Amankah Berada di Dekat Pasien COVID-19 yang Sudah Sembuh

Kesehatan

Amankah Berada di Dekat Pasien COVID-19 yang Sudah Sembuh?

Apakah aman berada di dekat pasien COVID-19 yang sudah sembuh? Pertanyaan ini setidaknya dapat terjawab melalui hasil penelitian yang rilis di Jurnal JAMA pada 27 Februari silam.

Singkatnya, mengutipLive Science (16/3/2020), penelitian menunjukkan SARS-CoV-2 bisa bertahan di tubuh setidaknya dua minggu setelah pasien dinyatakan sembuh. Ahli Virologi di Michigan Tech University Ebenezer Tumban menjelaskan, pada saat itu pasien cenderung tidak mampu menularkan virus. Meski demikian, tidak disarankan untuk saling berbagi minuman dan makanan dengan pasien yang sudah sembuh tersebut.

Amankah Berada di Dekat Pasien COVID-19 yang Sudah Sembuh

Kasus di Wuhan

Peneliti meneliti empat orang tenaga medis penderita COVID-19 yang dirawat di Rumah Sakit Zhongnan Universitas Wuhan, Cina antara 1 Januari -15 Februari lalu. Setelah dinyatakan sembuh, mereka harus mengarantina diri di rumah selama lima hari. Selain itu, dalam 5 sampai 13 hari setelah sembuh mereka juga melakukan throat swab, tes untuk mendeteksi adanya organisme yang menyebabkan infeksi di tenggorokan. Hasil throat swab itu menunjukkan masih ada virus dalam di sana.

[Baca Juga: Ini Langkah Dasar Cegah Virus Corona di Kantor]

Ahli Epidemologi di Temple University Krys Johnson menjelaskan, virus itu bisa dilawan oleh kekebalan tubuh pasien. “Kalau virus itu ada di tubuh, mereka tidak bisa menginfeksi lagi,” kata Johnson.

Ebenzer Tumban mengatakan, fenomena ini juga ditemukan pada kasus lain, contohnya Virus Zika dan Ebola yang masih bertahan di dalam tubuh beberapa bulan setelah pasien yang terjangkit dinyatakan sembuh. Akan tetapi virus ini tidak sekuat sebelumnya atau disebut virus tingkat rendah.

Apa Arti Status Pandemi dari WHO bagi COVID-19

Tetap Berhati-hati

Berlanjut pada kasus penelitian di Wuhan, pasien yang diteliti tidak mengalami batuk dan bersin lagi setelah sembuh, sementara virus dapat tersebar lewat droplet yang dikeluarkan saat dua aktivitas itu. Ini menunjukkan butuh kontak yang lebih intim untuk menularkan virus dari pasien yang dinyatakan sembuh ke orang lain.

Meski begitu, orang yang sudah sembuh dari COVID-19 harus tetap berhati-hati dan tidak berbagi makanan serta minuman terlebih dulu.

[Baca Juga: Antisipasi Wabah COVID-19, UI Terapkan Metode Belajar Jarak Jauh]

Penelitian juga mengungkapkan, keluarga yang tinggal bersama mereka setelah sembuh tidak ada yang positif terjangkit SARS-CoV-2. Dijelaskan kembali, sistem kekebalan tubuh pasien yang sudah sembuh itu pada prinsipnya bisa melawan Virus Corona yang levelnya sudah rendah sehingga tidak menginfeksi lagi.

Sampai kapan imun mampu melawannya? Ada penelitian yang mengungkap imun dapat melawan virus penyebab flu biasa selama satu sampai dua tahun. Namun, selama itu virus dapat bermutasi lagi sehingga tidak dikenal imun.

Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan karena pada kasus ini, pasien yang diteliti usianya berdekatan dan sebelumnya dalam kondisi sehat, atau tidak punya riwayat penyakit lain.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.