Antisipasi Banjir, Pemkot Jakarta Barat Salurkan Bantuan Perahu Karet dan Tenda .jpg

Berita Kawasan

Antisipasi Banjir, Pemkot Jakarta Barat Salurkan Bantuan Perahu Karet dan Tenda

Beberapa waktu terakhir, hampir setiap hari di wilayah Ibu Kota selalu dibayangi hujan. Bahkan bila intensitas curah hujan cukup tinggi serta berlangsung agak lama, tak ayal genangan hingga banjir terjadi di beberapa wilayah DKI Jakarta. Dengan pihak Badan Meterologi dan Geofisika (BMKG) yang memberikan peringatan bahwa puncak musim hujan masih akan terus terjadi hingga Februari 2021, pemerintah daerah pun meresponsnya dengan mengantisipasi potensi terjadinya banjir. Hal tersebut bisa terlihat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat pada pekan ini.

Pada 26 Januari 2021, Pemkot Jakarta Barat menggelar apel kesiapsiagaan menghadapi musim penghujan bersama elemen dari tiga pilar setempat. Di mana dalam acara yang diadakan pada Selasa sore tersebut, turut hadir para camat, Kodim 0503/JB, dan Polres Jakarta Barat . Apel ini langsung dipimpin Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto yang turut memberikan bantuan antisipasi banjir kepada elemen tiga pilar yang hadir.

Antisipasi Banjir, Pemkot Jakarta Barat Salurkan Bantuan Perahu Karet dan Tenda.jpg

“Ya, baru saja kami telah melaksanakan apel kesiapsiagaan, dilanjutkan dengan pemberian bantuan sarana dan prasarana untuk menghadapi musim penghujan, yakni perahu karet dan tenda,” ujar orang nomor satu di Jakarta Barat tersebut, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (26/1/2021).

Bantuan perahu karet dan tenda ini disebut diberikan masing-masing satu kepada setiap elemen tiga pilar dan benda-benda tersebut disinyalir sebagai simbol bahwa tiga pilar di Jakarta Barat selalu siap membantu masyarakat. Apalagi di setiap benda yang diserahkan kemarin oleh Pemkot Jakarta Barat tersebut terdapat lambang tiga pilar. Bantuan ini juga tak terlepas dari kondisi Jakarta Barat yang memang harus siap menghadapi banjir akibat datarannya yang rendah dan ini ditambah dengan sistem drainase yang kurang baik.

[Baca Juga: Antisipasi Banjir Kebon Jeruk, Pemkot Jakarta Barat Koordinasi Pencegahan Genangan]

Kondisi ini bisa terlihat pada hari Minggu 24 Januari 2021 kemarin ketika hujan mengguyur wilayah Jakarta Barat. Walau tak menyebabkan banjir tapi hujan pada akhir pekan tersebut memicu genangan hingga setinggi 25 cm di area Kelurahan Kamal, Kecamatan Kalideres. Untungnya genangan ini tak menyebabkan adanya Rukun Tetangga atau RT di sana yang terendam banjir.

Dari sisi Pemkot Jakarta Barat sendiri telah mendapatkan instruksi dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang meminta jangan sampai adanya genangan air ketika hujan yang bertahan selama lebih dari enam jam. Uus menambahkan, hal ini direspons pihaknya dengan membuat embung, kolam ulakan, pengurasan waduk, sampai sodetan saluran.


Read More

Artikel Lainnya

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.

rshOK2.jpg

Berita Kawasan

Pertama di Semarang! Bonbin Mangkang Akan Miliki Rumah Sakit Hewan

26 October 2021, 14:02

Rumah Sakit Hewan yang akan dibangun ini merupakan rumah sakit pertama yang ada di Kota Semarang karena belum pernah ada rumah sakit hewan di kota Atlas ini sebelumnya.


Comments


Please Login to leave a comment.