Anda Generasi Sandwich Ini Tips Kelola THR ala Astra Life.pptx.jpg

Bisnis

Anda Generasi Sandwich? Ini Tips Kelola THR ala Astra Life

Saat ini mayoritas umat Muslim yang berstatus sebagai pekerja telah mendapatkan Tunjangan Hari Raya alias THR yang bernilai hinggal satu bulan gaji bagi Anda yang sudah bekerja selama setahun atau lebih. Tentu saja kebanyakan dari Anda sudah memiliki rencana akan digunakan untuk apa uang THR ini atau mungkin potensinya justru sudah digunakan mengingat berdasarkan Survei Shapchart mencatat 60 persen responden memastikan uang THR digunakan untuk berbelanja. Namun bagi Anda yang masuk kategori generasi sandwich ada baiknya berbijak untuk menggunakan dana tambahan ini.

Anda Generasi Sandwich Ini Tips Kelola THR ala Astra Lif e.jpg

Sebagai generasi sandwich membuat Anda dipandang harus lebih bijak dalam mengelola keuangan mengingat adanya tanggungan “ke atas dan ke bawah” di keluarga. Oleh karena itulah Astra Life memberikan tipsnya demi memastikan THR ini tidak hilang begitu saja karena Anda kurang mengontrol keuangan di momen Idul Fitri nanti. Di mana Astra Life membaginya menjadi do atau apa yang bisa Anda lakukan dan don’t alias hindari.

Do

  • Menggandeng keluarga untuk pengalokasian dana THR dipandang sebagai hal yang tepat demi perencanaan yang terbuka. Di mana rincian alokasi ini bisa dipisahkan dengan gaji bulanan yang Anda terima sehingga akan lebih mudah dalam penentuan alokasi di mana dana THR akan digunakan.
  • Pastikan jangan lupa berbagi kepada yang membutuhkan dan terkasih merupakan bagian dari konsep sedekah yang bisa Anda terapkan ketika menerima uang THR. Di mana jangan lupa mengalokasikannya sekitar 2,5 sampai 5 persen dari dana tersebut untuk sedekah dan zakat. Selait itu berbagi kepada keluarga untuk silaturahmi juga jangan lupa dimasukan ke dalam perencanannya.
  • Berinvestasi juga bisa dilakukan dalam rangka membantu Anda ke depannya. Bisa dengan cara mengalokasikannya menjadi harta benda untuk anak Anda di kelak hari bahkan bisa juga untuk asuransi yang di mana dana THR guna membayar premi awalnya.
  • Jika memang ingin berbelanja dengan dana THR itu sudah menjadi hak Anda tapi ada baiknya mengukur kemampuan finansial dengan bijak. Jadi sebelum berbelanja, ada baiknya Anda memang telah menyisihkan dana THR untuk membantu membayar kewajiban tahunan seperti pajak rumah serta kendaraan

[Baca Juga: Kolaborasi Strategis Adira Finance dan OVO Guna Berikan Solusi Keuangan]

Don’t

  • Aspek pertama yang harus Anda hindari dengan dana THR adalah berusaha membahagiakan semua anggota keluarga serta sanak saudara dengan menghabiskan dana tersebut dengan membeli barang-barang atau membagikan angpao. Mengingat konsep people pleaser ini memang kerap kali dilakukan oleh generasi sandwich. Dari sinilah mengapa Anda perlu menyadari kondisi finansial dan lebih baik prioritaskan dana tersebut untuk membayar cicilan serta hutang.
  • Hal yang perlu dihindari dalam penggunaan dana THR adalah over budget saat mudik. Saat ini sudah banyak masyarakat yang sudah pergi ke kampung halamannya masing-masing dan dengan uang THR di dompet maka mereka bisa memanfaatkannya untuk mudik. Tapi sebelum menghabiskannya begitu saja, pastikan ada perincian biaya sehingga Anda tak mengalami kondisi over budget.
  • Aspek ketiga yang perlu dihindari adalah keinginan menggunakan dana THR sebagai uang muka membeli keinginan pribadi yang tertunda seperti kendaraan bermotor baru hingga gawai baru. Pastikan ini tidak terjadi, mengingat THR seharusnya dimanfaatkan untuk mengurangi beban hutang atau cicilan Anda bukan justru menambah daftar panjang hutang yang harus dibayarkan nantinya.
  • Memang menggunakan THR untuk biaya rutin bulanan merupakan hal yang diperbolehkan tapi alangkah baiknya ini dihindari. Karena seharusnya biaya seperti uang anak sekolah, belanja bulanan, hingga tagihan listrik sudah ada alokasinya di pos gaji bulanan dan ini seharusnya ada di luar dana THR.

“Bagi generasi sandwich, momen ini bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan sekunder yang biasanya tertunda. Namun perlu diingat, bahwa dana THR jika tidak dikelola dengan baik, justru bisa menjadi bumerang di kemudian hari. Dengan semangat #iGotYourBack, Astra Life mengajak generasi sandwich untuk bijak dalam mengelola keuangan, termasuk dana THR. Karena dengan pengelolaan dana THR yang tepat, dana ini bisa dimanfaatkan secara optimal sehingga membantu generasi sandwich untuk dapat memiliki perencanaan keuangan yang baik dalam rangka mencapai tujuan finansial,” ungkap VP Head of Marketing & Branding and Digital Channel Astra Life Windy Riswantyo, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (27/4/2022).


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.