posko-penyekatan.jpg

Berita Kawasan

Antisipasi Arus Balik, Penyekatan Jalur Masuk ke Medan Diperpanjang Sampai 24 Mei

Posko penyekatan di jalur masuk ke Medan di Jalan Jamin Ginting, Kecamatan Medan Tuntungan terus beroperasi, (18/5/2021). Penyekatan ini bertujuan untuk mengendalikan transportasi setelah masa Idulfitri 1442 H Tahun 2021 dan mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah Medan.

Memang, masa penyekatan yang semula berlangsung sampai 17 Mei ini diperpanjang hingga 24 Mei 2021. Dalam penyekatan ini juga dilakukan tes usap (swab) antigen terhadap penumpang angkutan umum maupun kendaraan pribadi yang masuk Medan. Tes ini bertujuan untuk memastikan orang yang masuk ke Medan tidak terpapar COVID-19.

pos-penyekatan-di-medan.jpg

Tim gabungan yang terdiri dari personel kepolisian, TNI, dan Pemko Medan dengan santun namun tegas menghentikan angkutan umum maupun kendaraan pribadi yang memasuki Medan dari arah Tanah Karo. Petugas mendata setiap penumpang berdasarkan kartu identitasnya.

Selanjutnya, suhu penumpang diperiksa dengan menggunakan thermo gun. Penumpang yang suhu tubuhnya di bawah di bawah 37 derajat, tidak harus melalui tes usap antigen. Sedangkan yang di atas 37 derajat mau tidak mau harus menjalani tes.

Penumpang yang hasil tes usap-nya menunjukkan hasil negatif diziinkan melanjutkan perjalanan. Sebaliknya, jika hasilnya positif, penumpang tersebut akan ditangani puskesmas terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

[Baca Juga: Cegah Pemudik Jelang Lebaran, Polda Sumut Lakukan Penyekatan di 73 Titik]

Selain di Kecamatan Medan Tuntungan, terdapat dua posko penyekatan jalur masuk ke Medan, yakni di kawasan Terminal Amplas Jalan Sisingamangaraja dan Diski Simpang Kampung Lalang.

Kabid humas Polda Sumatera Utara (Sumut), Kombes Pol Hadi Wahyudi, membenarkan masa perpanjangan tersebut. Dalam melakukan penyekatan itu, sebanyak 11.600 personel gabungan diturunkan untuk menjaga pos pengamanan yang tersebar di Sumut.

"Operasi sampai tanggal 17 Mei 2021. Tapi cara bertindak kami kemudian pos pengamanan yang ada tetap bertahan sampai tanggal 24 Mei 2021. Penyekatan masih berlaku,” kata Kabid Humas Polda Sumut kepada media (18/5/2021).

Bukan hanya itu, lokasi wisata yang ada di Sumut juga akan dipantau secara ketat. Petugas akan bersiaga untuk menghalau terjadinya kerumunan di tempat-tempat wisata.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.