Targetkan Pengusaha Perempuan Mikro di Jawa Tengah, Amartha Gandeng Bank Jepara Artha.jpg

Bisnis

Amartha & Bank Jepara Artha Dorong Pengusaha Perempuan Mikro Jawa Tengah

Perusahaan fintech yang berfokus di P2P lending untuk para pengusaha perempuan di ranah bisnis mikro, Amartha Mikro Fintek (Amartha) mengumumkan kolaborasinya dengan BPR Bank Jepara Artha pada pekan kemarin. Di mana kolaborasi ini ditujukan dalam rangka memberdayakan para pengusaha perempuan mikro di wilayah Jawa Tengah melalui akses permodalan. Kerjasama ini diawali dengan kegiatan penandatanganan kerjasama antara keduanya pada 1 April 2022 di Kota Semarang.

Kolaborasi antara Amartha dan Bank Jepara Artha disebut dipicu oleh kondisi pandemi yang memang sangat terasa dampaknya oleh para pelaku usaha UMKM di Jawa Tengah, khususnya mereka yang berada di ranah mikro. Oleh karena itu, keduanya ingin memberikan akses permodalan kepada parempuan pengusaha mikro di wilayah ini agar mampu mengembangkan usahanya.

Targetkan Pengusaha Perempuan Mikro di Jawa Tengah, Amartha Gandeng Bank Jepara Arth a.jpg

Dalam momen penekenan kesepakatan kerjasama pada pekan kemarin itu, Bank Jepara Artha menyalurkan permodalan Rp100 miliar yang digunakan Amartha untuk memberikan pendanaan kepada ibu-ibu yang bergerak di usaha perdagangan sampai industri rumah tangga. Di mana metode penyaluran yang digunakan adalah pola kredit channeling.

“Amartha gencar menjalin kolaborasi dengan sektor perbankan salah satunya yakni Bank Perkreditan Rakyat, untuk dapat mengakselerasi penyaluran permodalan bagi jutaan perempuan di Indonesia. Kolaborasi dengan BPR BJA ini menjadi kolaborasi dengan BPR di Jateng yang pertama bagi Amartha. Harapannya, semoga sinergi ini dapat menjadi penggerak bagi institusi lain untuk bersama-sama memberikan akses permodalan melalui fintech Amartha,” ujar Chief Commercial Officer Amartha Hedi Wenas, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (1/4/2022).

[Baca Juga: Amartha Berhasil Kucurkan Pendanaan ke 1 Juta Pengusaha Perempuan]

Dari sisi jangkauannya, berdasarkan data Amartha, perusahaan fintech itu memiliki catatan yang positif di Jawa Tengah. Pasalnya, sepanjang tahun 2021, Amartha berhasil menyalurkan Rp254 miliar modal ke lebih dari 70 ribu pengusaha perempuan mikro di wilayah ini. Sedangkan untuk Bank Jepara Artha, bank BPR ini telah menyalurkan kredit lebih dari Rp369 miliar dan memiliki lebih dari 50 ribu nasabah yang berada di wilayah Kabupaten Jepara.

“Jumlah pinjaman produktif yang bisa diberikan Amartha umumnya berkisar di angka 5 - 15 juta rupiah per UMKM, tergantung hasil credit scoring dan historikal pinjaman mitra. Jika usahanya semakin sukses dan butuh sokongan modal lebih besar, di sini lah BPR BJA berperan, karena memiliki kapabilitas yang lebih tinggi untuk meminjamkan modal usaha kepada nasabah”, tambah Wenas


Read More

Artikel Lainnya

Topping Off Apartamen Antasari Place, Wujud Komitmen PDS untuk Stakeholde r.jpg

Properti dan Solusi

Topping Off Apartemen Antasari Place, Wujud Komitmen PDS untuk Stakeholder

01 June 2023, 07:13

Pengembang PT PDS baru-baru ini secara resmi memulai proyek apartemen Antasari Place di Jakarta Selatan melalui proses topping off.

Dukung Kesibukan Pekerja Hybrid, Acer Luncurkan Rangkaian Laptop Anyar.jpg

Bisnis

Dukung Kesibukan Pekerja Hybrid, Acer Luncurkan Rangkaian Laptop Anyar

29 April 2023, 12:37

Melalui rangkaian terbaru produk Travelmate, Acer menargetkan Anda yang terbiasa bekerja secara hybrid.

#LengkapiCintadanKebaikan, Kampanye Astra Life Syariah untuk Berbagi dan Proteksi Diri.jpg

Bisnis

#LengkapiCintadanKebaikan, Kampanye Astra Life Syariah untuk Berbagi dan Proteksi Diri

14 April 2023, 09:55

Dalam rangka momen Ramadan, Astra Life Syariah meluncurkan programnya yang ditujukan untuk mendorong proteksi diri bagi Muslim Tanah Air sekaligus saling berbagi.

Ada Teater Double Deck! Cinepolis Resmikan Bioskop Terbesarnya di Senayan Park.jpg

Bisnis

Ada Teater Double Deck! Cinepolis Resmikan Bioskop Terbesarnya di Senayan Park

13 April 2023, 09:40

Jaringan bioskop internasional Cinepolis pada pekan ini secara resmi meluncurkan bioskop terbesarnya di Tanah Air yang dihadirkan di mal Senayan Park.


Comments


Please Login to leave a comment.