5 Langkah Yang Harus Anda Lakukan Ketika Banjir

Berita Kawasan

Anda Bisa Terus Pantau Banjir Lewat 3 Aplikasi Ini

Hujan yang melanda DKI Jakarta dan sekitarnya akhir-akhir ini membuat khawatir banyak masyarakat. Apalagi baru-baru ini beberapa wilayah di Jabodetabek tergenang banjir yang cukup tinggi. Tidak hanya menimbulkan banyak korban jiwa, banjir yang melanda Jabodetabek pada awal tahun 2020 juga merusak dokumen penting para warga terdampak.

Untuk meminimalisir terjadinya kerugian akibat banjir, kalian pun bisa melakukan pemantauan banjir melalui aplikasi-aplikasi yang bisa diunduh diponsel pintar. Dengan memantau titik-titik genangan air via aplikasi tersebut, setidaknya kalian sudah memiliki persiapan sebelum banjir datang.

[Baca Juga: Ini Cara Antisipasi Kebocoran Listrik Saat Banjir]

Nah, berikut ini adalah aplikasi/website pemantau banjir yang wajib ada di Ponsel kalian saat musim hujan seperti saat ini.

Pantau Banjir Lewat 3 Aplikasi Ini Pantau Banjir

1) Aplikasi Pantau Banjir

Aplikasi yang bernama Pantau Banjir ini sebenarnya dirilis sejak 3 tahun lalu oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Aplikasi ini juga merupakan bagian dari program Jakarta Smart City yang telah ada sejak zaman Gubernur Basuki Tjahaja Purnama. Dalam aplikasi Pantau Banjir, tersaji berbagai informasi mengenai ketinggian air di pintu air dan pos pengamatan hingga operasional pompa air secara realtime. Selain itu, lewat aplikasi Pantau Banjir, penggunanya juga bisa ikut melaporkan jika mengetahui ada titik-titik banjir yang meliputi status penanganan, lengkap dengan foto dan alamat serta ketinggian air.

Pantau Banjir Lewat 3 Aplikasi Ini Peringatan Dini Banjir Jakarta

2) Aplikasi Sistem Peringatan Dini Banjir Jakarta

Meski namanya terkesan panjang, namun aplikasi milik yang dibuat oleh Dinas Sumber Daya Air Jakarta ini dapat memberikan informasi pantauan banjir yang cukup lengkap. Lewat aplikasi Peringatan Dini Banjir Jakarta, masyarakat bisa melihat informasi terkait status ketinggian muka air sungai di Jakarta, kemudian informasi grafik tinggi muka air dalam 24 jam terakhir, perkiraan cuaca Jabodetabek dari BMKG dan notifikasi status siaga pintu air. Sebetulnya, aplikasi ini juga mampu menampilkan tampilan CCTV di berbagai titik rawan banjir, hanya saja fitur tersebut masih sulit diakses.

Pantau Banjir Lewat 3 Aplikasi Ini PetaBencana.id

3) Aplikasi PetaBencana.id

Website PetaBencana.id merupakan sebuah proyek yang digagas Yayasan Peta Bencana berkolaborasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pacific Disaster Center, dan Humanitarian OpenStreetMap Team. Sebagai sebuah platform gratis, website ini mampu mengumpulkan, menyortir, dan memvisualisasikan data menggunakan sebuah platform untuk manajemen kebencanaan bernama CogniCity Open Source Software.

[Baca Juga: Jangan Panik, Coba Lakukan Ini Ketika Ponsel Terendam Akibat Banjir]

Ketika membuka PetaBencana.id, kalian akan dihadapkan dengan peta beserta label berwarna sesuai tingkat keparahan banjir yang terjadi di wilayah kalian. Saat label warna suatu wilayah di-klik, situs akan menampilkan informasi tentang banjir di daerah tersebut, termasuk ketinggian air, dan update terakhir.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 3 years lalu
    suki

    guys ada kabar baru nich, mau dapatin duit dengan mudah tanpa keluar keringat? dan bisa jadi jutawan dalam waktu yang tidak lama, buruan yach ke dupa88,net jangan ketinggalan untuk menjadi jutawan….

  • Kelly 3 years lalu
    kelly

    QQHarian,info merupakan situs betting online yang aman dan terpercaya. Menyediakan Promo Bonus yang Wow dan tidak pernah anda jumpai di tempat lain. sudah bosan dgn Bonus Freebet ? Kami sediakan bonus terbaru kita yaitu BONUS++ TAMBAHAN LANGSUNG 5% SETIAP KALI DEPOSIT BERKELIPATAN 100K. apakah masih bisa ambil bonus yang lain ? masih bisa ambil bonus yang lain guys seperti ambil BONUS WELCOME CASHBACK 100% bisa di gabung dgn BONUS++ TAMBAHAN LANGSUNG 5%. Buruan bergabung dan Buktikan sekarang juga serta Menangkan JackPot 100%. Cukup 1 user id saja anda bisa banyak bermain game. Minimal DP/WD hanya 20k/50k saja. Proses pencairan dana cukup dengan waktu max3 menit hingga ratusan juta rupiah. Anda Menang, Kami Bayar. Anda Kalah, Kami Ganti.!!! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +63 9954825268 | Line : qqharian | Refferal Code : 8FE83FDE

  • Kelly 3 years lalu
    kelly

    Ingin mendapatkan penghasilan tambahan yuks bergabung bersama kami dupa88.net memberikan bosnus cashback 100% untuk Kekalahan Modal Pertama, Selain itu hanya bermodal 25K bisa bermain di semua game dan mendapat kesempatan menang hingga jutaan rupiah.