Antisipasi Banjir, Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Ciliwung

Berita Kawasan

Antisipasi Banjir, Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Ciliwung

Puluhan warga Depok yang tergabung dalam Komunitas Ciliwung Depok (KCD) dan pelajar Kota Depok menyelenggarakan kegiatan Bebenah Ciliwung di sepanjang Sungai Ciliwung dari Jembatan Kota Kembang/GDC hingga Jembatan Panus, Depok Lama, pada 29 September 2019. Kegiatan ini diadakan sebagai upaya membangun kesadaran anak-anak muda tentang sejarah dan kecintaan kepada alam khususnya lingkungan kota.

Ketua Pelaksana Kegiatan Trisna Rengganis mengatakan, pada kegiatan ini peserta menyusuri sungai sepanjang dua kilometer. Peserta akan memungut sampah rumah tangga seperti kantong plastik dan kemasan makanan yang terbawa arus Sungai Ciliwung yang termasuk sungai purba.

Antisipasi Banjir, Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Ciliwung

“Sekarang sedang musim kemarau volume air tidak tinggi, sehingga peserta bisa berjalan sambil membawa kantong sampah. Ketika sampai di Jembatan Panus, sampah akan ditarik oleh mobil VES Community. Para off roader yang akan mengerahkan kendaraan mereka yang dilengkapi winch atau katrol untuk mengevakuasi sampah dari aliran sungai ke atas Jembatan Panus,” kata Trisna.

Melansir dari depok.go.id (30/9/2019) Trisna melanjutkan, kegiatan Bebenah Sungai Ciliwung bertujuan untuk mitigasi bencana menghadapi musim penghujan yang diperkirakan terjadi di awal November 2019. Dalam kegiatan ini pula, pihaknya bersinergi dengan Satuan Tugas (Satgas) Kebersihan dan Satgas Banjir yang dimiliki Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

[Baca Juga: Pertemuan Pemkot Bogor & Pemerintah Victoria untuk Kelola Ciliwung]

“Diharapkan usaha dan semangat seluruh peserta akan menjadi bagian dari upaya menghindari banjir, akibat sampah kiriman ke wilayah hilir serta menebarkan semangat sesuai tagar semboyan yang selama ini disebarluaskan oleh para aktivis KCD yaitu #JagaDanRawatCiliwungKita,” ujar Trisna.

Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Diskominfo Kota Depok Rusmiyati menambahkan, pihaknya akan terus mendukung kegiatan komunitas yang peduli pada lingkungan. Menurutnya, menjaga kebersihan dan keasrian Sungai Ciliwung menjadi tanggung jawab semua pihak.

[Baca Juga: Yuk Jaga Sungai Bersama Komunitas Ciliwung Depok]

Sementara itu Koordinator Depok Beragam Nor Hiqmah menyebutkan, kegiatan peduli Sungai Ciliwung ini merupakan kegiatan ‘Nelusurin Sejarah, Mungutin Sampah.” Harapannya dengan adanya acara ini, anak muda lebih peduli terhadap lingkungannya. Sebagaimana dilansir dari suara.coom, kegiatan ini juga bermaksud untuk mengenalkan Sungai Ciliwung sebagai pintu masuk keberagaman di Depok. Sekaligus menumbuhkan kecintaan pada kebersihan lingungan.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.