Antisipasi Corona, Pemeriksaan Suhu di Kantor Wali Kota Jakarta Barat

Kesehatan

Antisipasi Corona, Pemeriksaan Suhu di Kantor Wali Kota Jakarta Barat

Dengan semakin gencarnya kabar penyebaran Virus Corona yang menyebabkan penyakit Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat juga mengambil langkah antisipasi. Di mana semua tamu hingga aparatur sipil negara (ASN) harus melewati petugas yang melakukan pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk ke dalam area kantor Wali Kota Jakarta Barat. Dengan pengecekan yang mulai dilakukan pada pukul 07.00 WIB di area pintu masuk.

Pengecekan suhu tubuh ini disebut dilakukan kepada seluruh pihak tanpa terkecuali. Pasalnya, bukan hanya para staf ASN tapi pejabat hingga Wali Kota Jakarta Barat H. Rustam Effendi juga harus dicek keadaan suhunya menggunakan thermal gun yang mampu mendeteksi panas yang dikeluarkan dari tubuh.

Antisipasi Corona, Pemeriksaan Suhu di Kantor Wali Kota Jakarta Barat

Dalam proses pengecekan di kantor Wali Kota Jakarta Barat ini terdapat sekitar empat petugas kesehatan yang dikerahkan dengan pendampingan anggota pengamanan dalam atau Pamdal. Kegiatan pengecekan suhu yang dimulai pada 5 Maret 2020 itu turut diamini oleh Rustam Effendi yang menegaskan, ini merupakan tindakan antisipasi terhadap penyebaran Virus Corona. Sehingga ia meminta semua pihak yang datang ke lingkungan kantor Wali Kota Jakarta Barat untuk mengikuti prosedurnya tanpa perlu khawatir.

[Baca Juga: Melalui Pelatihan Seni Budaya, Peserta Kenali Batik Jakarta Barat]

“Tidak perlu panik. Ini sebagai langkah antisipasi saja terkait virus corona. Jadi setiap yang datang ke sini, baik karyawan maupun pengunjung kita lakukan pengecekan. Kita mulai hari ini di kantor wali kota,” jelas orang nomor satu di Jakarta Barat itu sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (5/3/2020).

Pengecekan dengan thermal gun ini sebenarnya sudah sesuai dengan Instruksi Gubernur Nomor 16 tahun 2020 tentang Kewaspadaan terhadap Risiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease yang tidak lama ini dikeluarkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Berdasarkan keterangan Rustam, kegiatan antisipasi Virus Corona ini juga sudah dilakukan juga di kantor jajaran Pemerintahan Jakarta Barat, seperti kelurahan dan kecamatan, sejak 4 Maret 2020.

[Baca Juga: Inilah Detektif Tinja, Pejuang Sanitasi di Jakarta Barat]

Jika petugas kesehatan menemukan pembacaan pada thermal gun tamu atau ASN yang memiliki suhu minimal 38 derajat celsius maka ia akan diarahkan ke klinik di Kantor Wali Kota Jakarta Barat atau puskesmas terdekat. Selain area masuk kantor Wali Kota Jakarta Barat, Rustam sendiri berharap langkah serupa bisa diterapkan di kantin, Bank DKI, serta area lain yang berada di lingkungan kantor Wali Kota Jakarta Barat.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.