Antisipasi COVID 19,  Armada Ojol Di Solo Dilengkapi Alat Proteksi

Bisnis

Antisipasi COVID 19, Armada Ojol Di Solo Dilengkapi Alat Proteksi

Moda transportasi ojek daring atau ojek online (ojol) di Solo kembali beroperasi. Guna mencegah penyebaran COVID 19, dalam pengoperasiannya pun disesuaikan dengan protokol kesehatan.

Layanan Ojol dari aplikasi Grab di Solo sudah beroperasi dengan perlengkapan alat proteksi yang ditujukan untuk memisahkan jarak antara pengemudi dengan penumpang.

Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta sekarang ini telah mencabut status Kejadian Luar Biasa (KLB). Kini Pemkot menerapkan Perwali No.10/2020, tentang Petunjuk Pelaksanaan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Bantu Penataan Transportasi Ojol, Pemkot Bogor Gandeng Grab

Pemkot Surakarta mulai mengizinkan untuk membuka tempat ibadah dan pusat perekonomian sesuai protokol kesehatan dengan tatanan hidup baru atau new normal. Menurut Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo, pengoperasian Ojol seperti Grab dan Gojek yang dilengkapi dengan alat proteksi merupakan sebuah inovasi.

"Kami tidak pernah mengatur transportasi atau angkutan umum yang bukan haknya Pemerintah Kota Surakarta," kata Rudyatmo, dilansir dari antaranews.com (9/6/2020).

Menurut Rudyatmo, pihaknya tidak melarang soal transportasi untuk pelayanan masyarakat itu. Menurutnya, operator Ojol yang terpenting tetap mengenakan masker dan sering cuci tangan dengan sabun. "Masyarakat yang menggunakan layanan ojol sebaiknya dengan menggunakan helmnya sendiri," katanya.

Bawa Helm Sendiri

Agar tidak khawatir terkena virus, masyarakat yang bekerja seperti di toko, pasar, dan mal sebaiknya membawa helm sendiri. Rudyatmo menambahkan, virus Corona mematikan manusia. Namun, masyarakat yang memiliki penyakit TBC di Indonesia juga banyak dan dapat sembuh jika diobati.

Oleh karenanya, dia mengajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan yang telah ada. Setidaknya masyarakat menggunakan masker jika keluar rumah.

Sementara itu, Cluster Lead Grab Solo Raya Aditya Kundhala mengatakan "Grab Protect" melengkapi armada Grab dengan separator atau alat proteksi. Alat tersebut dipasangkan di mobil maupun sepeda motor.

[Baca Juga: Kasus Positif COVID 19 Kota Solo Stagnan]

Saat ini, sudah ada 80 armada mobil dan 30 sepeda motor dilengkapi dengan separator. Hal itu dilakukan untuk memfasilitasi masyarakat yang membutuhkan transportasi untuk beraktivitas agar merasa aman.

"Kami juga memberikan rasa aman pada pengemudi yang tiap hari berinteraksi dengan orang. Rasa aman bagi kedua pihak. Kami juga mendukung pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Jumlah mitra yang menggunakan fasilitasi ini, akan bertahap," katanya.

Sebelumnya, pada senin kemarin untuk pertama kali Grab meluncurkan alat proteksi pada armadanya. Dalam acara digelar di depan Pendopo Gedhe Balaikota Surakarta dihadiri oleh Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo dan Cluster Lead Grab Solo Raya, Aditya Kundhala, bersama operator Ojol.

[Baca Juga: Mal di Solo Optimalkan Layanan Pesan-Antar Selama Pandemi COVID-19]


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.