Andal Melayani, MPP Kota Bogor Jadi Proyek Percontohan

Berita Kawasan

Andal Melayani, MPP Kota Bogor Jadi Proyek Percontohan

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto tengah berbangga diri. Pasalnya salah satu program kerjanya, dijadikan sebagai proyek percontohan atau pilot project untuk di tingkat nasional oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Ialah Mall Pelayanan Publik (MPP) Grha Tiyasa, terobosan Pemkot Bogor yang sedang dilirik pemerintah pusat. Padahal sebelumnya Bima Arya sempat ragu program kerjanya ini akan mendapat sambutan positif atau negatif dari warganya.

Andal Melayani, MPP Kota Bogor Jadi Proyek Percontohan

Namun fakta di lapangan mematahkan keraguannya, MPP mendapat sambutan yang baik dari warga Kota Bogor, sebagaimana diberitakan sindonews.com, Minggu (8/3/2020) siang. “Awalnya adalah tantangan dari Kemenpan-RB, agar Bogor membangun MPP. Setelah melalui berbagai kajian dan perbandingan akhirnya Agustus 2019 lalu MPP pertama di Jawa Barat ini berdiri. Pada perjalanannya, ternyata apa yang kita khawatirkan bahwa warga akan kesulitan mengakses, warga belum tentu mau datang, akan ada komplikasi teknologi dan lain sebagainya, nyatanya tidak terjadi,” jelas Bima Arya.

[Baca Juga: Pemkot Bogor Berkolaborasi dengan JICA untuk Bagikan 2.000 Buku]

Ada pun sebab-sebab yang menjadikan MPP sebagai proyek percontohan, diantaranya yang pertama tempat pelayanan publik ini terus berinovasi. Dari 145 layanan yang telah ada kini telah ditingkatkan menjadi 203 layanan dari 14 instansi pelayanan publik.

Alasan kedua, sejak diluncurkan pada 26 Agustus 2019 silam hingga kini MPP Grha Tiyasa telah dikunjungi 50 ribu warga dengan rata-rata 200-350 kunjungan setiap harinya. “Jadi sangat memudahkan warga, dan yang paling popular warga bisa menikah di sini,” ceplosnya.

[Baca Juga: Pemkot Bogor Sambut Gelaran Bogor Street Festival CGM 2020]

Berkenaan penambahan 58 layanan di MPP Grha Tiyasa, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bogor, Firdaus menyatakan adalah bukti nyata bahwa warga merasakan langsung dampak dari upaya reformasi birokrasi. Selain itu, dia juga menyinggung perihal rencana peluncuran MPP Grha Tiyasa sebagai proyek percontohan nasional.

Menurutnya, peluncuran resmi tersebut akan berlangsung pada Mei 2020 mendatang, dengan demikian besar harapan apa yang telah diupayakan oleh Kota Bogor ini bisa memberikan inspirasi dan manfaat bagi daerah-daerah lain. “Alhamdulillah tahun ini ada peningkatan yang signifikan. Selain itu, indeks kepuasan masyarakat terhadap MPP juga ada kenaikan,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 10 months lalu
    rine

    Bola165 ,co game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss...