Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

Properti dan Solusi

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

Bagi Anda yang suka membuat kopi sendiri (bukan kopi instan) dan memang menggemari proses pembuatannya, dari menggiling hingga menyeduh, tentu akan langsung membuang ampas kopi menuju tempat sampah. Namun ternyata tidak sesederhana itu, ampas kopi masih memiliki manfaat yang dapat Anda terapkan.

Ampas kopi dapat Anda gunakan mulai untuk urusan dapur hingga untuk keperluan kebun. PingPoint.co.id berhasil merangkum sejumlah manfaat ampas kopi dari beragam sumber, sehingga nanti Anda dapat menyisihkan sebagian dari ampas kopi untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan di rumah.

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

  • Memperbaiki Goresan pada Furnitur

Jika Anda memiliki furnitur yang terbuat dari material kayu, maka potensi mengalami goresan pun pasti ada. Memang ada sejumlah produk yang dapat meminimalisir goresan pada furnitur, tapi tak ada salahnya Anda mencoba ampas kopi untuk menghilangkan goresan tersebut. Caranya, buat adonan pekat yang terdiri dari ampas kopi dan air. Lumuri adonan ampas kopi pada goresan di permukaan furnitur itu, dengan menggunakan kain katun dan biarkan selama 10 sampai 15 menit. Jika sudah mengering, lapisi dengan pernis kayu.

[Baca Juga: Manfaat Ampas Kantung Teh untuk Perawatan Mata]

  • Membersihkan Panci dan Wajan

Ampas kopi memiliki tekstur kasar, sehingga ideal digunakan untuk menggosok dan membersihkan peralatan dapur dengan kerak atau noda membandel, contohnya pada panci maupun wajan. Anda cukup menaburkan ampas kopi kering pada permukaan peralatan dapur yang berkerak itu, lalu menggosoknya secara perlahan. Ulangi hingga kerak atau noda itu hilang, dilanjutkan dengan mencucinya hingga bersih secara menyeluruh.

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

  • Pengharum Ruangan

Taruh ampas kopi pada mangkuk dan letakkan pada di sebuah sudut ruangan rumah Anda, maka aroma kopi pun akan menyebar. Jika kulkas Anda memiliki aroma yang kurang sedap, letakkan mangkuk berisikan ampas kopi tersebut di dalam kulkas. Bahkan jika Anda ingin menghilangkan aroma tertentu pada tempat sampah, buang ampas kopi dalam jumlah yang agak banyak untuk meminimalisir aroma tidak sedap.

  • Pupuk Tanaman

Tambahkan ampas kopi pada tanah, maka nantinya akan bersifat seperti pupuk. Anda dapat mencampur ampas kopi tersebut dengan air hangat, lalu disemprotkan pada tanaman. Ampas kopi juga dapat menjadi salah satu komponen dalam pembuatan pupuk kompos, karena kopi memiliki kandungan yang kaya nutrisi.

[#R}

  • Pengusir Serangga

Bagi Anda yang memiliki kebun hias atau kebun yang ditanami sayur seperti wortel, maka ampas kopi dapat digunakan sebagai campuran pada tanah. Ampas kopi ini akan berfungsi layaknya pengusir serangga, ulat, bahkan kucing liar yang berpotensi merusak tanaman di kebun Anda.

Melalui beberapa manfaat di atas, tentu kini Anda tidak akan menganggap ampas kopi sebagai hal yang remeh bukan? Selamat mencoba!

[Baca Juga: Tak Disangka, Ini 4 Manfaat Kayu Manis untuk Kebun]

Read More

Artikel Lainnya

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

Kesehatan

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

16 September 2019, 13:00  |  9 Views

Berbagai fasilitas dan kegiatan kesehatan di TK Tzu Chi menggambarkan bagaimana pentingnya kesehatan murid bagi pihak sekolah.

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen di Seluruh Indonesia

Bisnis

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen

16 September 2019, 12:00  |  10 Views

Pertumbuhan pesat GrabFood juga dicapai berkat adanya kerja sama dengan restoran cepat-saji dan kedai makanan lokal favorit masyarakat.

Manfaat Media Monitoring di Indonesia

Bisnis

Manfaat Media Monitoring dalam Penggunaan Media Sosial

16 September 2019, 10:00  |  19 Views

Apa manfaat media monitoring dalam perkembangan bisnis Anda? Penyebaran informasi yang tinggi di media sosial menjadi salah satu alasan utama adanya layanan media monitoring.

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

Kesehatan

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

16 September 2019, 09:00  |  11 Views

Jika menemukan benjolan di ketiak yang memiliki tekstur lunak dan terasa nyeri, jangan khawatir! Karena, bisa diobati dengan lima cara alami ini.


Comments


Please Login to leave a comment.