Kelola Cemas karena Virus Corona dengan Cara Ini

Kesehatan

Anies Siapkan Insentif Bagi Petugas Yang Tangani Pasien COVID-19

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengapresiasi para tenaga medis yang ikut melakukan penanganan kepada pasien pengidap maupun yang masih suspect COVID-19. Bentuk apresiasi itu adalah dengan memberikan insentif sebesar Rp215.000 per hari kepada seluruh pekerja yang menangani pandemi yang telah menyebar ke lima benua.

"Kami, Pemprov DKI, akan beri insentif khusus kepada tenaga kesehatan dan penunjang lainnya yang terlibat dalam penanggulangan bencana wabah COVID-19, nilainya adalah sebesar Rp215.000 per orang, per hari," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balaikota, Jakarta Pusat (16/3/2020).

Anies Siapkan Insentif Bagi Petugas Yang Tangani Pasien COVID-19

Kebijakan tersebut pun didukung oleh Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 78/02/2019 tentang Biaya Standar Masuk Tahun 2020 serta Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Biaya. Menurut Anies, angka Rp215.000 merupakan angka tertinggi sebagai wujud penghormatan Pemprov DKI kepada para petugas medis di lapangan tak terkecuali semua individu yang terlibat langsung dengan penanganan pasien.

[Baca Juga: Ini Langkah Dasar Cegah Virus Corona di Kantor]

"Insentif ini diberikan kepada tenaga medis dan penunjang. Ini diberikan ke petugas-petugas yang bekerja di lapangan, yang berhadapan langsung dengan orang yang di dalam pengawasan dan pemantauan, atau pasien pengawasan atau mereka yang pemulasaran jenazah atas korban-korban yang wafat," tambah Anies.

Pemberian insentif itu kata Anies juga didasari oleh risiko yang dihadapi para petugas di lapangan. Apalagi baru-baru ini juga didapati bahwa ada petugas medis yang ikut terinfeksi Virus Corona. Selain lebih berisiko tertular penyakit COVID-19, menurutnya, para tenaga medis tersebut juga tengah mengalami beban berat dikarenakan jumlah pasien yang membutuhkan perawatan kian meningkat.

[Baca Juga: Seberapa Efektif Thermal Scan untuk Cegah Wabah COVID-19?]

"Para dokter dan perawat itu bekerja non-stop dan sudah ada sebagian dari mereka yang tertular dengan COVID-19," tandasnya.

Anies berharap, melalui kebijakan ini para tenaga medis dapat terbantu dan mampu meringankan beban mereka yang terus meningkat selama dua bulan terakhir. Terlebih selama ini para tenaga medis merupakan garda terdepan dalam penanggulangan wabah Virus Corona.

"Dan saya meminta kepada seluruh komponen masyarakat yang mendapatkan pelayanan dari dokter dan paramedik untuk menghargai, serta menghormati mereka," tutup Anies.v


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.