Anak Tunanetra Bisa Belajar Baca dengan Lego Braille Bricks

Pendidikan

Anak Tunanetra Bisa Belajar Baca dengan Lego Braille Bricks

Lego meluncurkan Braille Bricks, mainan baru untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak-anak tunanetra dan rabun. Lebih dari sekadar permainan konstruksi, setiap balok warna-warni ini dicetak menjadi huruf, angka, atau tanda baca dari sistem penulisan braille.

Lego dan braille dalam banyak hal merupakan pasangan yang sangat cocok. Balok Lego dasar adalah persegi panjang dengan enam titik di atasnya berbentuk pola 3 x 2. Huruf braille terbentuk dari susunan hingga enam titik timbul dalam pola 3 x 2.

Anak Tunanetra Bisa Belajar Baca dengan Lego Braille Bricks

Braille Bricks, yang menghabiskan waktu dua tahun dalam uji coba set permainan ini bersama komunitas tunanetra. Asosiasi Tunanetra Denmark mengajukan ide tersebut ke Lego Foundation, badan amal LEGO Group, pada tahun 2011. Sementara, Yayasan Dorina Nowill untuk Tunanetra di Brasil membuat prototipe mereka sendiri pada tahun 2017.

Kemampuan membaca huruf braille telah menurun karena teknologi seperti buku audio dan aplikasi yang melafalkan teks yang ditampilkan di layar komputer atau ponsel pintar, menjadi lebih umum. Namun, para pendukung mengatakan bahwa metode membaca auditori seperti ini seharusnya melengkapi braille, bukan menggantikannya.

[Baca Juga: Kolaborasi Ciamik! Lego Perkenalkan Edisi Klasik Nintendo Entertainment System]

“Untuk tunanetra, braille adalah jalan untuk tidak buta huruf,” kata Sean Randall, instruktur IT di New College Worcester, sekolah untuk tunanetra di Inggris seperti diberitakan. Randall sendiri adalah tunet, sebutan yang dipakai kawan tunanetra.

“Satu-satunya pilihan nyata lainnya bagi seseorang yang tidak dapat melihat adalah mendengarkan, dan dengan mendengarkan Anda kehilangan banyak ejaan, tata bahasa, tanda baca,” ujar Randall seperti diberitakan psychologytoday.com (19/1/2021).

Anak Tunanetra Bisa Belajar Baca dengan Lego Braille Bricks

Penelitian menunjukkan, permainan terpadu adalah alat pengajaran yang efektif untuk siswa usia dasar karena kebanyakan anak belajar paling baik ketika mereka terlibat secara aktif, berinteraksi dengan orang lain, dan melihat makna dalam apa yang mereka lakukan.

Lego Braille Bricks dapat digunakan untuk pendidikan berbasis permainan dalam fonetik, ejaan, dan matematika. Untuk anak kecil yang belum siap membaca, balok mendorong perkembangan koordinasi motorik dan keterampilan sentuhan.

Read More

Artikel Lainnya

Berhasil Kendalikan Covid-19, Kabupaten Bogor Ditetapkan Sebagai Zona Orange.jpg

Berita Kawasan

Berhasil Kendalikan COVID-19, Kabupaten Bogor Masuk Zona Oranye

04 March 2021, 19:03

Pemprov Jawa Barat menetapkan Kabupaten Bogor ke dalam 17 Kabupaten/Kota yang masuk ke dalam Zona Resiko Sedang atau oranye.

Aksi Tanggap Bencana, Toyota Serahkan Donasi Rp1,25 Miliar Untuk PMI

Bisnis

Aksi Tanggap Bencana, Toyota Serahkan Donasi Rp1,25 Miliar Untuk PMI

04 March 2021, 18:51

Dana yang diberikan kepada PMI akan dikelola untuk kebutuhan masyarakat yang menjadi korban bencana alam.

RS Lapangan Beroperasi Harapan Kota Bogor yang Kritis

Kesehatan

Bagor Baru Terima 69.570 Dosis Vaksin COVID-19

04 March 2021, 18:02

Kegiatan vaksinasi massal tahap kedua di Kota Bogor yang menyasar pelayanan publik sedang berlangsung. Dari target 86.143 orang, Pemkot baru menerima 69.570 dosis vaksin COVID-19.

Mutasi Virus SARS-CoV-2 yang Lebih Menular Ditemukan di Indonesia

Kesehatan

Singgung Mutasi Baru COVID-19, Ganjar Minta Warga Jateng Tetap Tenang

04 March 2021, 17:31

Meskipun sudah mendapatkan vaksin, warga diminta untuk tetap menaati protokol kesehatan karena itu sangat penting untuk mengantisipasi virus ini.


Comments


Please Login to leave a comment.