Ancol Bangun Masjid Terapung Pertama di Jakarta

Berita Kawasan

Ancol Bangun Masjid Terapung Pertama di Jakarta

Masjid sebagaimana fungsinya merupakan tempat ibadah bagi umat Islam. Namun seiring berjalannya waktu, banyak masjid-masjid di berbagai belahan dunia yang memiliki desain unik dan menarik. Seperti halnya di Jakarta. Banyak sekali masjid dengan desain cantik yang tentunya dapat menarik banyak wisatawan untuk berkunjung sekaligus beribadah. Bahkan pada 9 November 2019, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla baru saja meresmikan pembangunan Masjid Apung yang terletak di kawasan Pantai Ria Ancol, Jakarta Utara. Seperti apa sih masjid Apung yang pembangunannya direncanakan akan selesai pada akhir tahun depan ini?

Ancol Bangun Masjid Terapung Pertama di Jakarta

1) Masjid Pertama yang Berada di Atas Permukaan Laut Jakarta

Berada di kawasan wisata Ancol, masjid ini menjadi satu-satunya dan pertama yang dibangun di atas laut. Masjid Apung dibangun menjorok dari daratan dengan luas 2.000 meter persegi yang mampu menampung hingga 2.500 orang Jemaah.

2) Desain Penuh Makna Islami dan Ramah Lingkungan

Untuk urusan desain, PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk selaku penggagas menunjuk seorang arsitek ternama Indonesia, Andra Martin. Masjid yang dibangun tanpa kubah ini didesain dengan bentuk segi lima yang mencerminkan jumlah rukun islam. Kemudian di bagian luarnya, terdapat enam menara yang melambangkan dasar rukun Iman dengan tinggi 25 meter yang menggambarkan 25 Nabi dalam Al Quran. Selain itu, dalam pengerjaannya Masjid Apung akan menggunakan material stainless steel dan kayu agar bangunan sejuk. Ditambah kiblat dan seluruh bangunan yang menghadap ke arah laut lepas bisa menambah kesejukan bagi siapa saja yang beribadah di Masjid Apung.

[Baca Juga: Urban Farming akan Sampai ke Masjid dan Madrasah]

3) Sebagai Ikon Baru Kota Jakarta

Tidak hanya sebagai tempat ibadah, Masjid Apung diharapkan bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang melambangkan perjalanan agama islam di Jakarta. Bahkan Gubernud DKI Jakarta Anies Baswedan bilang masjid apung ini nantinya dapat memberikan pengalaman baru kepada masyarakat yang datang berlibur di kawasan Ancol.

Ancol Bangun Masjid Terapung Pertama di Jakarta

4) Selesai Akhir Tahun 2020

Untuk proses pembangunan, rencananya Masjid Apung ini akan selesai pada akhir tahun 2020 atau kurang lebih satu tahun dari pelaksanaan awal. Lokasinya yang menjorok dari daratan menjadikan masjid itu bangunan unik dan satu-satunya di Jakarta. “Pesan saya on schedule, on quality, on budget. Kalau tiga ini dipegang, akhir tahun depan kita bisa rasakan masjid ini. Dan Ramadan tahun depan, masjid ini bisa jadi tempat iktikaf,” kata Anies.

5). Menghabiskan Dana Mencapai Rp50 Miliar

Untuk membangun Masjid Apung pertama di DKI Jakarta ini, PT Pembangunan Jaya Ancol menghabiskan dana sekitar Rp50 miliar. Direktur Utama Jaya Ancol Teuku Syahrir Sahali mengatakan pendanaan tersebut berasal dari kas internal perusahaannya.

[Baca Juga: Menengok Sejarah Jembatan Ancol dan Misterinya]

Jika melihat dari desain dan biaya yang dianggarkan untuk pembangunan Masjid ini, pasti Pointers jadi tidak sabar menunggu pembangunan selesai pada tahun depan.

Read More

Artikel Lainnya

Gempa 3.jpg

Berita Kawasan

“Bangun Ayo Bangun Cah” Senandung Ibu-Ibu Dusun Kajar Ketika Gempa Malang Terjadi

11 April 2021, 11:09

Tradisi pun dimunculkan sebagai cara menanggulangi akibat emosional calon bayi setelah gempa terjadi.

Gempa 1.jpg

Berita Kawasan

Gempa 6,7 Skala Richter di Malang Sambung Rentetan Musibah di Indonesia

11 April 2021, 10:02

Gempa Malang menjadi rentetan bencana di Indonesia yang perlu diwaspadai kelanjutannya.

Ilustrasi Gempa Bumi

Pendidikan

Negeri Seribu Gempa, Ini Mitigasi Bencana Gempa Bumi yang Perlu Diketahui Masyarakat

11 April 2021, 09:07

Gempa bumi di Indonesia adalah sesuatu yang tidak bisa dihindarkan dan menjadi konsekuensi bagi masyarakat yang tinggal di Indonesia. Alih-alih mengindari dan lari dari bencana, pada akhirnya kita harus hidup berdampingan dengan bencana alam.

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021.jpg

Pendidikan

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021

11 April 2021, 08:06

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2021/2022. Meskipun pemerintah sudah memberikan lampu hijau agar sekolah tatap muka dilaksanakan segera, namun Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya masih belum bisa melaksanakan.


Comments


Please Login to leave a comment.