Anda Perlu Tahu, 7 Mikronutrien Ini Bisa Kurangi Stres

Kesehatan

Anda Perlu Tahu, 7 Mikronutrien Ini Bisa Kurangi Stres

Setiap orang memiliki pemicu stres yang berbeda-berbeda seperti masalah pada pekerjaan, uang, kesehatan, dan hubungan dengan seseorang yang cenderung banyak terjadi. Stres berat bisa menyebabkan kelelahan, sakit kepala, sakit perut, gugup, serta mudah marah.

Olahraga teratur, tidur yang cukup, dan nutrisi yang baik adalah beberapa cara terbaik untuk melawan stres. Bahkan, mengonsumsi vitamin dan suplemen juga dapat membantu meringankan stres. Berikut adalah 7 vitamin dan suplemen terbaik untuk membantu Anda mengurangi stres seperti dilansir laman healthline.com (13/12/2019).

[Baca Juga: Stres Berkepanjangan Ditempat Kerja? Hati-Hati Burnout]

Anda Perlu Tahu, 7 Mikronutrien Ini Bisa Kurangi Stres Rhodiola

1) Rhodiola (Rhodiola rosea)

Vitamin ini tumbuh di daerah pegunungan Rusia dan Asia yang dingin. Telah lama dikenal sebagai adaptogen, ramuan alami, tidak beracun yang merangsang sistem respons stres tubuh Anda untuk meningkatkan ketahanan terhadap stres. Sifat adaptogenik dari rhodiola terkait dengan dua bahan aktif ramuan yang kuat: rosavin dan salidroside. Kualitas tidur yang buruk dan gangguan memori serta konsentrasi dapat diperbaiki dengan mengonsumsi 400 mg ekstrak rhodiola setiap hari.

Anda Perlu Tahu, 7 Mikronutrien Ini Bisa Kurangi Stres Melatonin

2) Melatonin

Jumlah tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk menghilangkan stres. Stres sangat terkait dengan insomnia, gangguan tidur yang ditandai dengan susahnya tidur. Melatonin adalah hormon alami yang mengatur ritme sirkadian tubuh Anda, atau siklus tidur-bangun. Tingkat hormon meningkat di malam hari ketika gelap untuk meningkatkan tidur dan menurun di pagi hari ketika terang untuk meningkatkan kesadaran.

Anda Perlu Tahu, 7 Mikronutrien Ini Bisa Kurangi Stres Glisin

3) Glisin

Glisin dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda terhadap stres dan membantu Anda beristirahat pada malam harinya. Glisin juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Mengonsumsi 3 gram glisin sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi rasa kantuk di siang hari dan kelelahan setelah tiga hari kurang tidur

Anda Perlu Tahu, 7 Mikronutrien Ini Bisa Kurangi Stres Ashwagandha

4) Ashwagandha (Withania somnifera)

Ashwagandha (Withania somnifera) adalah ramuan asli ke India, yang merupakan salah satu sistem pengobatan tertua di dunia. Sama halnya dengan rhodiola, ashwagandha dianggap meningkatkan ketahanan tubuh Anda terhadap tekanan fisik dan mental. Suplemen dengan ashwagandha dapat mengurangi stres, kecemasan, dan depresi yang lebih besar. Ashwagandha juga dikaitkan dengan penurunan 23 persen kadar kortisol pagi hari, hormon stres.

Anda Perlu Tahu, 7 Mikronutrien Ini Bisa Kurangi Stres L-theanine

5) L-theanine

L-theanine adalah asam amino yang paling umum ditemukan dalam daun teh yang berguna untuk meningkatkan relaksasi dan mengurangi stres. Satu studi membuktikan dengan mengonsumsi 200 mg l-theanine dapat mengurangi stres yang menurunkan kadar hormon stres kortisol.

Anda Perlu Tahu, 7 Mikronutrien Ini Bisa Kurangi Stres Vitamin B Kompleks

6) Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks biasanya mengandung semua delapan vitamin B. Vitamin ini memainkan peran penting dalam metabolisme dengan mengubah makanan yang Anda makan menjadi energi yang dapat digunakan. Vitamin B juga penting untuk kesehatan jantung dan otak, Dalam suatu penelitian, orang yang mengalami stres mengenai pekerjaan mereka dengan mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks akan mengalami lebih sedikit gejala stres. Bahkan, vitamin B sebagai bagian dari suplemen multi-vitamin dan mineral dapat meningkatkan suasana hati dan stres dengan menurunkan kadar homocysteine Namun, masih belum jelas apakah orang yang memiliki kadar homosistein rendah akan mengalami efek yang sama. Suplemen vitamin B kompleks umumnya aman bila dikonsumsi dalam kisaran dosis yang disarankan. Namun, mereka dapat menyebabkan efek samping berbahaya seperti nyeri saraf ketika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Anda Perlu Tahu, 7 Mikronutrien Ini Bisa Kurangi Stres Kava

7) Kava

Kava mengandung senyawa aktif yang disebut kavalactones. Kavalactones dianggap menghambat pemecahan asam gamma-aminobutyric (GABA), suatu neurotransmitter yang mengurangi aktivitas sistem saraf Anda. Menghasilkan efek penenang yang dapat membantu menghilangkan perasaan cemas dan stres. Kava dapat dikonsumsi dalam bentuk teh, kapsul, bubuk, atau cair. Penggunaannya tampaknya aman ketika diminum selama 4-8 minggu dengan dosis harian 120-280 mg kavalakton. Pilihlah kava dengan merek yang dapat dipercaya. Dan produknya sudah diuji secara independen oleh organisasi seperti NSF International atau Underwriters Laboratories (UL).

[Baca Juga: Waspadalah! Kenali Tanda-tanda Anda Alami Stres]

Stres dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti masalah pekerjaan, uang, kesehatan, atau faktor hubungan. Beberapa vitamin dan suplemen lain telah dikaitkan dengan berkurangnya gejala stres. Selalu periksa kondisi kesehatan Anda sebelum mencoba suplemen baru. Jika stres terus menjadi masalah dalam hidup Anda, bicaralah dengan profesional medis atau terapis untuk menemukan jalan keluarnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.