Angka Omicron Sentuh Belasan, Wali Kota Surabaya Minta Warga Jangan Panik.jpg

Kesehatan

Angka Omicron Sentuh Belasan, Wali Kota Surabaya Minta Jangan Panik

Pada awal pekan ini terhitung di Jawa Timur sudah ada puluhan kasus COVID-19 Omicron dengan mayoritasnya merupakan penularan via transmisi lokal. Mayoritas kasus ini ditemukan di Kota Surabaya dengan setidaknya per 26 Januari 2022, ada sekitar 13 pasien positif Omicron. Melihat situasi ini maka sejak beberapa waktu terakhir, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya meningkatkan upaya pelacakan dan pencegahan. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi angkat suara untuk mengingatkan masyarakat jangan panik di situasi ini.

Orang nomor satu di Kota Pahlawan ini mengungkapkan bahwa pihaknya terus berusaha menangani pencegahan penyebaran Omicron di wilayahnya tapi di sisi lain ia butuh bantuan masyarakat. Pada dasarnya yang dia inginkan adalah warga Suroboyo untuk terus mematuhi protokol kesehatan atau prokes dan jangan lalai dalam upaya mencegah paparan varian terbaru dari COVID-19 itu.

Angka Omicron Sentuh Belasan, Wali Kota Surabaya Minta Warga Ja ngan Panik.jpg

“Masyarakat tidak boleh panik dan harus tetap mematuhi prokes. Kemudian rumah sakit, Hotel Asrama Haji (HAH), RSLT (Rumah Sakit Lapangan Tembak) maupun GBT kita standby-kan semua, untuk mengantisipasi lonjakan pasien COVID-19 yang membutuhkan rawat inap,” ujar Eri, sebagaimana dikutip dari Surabaya.go.id (26/1/2022).

Dari sisi kesiapannya sendiri, Eri mengungkapkan, Pemkot Surabaya tidak ingin merasa kecolongan lagi seperti yang terjadi pada Gelombang Kedua COVID-19. Dari sisi kesiapan obat, bahan medis serta alat medis siap pakai, hingga oksigen medis disebut telah aman untuk menghadapi potensi lonjakan kasus COVID-19.

Terkait situasi Omicron di Kota Surabaya sendiri, menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pahlawan Nanik Sukristina, total kasusnya sudah ada 13 pasien. Di mana mereka merupakan orang-orang yang tercatat melakukan perjalanan ke luar kota dan usai terdeteksi terpapar varian baru dari COVID-19 itu, mereka langsung menjalani perawatan dan saat ini hanya tinggal satu orang saja yang masih belum dinyatakan pulih.

[Baca Juga: Terus Tekan Kasus COVID-19, Pemkot Surabaya Sisir Pengusaha]

“Kemudian, berdasarkan hasil swab ulang dari kasus tersebut, satu pasien masih dinyatakan positif. Jadi yang masih dalam perawatan ada satu pasien dan mudah-mudahan segera sembuh,” ucap Nanik.

Demi mencegah terjadinya penularan, Nunik menegaskan, pihaknya terus memperkuat upaya testing, tracing dan treatment alias 3T. Kemudian Pemkot Surabaya juga siap mengetatkan terhadap mobilisasi dari warga luar Kota Pahlawan yang masuk dan keluar wilayah ini. Lalu tak lupa juga pelaku perjalanan luar negeri wajib melakukan karantina sesuai peraturan pemerintah pusat. Semua upaya ini akan direalisasikan melalui Satgas Kampung Waji Jogo Suroboyo di berbagai wilayah. Ia juga menambahkan, agar warga benar-benar menerapkan prokes dan memastikan menggunakan PeduliLindungi di tempat umum demi mempermudah proses pelacakan jika ditemukan kasus Omicron.


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.