Libur Panjang, Ratusan Ribu Pengunjung Berwisata di Monas

Bisnis

Angka Wisatawan Meningkat, Ini 3 Tren Wisata di Indonesia

Walau musim berlibur sudah berakhir, tapi berwisata tak kenal hari kerja. Anda bisa saja berwisata kapan saja jika dapat menyempatkan waktu. Bahkan banyak orang yang menyebutkan, jika berwisata merupakan bagian dari kebisaan orang Indonesia setiap tahun.

Bukan tanpa alasan, menurut data yang diluncurkan oleh Badan Pusat Stastistik (BPS) jumlah perjalanan wisata dalam dan luar negeri terlihat meningkat. Angka perjalanan wisata domestik Indonesia pada 2018 meningkat sebesar 12,37 persen dibandingkan tahun 2017. Tren berwisata ke luar negeri juga mengalami kenaikan, meningkat 10 persen pada semester pertama 2019 dibandingkan periode yang sama pada 2018.

[Baca Juga: Kang Nong Tangerang Kenalkan Budaya dan Pariwisata Tangerang]

Sebagai organisasi nirlaba pelopor dan pendukung konsep Open Web mengadakan survey pada Desember 2019, survey ini dilakukan untuk mengamati tren wisata millennials Indonesia. Survei tersebut dilakukan pada 501 responden berusia 18 sampai 32 tahun di area Jabodetabek. Dilansir dari rilis yang diterima Pingpoint.co.id (15/1/2020), berikut hasil survey Mozilla mengenai tren wisata.

Ini Destinasi Eduwisata Keluarga di Liburan Panjang Akhir Tahun

1) Wisata Bersama Keluarga

Sebanyak 88 persen responden menyebutkan wisata dalam waktu tertentu seperti akhir tahun, pertengahan tahun, atau tanggal merah merupakan momen penting untuk milenials karena bisa menghabiskan waktu berlibur. Sedangkan ada 66 persen yang lebih senang berwisata bersama keluarga dibandingkan bersama teman yang hanya mencapai presentasi 20 persen, sedangkan berlibur bersama pacar menduduki posisi dengan presentasi sembilan persen.

Selain Bali, Ini 4 Destinasi Pantai untuk Bulan Madu Lombok

2) Wisata Domestik Lebih Banyak Peminat

Walau memiliki bujet yang mencukupi, 77 persen koresponden lebih memilih liburan di dalam negeri. Keunikan tempat wisata jadi bahan pertimbangan yang paling utama saat berwisata. 68 persen responden juga lebih suka menjelajahi banyak tempat salam satu wilayah dibandingkan ke banyak kota namun tidak menjelajahinya satu persatu. Kebanyakan dari mereka lebih suka menjelajahi satu kota dan budaya lokal yang ada di dalamnya secara mendalam.

KEBON JERUK-KAWASAN-MENJELAJAHI MUSEUM MACAN NAN INSTAGRAMABLE DI JAKARTA BARAT-GALIH-1100 px X 600 px-03.jpg

3) Mengabadikan Saat Liburan Paling Penting

Hampir 94 persen koresponden menyebutkan periode liburan paling ideal adalah satu sampai tujuh hari. Banyak peserta menyebutkan, mengabadikan momen perjalanan dan menciptakan kenangan yang akan terus bertahan seumur hidup agar bisa dikenang. Terbukti lebih dari setengah responden beranggapan bahwa mengambil foto atau video yang bagus adalah hal yang paling penting untuk dilakukan selama liburan. Baik itu mengenai pemandangan, atraksi wisata, makanan, atau aktivitas lainnya.

Banyak millenials yang ingin selalu membagikan momennya di media sosial. Bahkan, 72 persen responden mengatakan mereka mengumpulkan informasi wisata dari Instagram maupun media sosial lainnya.

[Baca Juga: Indonesia Peringkat 4 dalam Hasil Survei Skor Kesejahteraan 360 Cigna]

Maka dairi itu, untuk memenuhi kebutuhan travel millenials, Mozilla mengenalkan fitur travel terbaru, yaitu Firefox Lite. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menjelajahi kota-kota baru dan menyusun daftar destinasi impian dalam satu platform. Pengguna dapat mengakses tips dan informasi dari traveller lainnya secara real-time, serta mampu mencari inspirasi wisata dari media sosial. Pengguna juga dapat memperoleh penawaran menarik agar memudahkannya pergi ke destinasi wisata impian.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.