Anies dan MUI DKI Jakarta Sosialisasikan Penyembelihan Hewan Kurban.jpg

Berita Kawasan

Anies dan MUI DKI Jakarta Sosialisasikan Penyembelihan Hewan Kurban

Pada 29 Juli 2020, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Ketua MUI DKI Jakarta KH Munahar Muchtar serta Ketua DMI DKI Jakarta KH Makmun al-Ayubi menggelar sosialisasi mengenai penyembelihan hewan kurban serta salat Iduladha 1441 H di tengah pandemi COVID-19. Dalam sosialisasi virtual itu, Anies menekankan bagaimana kesehatan tetap menjadi prioritas sehingga protokol kesehatan khusus harus diterapkan.

“Wabah global ini mengharuskan kita untuk bisa, di satu sisi menjalankan dan mengamalkan semua yang terkait dengan ibadah kurban, di sini lain ini adalah kesempatan untuk memastikan bahwa saudara-saudara kita yang berhak untuk menerima daging kurban, menerima dan semuanya melewati tanggung jawab untuk melaksanakan kurban dalam keadaan sehat dan aman. Sebelum pelaksanaannya sehat, sesudah pelaksanaannya sehat dan aman,” sebut Anies, sebagaimana dikutip dari beritajakarta.id (29/7/2020).

Anies dan MUI DKI Jakarta Sosialisasikan Penyembelihan Hewan Kurban .jpg

Menurut Anies, protokolnya untuk menyelenggarakan Iduladha 1441 H aman di tengah pandemi COVID-19 sudah ada tapi tetap saja ada tantangannya dalam penyelenggarannya. “ Pengetahuannya ada, pelaksanannya ini soal konsistensi,” sebut orang nomor satu di DKI Jakarta tersebut.

Atas dasar pemikiran itu, pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, MUI DKI Jakarta, dan DMI DKI Jakarta memanfaatkan sosialisasi virtual ini untuk memaparkan Fatwa MUI Nomor 36 Tahun 2020 tentang Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Wabah COVID-19. Sehingga demi kesehatan bersama, ia meminta semua elemen masyarakat mau mengikutinya. Anies pun membahas satu per satu protokol kesehatan tersebut.

[Baca Juga: Hendak Berkurban di Iduladha 1441 H? Intip Tips dari Unpad ini]

Poin pertama yang ia garis bawahi adalah mengenai proses pemotongan hewan kurban. Ia meminta agar panita penyembelihan hewan kurban Iduladha 1441 H dibatasi jumlahnya dengan cegah kerumunan dan semua petuganya harus memastikan jaga jarak dan menggunakan masker.

Kemudian pada poin kedua adalah Anies membahas mengenai pembelian hewan kurban. Di mana ia mendorong agar prosesnya dilakukan secara digital atau jika langsung harus memastikan pedagang dan pembeli menjaga jarak untuk mengurangi interaksi dan cegah paparan COVID-19.

[Baca Juga: Catat! Ini Panduan MUI Untuk Shalat Berjamaah Selama Masa Pandemi]

Sedangkan untuk poin ketiga dan keempat, Anies mensosialisasikan proses penyembelihan hewan kurban. Ia meminta agar masyarakat yang masuk kategori usia rentan, anak-anak dan orang tua, untuk tak berada di lokasi penyembelihan. Kemudian daging kurban pun segera dipotong dan disimpan dalam wadah ramah lingkungan untuk dibagikan panitia kepada mustahik.

Anies Baswedan juga tak lupa untuk menyampaikan harapannya di Iduladha 1441 H. Ia menyebut, menginginkan agar Iduladha tahun ini serupa dengan Idul Fitri kemarin yang sempat dikhawatirkan memicu penyebaran COVID-19 tapi ternyata tidak muncul lonjakan kasus COVID-19.

Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Tak Ada Buaya, Damkar Kota Depok Sisir Kali Pesanggrahan.jpg

Berita Kawasan

Pastikan Tak Ada Buaya, Damkar Kota Depok Sisir Kali Pesanggrahan

06 August 2020, 19:00

Pekan ini Damkar Depok mengerahkan anggotanya untuk menyisir area Kali Pesanggarahan demi memastikan tak ada buaya yang berkeliaran.

Sate H.Romli, Sate RSPP yang Legendaris.jpg

Kuliner

Sate H.Romli, Sate RSPP yang Legendaris

06 August 2020, 18:00

Jika berbicara mengenai menu sate populer di kawasan Jakarta Selatan, maka warung Sate H. Romli atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sate RSPP bisa dipastikan sebagai salah satunya.

Ada Target Gula Darah untuk Pasien Diabetes Agar Terhindar Perparahan COVID-19

Kesehatan

Ada Target Gula Darah untuk Pasien Diabetes Agar Terhindar Perparahan COVID-19

06 August 2020, 16:50

Penyandang diabetes akan lebih rentan mengalami perparahan bahkan menyebabkan kematian jika terinfeksi COVID-19.

Apa yang Bisa Anda Persiapkan Hadapi Resesi Ekonomi 2020

Bisnis

Apa yang Bisa Anda Persiapkan Hadapi Resesi Ekonomi 2020?

06 August 2020, 15:30

Sektor industri, penurunan kinerja ekspor impor, dan tingginya pemutusan hubungan kerja (PHK) bisa mengakibatkan peningkatan angka kemiskinan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 5 days, 8 hours lalu
    anisa

    QQHarian Adalah Agen Game online QQ Slot Terbaru 2020 Terbaik,Terpercaya & Terlengkap Di Indonesia Yang Di dukung berbagai PROVIDER TERNAMA DI DUNIA. Tersedia Berbagai Macam PROMO TERBESAR, Salah Satunya Promo BONUS KEKALAHAN DI GANTI 100% FULL ( Bonus Welcome Cashback 100% ) TANPA SYARAT TO / TURNOVER. Info Lebih Lanjut bisa lsg Hub. CS kami dengan meng - <a href="https://qqharian.org/" title="QQ Slot Terbaru 2020" rel="nofollow">CLICK DISINI</a>

  • Anisa 6 days, 10 hours lalu
    anisa

    QQHarian Adalah Link QQ Slot Terbaru Online Terbaik,Terpercaya & Terlengkap Di Indonesia Yang Di dukung berbagai PROVIDER TERNAMA DI DUNIA. Tersedia Berbagai Macam PROMO TERBESAR, Salah Satunya Promo BONUS KEKALAHAN DI GANTI 100% FULL ( Bonus Welcome Cashback 100% ) TANPA SYARAT TO / TURNOVER. Info Lebih Lanjut bisa lsg Hub. CS kami dengan meng - <a href="https://qqharian.org/" title="Link QQ Slot Terbaru" rel="nofollow">CLICK DISINI</a>

  • Rine 6 days, 11 hours lalu
    rine

    guys ada kabar baru nich, mau dapatin duit dengan mudah tanpa keluar keringat? dan bisa jadi jutawan dalam waktu yang tidak lama, buruan yach ke qqharian jangan ketinggalan untuk menjadi jutawan.... <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>

  • Emma 6 days, 16 hours lalu
    emma

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang qqharian mempunyai promo Welcome cashback, anda dapat meraih kemenangan anda di kesempatan kedua sesuai modal pertama anda 100%, tunggu apa lagi hanya di qqharian yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga Di <a href="https://qqharian.org/" title="Situs Slot Terbaik" rel="nofollow">QQHarian</a>

  • Hanna56 1 week lalu
    hanna56

    Live Sexy Casino Baccarat Bertemu Langsung Dengan Dealer Sexy yang pasti akan membuat permainan Anda semakin Bergairah Serta Dapatkan Penawaran TRIPLE BONUS dari (link: http://QQHarian.com) QQHarian.com Info Lanjut Hub CS di WA: +63 9954825268 | Line : qqharian