Amnesty International RUU Omnibus Law Cipta Kerja Langgar HAM

Bisnis

Amnesty International: Penyusunan RUU Cipta Kerja Tak Transparan

RUU Omnibus Law Cipta Kerja masih menjadi polemik sampai saat ini. Selain bermasalah secara substansi, proses penyusunan rancangan legislasi ini pun juga dinilai tak transparan.

Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid menjelaskan dalam RUU yang berisikan 1.244 pasal tersebut telah mengabaikan hak masyarakat untuk berpartisipasi dalam urusan publik. Menurutnya dalam proses penyusunan rancangan legislasi itu tak transparan dan tak melibatkan partisipasi masyarakat.

1. Ilmu Hukum

"Proses penyusunannya tidak transparan dan tidak melibatkan partisipasi masyarakat yang akan terdampak langsung dari aturan tersebut khususnya kalangan buruh, penggiat lingkungan dan media. Penyusunannya hanya mengedepankan aspirasi petinggi negara dan pengusaha. Tidak heran banyak penolakan yang keras dari masyarakat sipil," kata Usman, dalam acara diskusi Desas Desus Omnibus: Bagaimana Investasi Memenuhi Standar Hak Asasi?, di Jakarta (4/3/2020).

[Baca Juga: Menakar Urgensi Omnibus Law Bagi Sektor Bisnis dan Investasi]

Usman mengatakan hal tersebut menunjukkan pemerintah tidak konsisten dalam menjamin proses legislasi yang sesuai dengan hukum internasional dan hukum nasional. Untuk diketahui, sebagaimana Pasal 25 Kovenan Internasional Hak-Hak Sipil dan Politik bahwa negara wajib membuka partisipasi publik dan menjamin warga negaranya ikut serta dalam proses pengambilan keputusan.

Lalu pada Pasal 19 Kovenan itu juga menyebutkan bahwa setiap orang berhak mendapatkan akses informasi. Sedangkan dalam hukum Indonesia telah diatur bahwa masyarakat dapat memberi masukan untuk pembentukan peraturan perundang-undangan. Baik melalui Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU),kunjungan kerja, lokakarya atau diskusi.

[Baca Juga: Memaknai Omnibus Law, Niat Baik yang Terburu-buru]

Oleh karena itu, menurutnya meskipun pemerintah mengklaim telah memberi akses informasi melalui kanal situs Kemenkum HAM, namun hal tersebut tak berarti proses penyusunan legislasi ini transparan. Sebab, nyatanya RUU tersebut baru bisa diakses setelah Menko Bidang Perekonomian menyerahkan draft RUU kepada Ketua DPR RI (12/2/2020).

Usman pun juga menyangsikan klaim pemerintah yang mengklaim melibatkan 14 serikat buruh dalam tim pembahasan. Nyatanya, organisasi tersebut tidak dilibatkan dalam pembahasannya.


Read More

Artikel Lainnya

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T Resmi Hadir di Indonesia.jpg

Bisnis

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T 5G Resmi Hadir di Indonesia

01 December 2022, 15:55

Anggota keluarga baru di Xiaomi 12 Series pada hari ini secara resmi diboyong ke Tanah Air dengan membawa spesifikasi yang mumpuni serta kemampuan pengambilan gambar yang disebut tepat bagi para kreator konten.

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.co m.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 9 months lalu
    rine

    yuuukkk MABAR game qqharian,club guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di qqharian,club ajaaa bukan yang lain.. <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>

  • Natasya88 2 years, 9 months lalu
    Natasya88

    Poker165,co merupakan situs game online aman dan terpercaya yang menyediakan Berbagai Promo salah satunya Tripple Bonus yang Wow dan tidak pernah anda jumpai di tempat lain. Buruan bergabung serta Menangkan Hadiah & permainan nya, Cukup 1 user id saja anda bisa banyak bermain game. Pelayanan cepat, aman & terbaik!, Cs kami siap melayani Anda 24 jam nonstop!!! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +855973489346 silahkan bisa di cek ke TKP dan buktikan sekarang juga. . .