Anies Baswedan Bagikan KPDJ Ke 7.137 Penyandang Disabilitas

Berita Kawasan

Anies Baswedan Bagikan KPDJ Ke 7.137 Penyandang Disabilitas

Pada 28 Agustus 2019 lalu, Pemprov DKI Jakarta secara resmi menerbitkan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) untuk difabel yang ada di Jakarta. dengan kartu ini, difabel yang diberikan kartu akan mendapatkan bantuan dana sosial dan berbagai fasilitas lainnya. Kartu tersebut merupakan hasil kerja sama antara Bank DKI dengan Dinas Sosial DKI Jakarta. sebagai mana dilansir dari tirto.id (29/8/2019), Sekertaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini menyebutkan kartu tersebut bisa digunakan layaknya ATM maupun Jakcard Bank DKI.

Para penerima kartu juga bisa mendapatkan layanan gratis naik Transjakarta di 13 koridor dan pangan bersubsidi. KPDJ diberikan dengan tujuan untuk membantu kaum difabel memenuhi kebutuhan dasar, mengakses pelayanan publik, dan meningkatkan kesejahteraan penyandang disabilitas.

[Baca Juga: ThisAble Enterprise Berdayakan Ekonomi Disabilitas Dengan Pelatihan]

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memberikan langsung Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) di Gelanggang Remaja Matraman, Jalan Balai Rakyat, Kelurahan Utan Kayu Utara, Kecamatan Matraman, Jakarta Timu. Wali Kota Administasi Jakarta Timur M. Anwar, serta Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Irmansyah turut hadir untuk mendampingi Gubernur.

Melansir dari timur.jakarta.go.id KPDJ yang dibagikan sebanyak ke 7.137 orang dengan jumlah anggaran Rp25 miliar. Dengan menerima bantuan ini, para penyandang disabilitas akan mendapatkan dana sebesar Rp300 ribu per bulan yang diberikan secara enam bulan sekali. Bantuan itu, disalurkan melalui rekening Bank DKI yang terdaftar di KPDJ. "Nilainya sebesar Rp300 ribu per bulan. Namun akan diberikan per tiga bulan sehingga jika ditotal jumlahnya Rp1,8 juta. Alhamdulillah, saya berharap dana ini dimanfaatkan dengan baik," kata Anies.

[Baca Juga: Menyesap Kopi di Kopi Tuli Sambil Belajar Bahasa Isyarat]

Anies juga menjelaskan, anggaran yang digunakan untuk KPDJ didapatkan dari pajak warga Jakarta. Anies menyebutkan, kartu tersebut bukan diberikan dirinya sebagai Gubernur, melainkan dari para warga. "Saya secara simbolis memberikan, bantuan ini didapatkan dari uang pajak seluruh warga Jakarta. Ini bukan dari Anies Baswedan, bukan dari Gubernur. Ini adalah dari warga Jakarta," ujar Anies.

Anies menyebutkan, anggaran yang diberikan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan khusus peyandang disabilitas. Menurutnya, seorang penyandang disabilitas memiliki kebutuhan khusus yang berbeda. Harapannya dengan adanya dana ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhannya.

Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Irmansyah menuturkan, terdapat 14.459 penyandang disabilitas yang akan menerima KPDJ pada tahun 2020 mendatang. Tahun depan, sisa KPDJ akan dibagikan ke para penyandang disabilitas yang belum bisa menerimanya hari ini.

Read More

Artikel Lainnya

Puluhan DJ Siap Hibur Anda di Festival Musik Online GOOD VIBRATIONS .jpg

Hobi dan Hiburan

Puluhan DJ Siap Hibur Anda di Festival Musik Online GOOD VIBRATIONS

05 June 2020, 20:00

Festivalgoers di Indonesia bersiaplah untuk menari dan menikmati dentuman musik DJ di rumah melalui festival musik online GOOD VIBRATIONS..

Juni Mulai Normal, Pemda Siapkan Pariwisata di Jogja

Berita Kawasan

250 Pedagang Pasar Tradisional Di Jogja Jalani Rapid Test

05 June 2020, 19:00

Untuk memetakan sebaran COVID-19, pemkot Yogyakarta lakukan kegiatan rapid test untuk para pedagang tradisional.

Pemkot Medan Gelar Uji Coba PPBD 2020 Online Tingkat SMP.jpg

Pendidikan

Pemkot Medan Gelar Uji Coba PPBD 2020 Online Tingkat SMP

05 June 2020, 18:00

Pekan ini, Pemkot Medan mulai membuka PPDB 2020 secara online sekaligus menggelar uji coba untuk memudahkan pendaftaran anak sekolah tingkat SMP di tengah pandemi COVID-19.

Kemendikbud Tanggapi Isu Uang Kuliah Naik Kala Pandemi COVID-19

Pendidikan

Kemendikbud Tanggapi Isu Uang Kuliah Naik Kala Pandemi COVID-19

05 June 2020, 17:30

Isu yang ramai beredar tentang kenaikan uang kuliah atau UKT di masa pandemi Covid-19, mendapat respon dari Kemendikbud


Comments


Please Login to leave a comment.