Kelola Cemas karena Virus Corona dengan Cara Ini

Kesehatan

Anies Siapkan Insentif Bagi Petugas Yang Tangani Pasien COVID-19

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengapresiasi para tenaga medis yang ikut melakukan penanganan kepada pasien pengidap maupun yang masih suspect COVID-19. Bentuk apresiasi itu adalah dengan memberikan insentif sebesar Rp215.000 per hari kepada seluruh pekerja yang menangani pandemi yang telah menyebar ke lima benua.

"Kami, Pemprov DKI, akan beri insentif khusus kepada tenaga kesehatan dan penunjang lainnya yang terlibat dalam penanggulangan bencana wabah COVID-19, nilainya adalah sebesar Rp215.000 per orang, per hari," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balaikota, Jakarta Pusat (16/3/2020).

Anies Siapkan Insentif Bagi Petugas Yang Tangani Pasien COVID-19

Kebijakan tersebut pun didukung oleh Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 78/02/2019 tentang Biaya Standar Masuk Tahun 2020 serta Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Biaya. Menurut Anies, angka Rp215.000 merupakan angka tertinggi sebagai wujud penghormatan Pemprov DKI kepada para petugas medis di lapangan tak terkecuali semua individu yang terlibat langsung dengan penanganan pasien.

[Baca Juga: Ini Langkah Dasar Cegah Virus Corona di Kantor]

"Insentif ini diberikan kepada tenaga medis dan penunjang. Ini diberikan ke petugas-petugas yang bekerja di lapangan, yang berhadapan langsung dengan orang yang di dalam pengawasan dan pemantauan, atau pasien pengawasan atau mereka yang pemulasaran jenazah atas korban-korban yang wafat," tambah Anies.

Pemberian insentif itu kata Anies juga didasari oleh risiko yang dihadapi para petugas di lapangan. Apalagi baru-baru ini juga didapati bahwa ada petugas medis yang ikut terinfeksi Virus Corona. Selain lebih berisiko tertular penyakit COVID-19, menurutnya, para tenaga medis tersebut juga tengah mengalami beban berat dikarenakan jumlah pasien yang membutuhkan perawatan kian meningkat.

[Baca Juga: Seberapa Efektif Thermal Scan untuk Cegah Wabah COVID-19?]

"Para dokter dan perawat itu bekerja non-stop dan sudah ada sebagian dari mereka yang tertular dengan COVID-19," tandasnya.

Anies berharap, melalui kebijakan ini para tenaga medis dapat terbantu dan mampu meringankan beban mereka yang terus meningkat selama dua bulan terakhir. Terlebih selama ini para tenaga medis merupakan garda terdepan dalam penanggulangan wabah Virus Corona.

"Dan saya meminta kepada seluruh komponen masyarakat yang mendapatkan pelayanan dari dokter dan paramedik untuk menghargai, serta menghormati mereka," tutup Anies.v


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.