yang memang sejalan dengan arahan adaptasi di tatanan kebiasaan baru. Di mana elemen seperti optimalisasi teknologi sangatlah dibutuhkan yang mendukung protokol kesehatan.

Selain peluncuran sistem tiket elektronik, Menhub Budi Karya juga turut meresmikan apps Lacak Trans yang di mana dapat dimanfaatkan Anda untuk melacak informasi mengenai lokasi mana saja di Jobadetabek yang memiliki potensi penularan COVID-19. “Apabila kita tidak mematuhi protokol kesehatan dengan benar di sarana dan prasarana transportasi umum, tidak menutup kemungkinan adanya penularan akibat perpindahan virus melalui perantara sentuhan benda mati seperti tiket, uang tunai dan bentuk transaksi langsung lainnya.Sedangkan dengan aplikasi Lacak Trans mampu memantau risiko penularan COVID-19 di sekitar wilayah kita,” tutur Budi,” sebagaimana dikutip dari dephub.go.id (28/9/2020).

Read More

Artikel Lainnya

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

Bisnis

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

29 October 2020, 18:06

Ideafest yang diselenggarakan secara virtual pada 5-15 November 2020 ini dapat memantik ide, kreativitas, dan inovasi pelaku usaha pada masa pandemi.

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

Hobi dan Hiburan

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

29 October 2020, 15:05

Dari ketiga film tersebut, Viu mendapatkan 14 gelar Juara Nasional dari 40 kategori, sehingga berhak mengikuti babak internasional pada bulan Desember .

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

Pendidikan

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

29 October 2020, 10:55

Universitas Multimedia Nusantara mengembangkan prototipe aplikasi koreksi penulisan dalam bahasa Indonesia bernama U-Tapis.

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

Hobi dan Hiburan

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

28 October 2020, 16:31

Melalui pameran itu, tidak hanya ketokohannya karya-karya Affandi yang luar biasa juga dapat menjadi inspirasi bagi banyak seniman.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Larisa 1 month lalu
    larisa

    Bosan di rumah karena pandemi covid-19 Keuangan anda berkurang karena di potong gaji <a href="https://bola165.org/" title="Agen Judi Bola" rel="nofollow">Bola165</a> solusi untuk anda semua Buruan gabung bersama kami dan menangkan hadiahnya !!! Banyak promo menarik untuk anda semua Tunggu apa lagi buruan bermain dan menangkan hadiahnya Menjadi milyader bukan lagi sebuah mimpi guysss !!!!!!!

  • Anisa 1 month lalu
    anisa

    QQHarian merupakan Situs Link Alternatif Slot Game Online Indonesia Terpercaya, Terbaik, Terpopuler & Terbesar. Yang di dukung berbagai PROVIDER Ternama Dan menyajikan berbagai bonus terbesar yang menanti anda. info lebih lanjut bisa buka link nya ( biolinky.co/qqharian ) atau cukup ( <a href="https://qqharian.org/" title="Situs Slot Terbaik" rel="nofollow">Click Disini</a>) guys.!!