Amankah Popok Kain untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Amankah Penggunaan Popok Kain pada Bayi?

Jangan bingung untuk menentukan penggunaan popok bayi yang terbaik bagi sang buah hati. Anda harus bisa memilah produk perawatan dan perlengkapan bayi yang terbaik agar sang buah hati merasa nyaman.

Tak terkecuali pemilihan popok bayi yang sebenarnya sangat sensitif lantaran langsung bersentuhan dengan kulit bayi Anda. Kebingungan orang tua lahir dikarenakan popok untuk bayi tidak hanya terbuat dari kain, tetapi ada popok sekali pakai yang bisa langsung dibuang.

Pada perkembangannya, popok bayi kain pertama kali diproduksi secara masal pada tahun 1887. Hingga sampai versi popok satu kali pakai muncul, dilansir Washingtonpost.com (12/2/2019), sejak 1990, lebih dari 70 persen bayi AS mengenakan popok sekali pakai, dan hingga berita ini dikeluarkan telah mencapai dari 95 persen.

[Baca Juga: 5 Perlengkapan Bayi yang Sebaiknya Tidak Anda Beli di Garage Sale]

Sebenarnya popok kain dianggap lebih aman untuk kulit bayi karena bebas dari bahan kimia. Faktor peduli lingkungan juga dipilih kebanyakan orang tua untuk memilih menggunakan popok kain. Karena menggunakan popok kain artinya Anda telah mengurangi limbah yang dibuang.

Namun, apakah penggunaan popok bayi kain aman untuk kesehatan si kecil? Berikut perbandingan kelebihan dan kekurangan popok bayi kain dan popok satu kali pakai.

Kelebihan Popok Kain

Popok kain memiliki kelebihan mudah disimpan dan digunakan kembali. Secara pengeluaran pun lebih irit karena tak perlu rutin membeli popok baru. Selain itu, popok kain juga dianggap lebih aman untuk kulit bayi karena bebas dari bahan kimia.

Tak Cuma membuat bayi Anda nyaman, popok kain kini tersedia dalam berbagai warna dan desain yang menarik. Adanya perekat atau kancing pada popok bayi juga bisa memudahkan orang tua dan dapat disesuaikan dengan tubuh sang bayi. Banyak orang tua yang memilih menggunakan popok kain untuk membantu mengurangi limbah yang dihasilkan popok sekali pakai.

Kekurangan Popok Kain

Ternyata, pupuk kain yang terbuat dari kapas adalah penghasil gas rumah kaca utama. Menurut Direktur Komunikasi Kebijakan di sebuah organisasi nirlaba lingkungan Washington Stephanie Hanson, mengatakan bahwa dirinya cukup khawatir dengan penggunaan air atau kapas untuk mencuci popok kain.

Jika diteliti, sebanyak 30 popok kain bisa menghabiskan 1.221 meter kubik air. Artinya, air sebanyak itu bisa digunakan untuk irigasi tanaman, tenun, pdouksi dan pencucian lainnya selama dua setengah tahun.

Tak Cuma itu, popok kain bayi ini mudah bocor dan harus juga sering ganti. Popok kain tidak sepenuhnya praktis untuk dibawa saat beraktivitas dengan si kecil. Anda pun butuh waktu lebih untuk mencuci popok kain sebelum dikenakan kembali oleh sang kecil.

Popok kain juga cukup berbahaya jika Anda tak membersihkannya secara higienis. Popok kain yang kurang bersih dapat menyebabkan raksi alergi pada kulit sensitif bayi. Hal inilah yang harus menjadi perhatian lebih bagi orang tua untuk menggunakan popok kain bayi kepada sang buah hati.

Kelebihan Popok Sekali Pakai

Popok sekali pakai telah berfungsi dengan baik selama Anda mengganti popok yang telah kotor secara rutin. Karena pada popok sekali pakai terdapat gel penyerap dan dapat menangani cairan dengan jumlah besar tanpa menjadi jenuh. Sehingga Anda bisa menggunakan popok sekali pakai kepada sang buah hati lebih lama tanpa menyebabkan bayi Anda tidak nyaman.

Popok sekali pakai juga menjadi pilihan banyak orang tua lantaran sangat praktis dan mudah untuk digunakan. Beberapa popok sekali pakai juga terbuat dari bahan yang memungkinkan adanya aliran udara ke kulit anak.

Kekurangan Popok Sekali Pakai

Popok sekali pakai cukup membuat Anda harus merogoh kocek lebih dalam. Karena popok sekali pakai harus dibuang dan tidak bisa digunakan kembali. Popok bayi sekali pakai juga mengandung kimia, seperti polypropylene, untuk lapisan dalam kulit anak.

Bahan kertas yang menyerap urin dalam jumlah banyak juga berbahaya jika dalam takaran yang besar. Beberapa jenis popok ini juga mengandung pewarna tambahan yang bisa menyebabkan alergi untuk si kecil.

[Baca Juga: Hati-Hati dengan Alergi Seafood]

Jangan salah memilih jenis popok, beri perawatan dan kenyamanan yang terbaik buat si kecil. Penggunaan popok harus benar-benar diperhatikan, supaya sang buah hati tak terkena penyakit.

Read More

Artikel Lainnya

Capai Angka 10.000 Pre-Order, realme Fans Disebut Antusias dengan realme 7 Series.jpg

Bisnis

Capai 10.000 Pre-order, realme Fans Disebut Antusias dengan realme 7 Series

18 September 2020, 16:39

realme Indonesia mengklaim, angka pre-order realme 7 Series sebelum rilis resmi mencapai angka 10.000 unit.

Kantor Wali Kota Jakarta Barat Ditutup Sementara, Ada Apa Ya .jpg

Berita Kawasan

Kantor Wali Kota Jakarta Barat Ditutup Sementara, Ada Apa Ya?

18 September 2020, 14:41

Mulai hari ini sampai 20 September 2020, kantor Wali Kota Jakarta Barat ditutup untuk dilakukan penyemprotan cairan disinfektan.

Cegah Klaster, Wali Kota Bekasi Minta Perusahaan Pastikan Protokol Kesehatan.jpg

Bisnis

Cegah Klaster, Wali Kota Bekasi Minta Perusahaan Pastikan Protokol Kesehatan

18 September 2020, 13:38

Wali Kota Bekasi baru-baru ini ikut dalam Raker LKS Tripartit dengan hal yang disorotinya adalah antisipasi COVID-19 di perusahaan yang berada di wilayahnya.

Tim Ini Siap Pastikan Warga Malang Selalu Gunakan Masker Saat di Luar Rumah .jpg

Berita Kawasan

Tim Ini Siap Pastikan Warga Malang Selalu Gunakan Masker Saat di Luar Rumah

18 September 2020, 12:25

Pada pekan ini Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan COVID-19 sudah mulai dikerahkan di kawasan Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.