Amankah Menggunakan Toilet Umum di Tangah Wabah COVID-19

Kesehatan

Amankah Menggunakan Toilet Umum di Tengah Wabah COVID-19?

Germophobe atau orang yang takut dengan kuman memiliki trauma tersendiri jika harus menggunakan toilet umum. Mereka tidak sanggup membayangkan betapa penuhnya kuman yang menempel di gagang pintu, dudukan toilet, dan keharusan berdekatan dengan orang lain di dalamnya.

Toilet umum bisa menjadi mimpi terburuk germophobe, tapi pandemi COVID-19 menambah lapisan risiko baru. Dokter penyakit menular pun mendesak agar Anda lebih berhati-hati, terutama menjelang dibukanya berbagai fasilitas publik seperti mal, bioskop dan restoran.

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam Physics of Fluids menguraikan, potensi bahaya udara di toilet dengan droplet yang dapat terbang 2 meter setelah penyiraman. Udara ini dapat terhirup pengguna selanjutnya. Selain hal tersebut jelas menjijikan, simulasi menemukan, sisa-sisa virus corona dalam tinja seseorang dapat masuk ke permukaan lain atau berlama-lama di udara terdekat.

Amankah Menggunakan Toilet Umum di Tangah Wabah COVID-19

“Apa bagian paling berbahaya dari menggunakan toilet umum? Orang-orang di dalamnya. Ini bukan ruangan yang biasanya sepi," kata profesor kedokteran di Divisi Penyakit Menular di Fakultas Kedokteran Universitas Vanderbilt William Schaffner, MD seperti diberitakan di webMD.com (11/7/2020).

Tentu Anda harus menggunakan masker. Cek toilet sebelum menggunakannya. Schaffner menyarankan, lihat seberapa banyak orang yang ada di dalam dan tunggu hingga sedikit sepi. Jika kebutuhan Anda mendesak, cobalah untuk menjaga jarak aman Anda dari orang lain.

Meskipun mungkin tergoda untuk menggunakan alas dudukan toilet sekali pakai, ternyata itu tidak disarankan. Alas tersebut malah bisa dipenuhi kuman yang seharusnya Anda hindari. "Jika Anda mau, Anda bisa membawa tisu ke kamar mandi bersama Anda dan membersihkan dudukan toilet sebelum duduk," kata Schaffner.

[Baca Juga: Ahli Jelaskan Jumlah Droplet yang Dihasilkan dari 4 Aktivitas Ini]

Toilet dengan tutup sebaiknya digunakan. Tutup sebelum Anda menyiram untuk menghindari udara berisi droplet berhamburan. Jika mereka tidak memiliki tutup, mundur dan keluar dari bilik secepat mungkin. Dan ketika mendekati wastafel untuk mencuci tangan, Schaffner mengatakan, perhatikan jumlah orang yang sudah menggunakan ruang tersebut. Jika Anda bisa, tunggu sampai area tersebut bersih.

Meskipun penelitian telah menunjukkan bahwa pengering udara berdaya tinggi dapat meniup partikel berbahaya di sekitarnya, para ahli penyakit menular mengatakan bahwa mesin dan handuk kertas memiliki risiko yang sama. Bahkan, kata Schaffner, pengering udara mungkin lebih aman.

Cegah COVID-19 dengan Sering Cuci Tangan (FILEminimizer).jpg

"Saya pikir pengering udara membantu daripada menyakiti - mereka menggerakkan udara di sekitar. Jika ada orang di sebelah Anda yang terinfeksi, pengering udara akan membubarkan udara, dan Anda jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan dosis infeksi virus," Schaffner menjelaskan.

Menurut Chairman of Medicine Mount Sinai South Nassau Aaron E. Glatt, MD, risiko kontak dengan cairan tubuh artinya jika dibandingkan dengan bahaya pertemuan dekat. Bagaimanapun, selalu ada kemungkinan untuk membanggakan kontaminasi dengan virus dan bakteri seperti E. coli. “Cairan tubuh selalu menjadi perhatian, terlepas dari COVID,” katanya.

[Baca Juga: Apakah COVID-19 Bisa Menyebar Lewat Udara?]

Saran utama Glatt, jadilah cerdas dan gunakan akal sehat. Jika Anda bepergian, cobalah untuk tidak menggunakan toilet umum sama sekali dan buang air sebelum Anda meninggalkan rumah.

Kekhawatiran yang lebih besar, kata Glatt, adalah potensi lonjakan kasus COVID-19 setelah pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. “Orang tidak berhati-hati. Kami melihatnya di seluruh wilayah sekarang. Ini adalah formula untuk bencana,” katanya.

Selama orang-orang memperhatikan tiga hal penting: masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, lonjakan kasus setelah PSBB dapat dihindari.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 2 months lalu
    suki

    Bola165 game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss...