Amnesty International RUU Omnibus Law Cipta Kerja Langgar HAM

Bisnis

Amnesty International: Penyusunan RUU Cipta Kerja Tak Transparan

RUU Omnibus Law Cipta Kerja masih menjadi polemik sampai saat ini. Selain bermasalah secara substansi, proses penyusunan rancangan legislasi ini pun juga dinilai tak transparan.

Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid menjelaskan dalam RUU yang berisikan 1.244 pasal tersebut telah mengabaikan hak masyarakat untuk berpartisipasi dalam urusan publik. Menurutnya dalam proses penyusunan rancangan legislasi itu tak transparan dan tak melibatkan partisipasi masyarakat.

1. Ilmu Hukum

"Proses penyusunannya tidak transparan dan tidak melibatkan partisipasi masyarakat yang akan terdampak langsung dari aturan tersebut khususnya kalangan buruh, penggiat lingkungan dan media. Penyusunannya hanya mengedepankan aspirasi petinggi negara dan pengusaha. Tidak heran banyak penolakan yang keras dari masyarakat sipil," kata Usman, dalam acara diskusi Desas Desus Omnibus: Bagaimana Investasi Memenuhi Standar Hak Asasi?, di Jakarta (4/3/2020).

[Baca Juga: Menakar Urgensi Omnibus Law Bagi Sektor Bisnis dan Investasi]

Usman mengatakan hal tersebut menunjukkan pemerintah tidak konsisten dalam menjamin proses legislasi yang sesuai dengan hukum internasional dan hukum nasional. Untuk diketahui, sebagaimana Pasal 25 Kovenan Internasional Hak-Hak Sipil dan Politik bahwa negara wajib membuka partisipasi publik dan menjamin warga negaranya ikut serta dalam proses pengambilan keputusan.

Lalu pada Pasal 19 Kovenan itu juga menyebutkan bahwa setiap orang berhak mendapatkan akses informasi. Sedangkan dalam hukum Indonesia telah diatur bahwa masyarakat dapat memberi masukan untuk pembentukan peraturan perundang-undangan. Baik melalui Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU),kunjungan kerja, lokakarya atau diskusi.

[Baca Juga: Memaknai Omnibus Law, Niat Baik yang Terburu-buru]

Oleh karena itu, menurutnya meskipun pemerintah mengklaim telah memberi akses informasi melalui kanal situs Kemenkum HAM, namun hal tersebut tak berarti proses penyusunan legislasi ini transparan. Sebab, nyatanya RUU tersebut baru bisa diakses setelah Menko Bidang Perekonomian menyerahkan draft RUU kepada Ketua DPR RI (12/2/2020).

Usman pun juga menyangsikan klaim pemerintah yang mengklaim melibatkan 14 serikat buruh dalam tim pembahasan. Nyatanya, organisasi tersebut tidak dilibatkan dalam pembahasannya.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 7 months lalu
    rine

    yuuukkk MABAR game qqharian,club guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di qqharian,club ajaaa bukan yang lain.. <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>

  • Natasya88 2 years, 7 months lalu
    Natasya88

    Poker165,co merupakan situs game online aman dan terpercaya yang menyediakan Berbagai Promo salah satunya Tripple Bonus yang Wow dan tidak pernah anda jumpai di tempat lain. Buruan bergabung serta Menangkan Hadiah & permainan nya, Cukup 1 user id saja anda bisa banyak bermain game. Pelayanan cepat, aman & terbaik!, Cs kami siap melayani Anda 24 jam nonstop!!! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +855973489346 silahkan bisa di cek ke TKP dan buktikan sekarang juga. . .