Anda Perlu Tahu Tentang Keluak, Biji Hitam Penyedap Masakan

Kuliner

Anda Perlu Tahu Tentang Keluak, Biji Hitam Penyedap Masakan

Keluak merupakan buah dari pohon kepayang (Pangium edule Reinw. ex Blume; suku Achariaceae, dulu dimasukkan dalam Flacourtiaceae). Bijinya biasanya direbus sampai masak dan diperami dalam abu selama satu bulan.

Nah, biji tersebut biasanya dipakai sebagai bahan makanan atau olahan masakan. Keluak sering dipakai untuk bumbu masak rawon. Rawon yang terlihat hitam itulah berasal dari keluak yang sudah diolah menjadi bumbu rawonnya. Tidak hanya dipakai sebagai rawon, keluak juga dipakai untuk sop konro, brongkos, sayur pucung, coto bahkan nasi goreng. Diketahu, keluak membuat masakan menjadi gurih.

Anda Perlu Tahu Tentang Keluak, Biji Hitam Penyedap Masakan

Beberapa Manfaat Keluak

Dilansir dari laman beritatagar.id (04/02/2020). Ekstrak biji keluak mengandung lemak tinggi yang bisa dijadikan minyak. Tidak kalah sehat dengan minyak kelapa, ekstrak biji keluak mengandung minyak linoleat dan oleat cukup tinggi.

Karena bijinya mengandung asam sianida yang cukup tinggi, Anda perlu merendamnya terlebih dulu sebelum dimasak. Jika tidak, aroma biji keluak yang menyengat bisa membuat orang mabuk kepayang. Dari situlah keluak juga disebut kepayang karena dapat memabukkan.

[Baca Juga: Sop Buntut Cut Mutia, Gudangnya Sop Buntut dan Iga Bakar]

Bijinya yang mengandung asam sianida ini juga dapat dipakai untuk mengawetkan ikan dan daging sapi selama enam hari.

Daunnya, juga dapat dijadikan sebagai obat cacing dan makanan sayur yang dikonsumsi masyarakat Kawanua, Manado. Daun keluak dinamakan daun pangi yang diambil dari nama ilmiahnya Pangium edule ini dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Anda Perlu Tahu Tentang Keluak, Biji Hitam Penyedap Masakan

Cara Memasak dengan Keluak

Agar tidak salah memilih keluak yang akan Anda gunakan sebagai olahan masakan, sebaiknya perhatikan cara memilih keluak yang benar agar rasa makanan terasa lebih nikmat, PingPoint.co.id merangkumnya dari laman justtryandtaste.com (04/01/2020).

  • Pilihlah biji yang batoknya tidak berjamur lalu kocok, jika terasa berat dan kopong itulah yang daging buahnya bagus.
  • Daging buah yang bagus berwarna hitam pekat, Jika warnanya agak cokelat muda berarti keluak masih muda. Jangan pakai bila berwarna abu-abu atau berjamur.
  • Isi keluak yang masih bagus, berbentuk bulat seperti batoknya dan utuh. Keluak yang mengering dan menempel pada batok masih bisa dipakai selama warnanya hitam pekat dan tidak pahit. Rendam sebentar dengan air panas agar daging keluak empuk dan mudah dihaluskan.
  • Ambil sedikit dagingnya dengan sendok teh, cicipi, jika terasa pahit jangan digunakan.
  • Cara memecahkan biji keluak yaitu dengan membungkusnya memakai kain lalu pecahkan batoknya dengan ulekan batu atau martil agar isi dan batok yang hancur tidak berhamburan.
  • Cara menyimpanya, yaitu ditempatkan pada wadah kering dengan sirkulasi udara yang baik dan tidak lembap agar keluak tidak mudah berjamur.

[Baca Juga: Coba Cara Ini Untuk Hilangkan Bau Perengus Daging Kambing]

Dengan cara memilih keluak yang bagus, Anda bisa memasak dengan hasil yang sempurna. Enak disantap bersama keluarga di rumah.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Kelly 2 years, 12 months lalu
    kelly

    Banyak orang yang telah meraih puluhan juta rupiah hanya dengan bermain game di dupa88,net sekarang saatnya giliran kamu untuk seperti mereka kunjungi situsnya dan bergabunglah sekarang juga

  • Rine 2 years, 12 months lalu
    rine

    qqharian,club game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss... <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>