Antisipasi COVID-19, Ini Tips Jaga Kesehatan ala WHO pada Ramadan

Kesehatan

Antisipasi COVID-19, Ini Tips Jaga Kesehatan ala WHO pada Ramadan

Hanya tinggal menghitung hari saja maka umat Muslim di Indonesia akan menyambut momen Ramadan yang dipandang sebagai bulan penuh berkah. Sayangnya momen Ramadan 1441 Hijriah saat ini dibayangi oleh pandemi COVID-19 yang dipicu virus SARS-CoV-2. Demi memastikan ibadah Ramadhan tetap berjalan dengan khusyuk serta lancar, pihak Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO sudah mengeluarkan panduan yang ditujukan agar Anda tetap dapat menjaga kesehatan di bulan ini.

Panduan itu dirilis beberapa waktu yang lalu yang disebut WHO ditujukan agar membantu usaha pemerintah dari berbagai negara yang saat ini terus berjuang melawan penyebaran Virus Corona. Di mana panduan ini disebut diharapkan dapat diikuti guna tetap menjaga ibadah di bulan Ramadan tapi di sisi lain juga dapat membantu mengontrol penyebaran COVID-19.

[Baca Juga: Ini Panduan WHO untuk Ibadah Ramadan pada Masa Pandemi COVID-19]

Salah satu yang paling disoroti adalah dibatalkannya kegiatan yang melibatkan banyak orang dalam satu tempat, seperti ibadah Tarawih. Pasalnya, hal ini dapat memicu potensi penyebaran virus Corona apalagi kebijakan jaga jarak antara satu individu dengan individu lain sekitar satu meter agak sulit dilakukan dalam mengatur shaf salat berjamaah. Walau sebenarnya dalam hukum Islam, hal ini diperbolehkan atau mubah jika dalam keadaan darurat. Namun pihak WHO menganjurkan untuk sementara waktu di pandemi COVID-19, ibadah berjamaah seperti ini ditiadakan demi kesehatan bersama.

Kemudian bagaimana dengan puasa Ramadan? Apakah hal ini masih wajib dilakukan di kala pandemi COVID-19? Hal ini ternyata menurut WHO tetap bisa dilakukan secara normal. Karena sejauh ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara puasa dengan risiko infeksi virus SARS-CoV-2 tersebut. Tapi WHO memberikan catatan untuk umat Muslim yang memang sudah positif terjangkit COVID-19.

Antisipasi COVID-19, Ini Tips Jaga Kesehatan ala WHO pada Ramadan

“Orang sehat seharusnya bisa berpuasa selama Ramadan ini seperti tahun-tahun sebelumnya, sedangkan untuk pasien COVID-19 dapat mempertimbangkan untuk membatalkan puasa dalam konsultasi dengan dokter mereka, seperti penyakit lainnya,” tulis WHO dalam panduan Safe Ramadan practices in the context of the COVID-19 interim guidance (15/4/2020).

Kemudian untuk asupan sahur dan berbuka puasa Ramadan, WHO menganjurkan agar Anda banyak mengonsumsi makanan yang segar setiap harinya dan menghindari makanan kalengan. Terkait kebiasaan berbuka puasa bersama, WHO sebenarnya mendorong agar semua pihak membatalkan kegiatan seperti ini dan bila terpaksa digelar maka pihak penyelenggara harus siap mengambil langkah-langkah yang memastikan physical distancing serta kebersihan demi mengantisipasi penyebaran Virus Corona.

[Baca Juga: Selama COVID-19, Ini Panduan Ibadah Ramadan dan Idulfitri]

Selain itu konsumsi air putih yang banyak juga penting dan sebisa mungkin menghindari merokok. Karena selain memicu penyakit paru-paru, kebiasaan dapat memicu kontaminasi COVID-19. Pasalnya, jari atau rokok yang kemungkinan sudah terpapar Virus Corona ketika menyentuh bibir dapat semakin meningkatkan virus tersebut masuk ke sistem pernapasan Anda.

Selain kesehatan fisik, WHO juga menyoroti kesehatan jiwa atau mental di momen Ramadan selama pandemi COVID-19. Salah satu badan Perserikatan Bangsa-Bangsa itu menyarankan agar Anda tetap berkomunikasi dengan keluarga yang mungkin jauh dari Anda seperti di kampung. Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi sehingga Anda tak perlu mudik tapi tetap bisa saling mendoakan hingga mengaji bersama dan saling memberikan dukungan di tengah wabah seperti saat ini.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 2 years, 9 months lalu
    hanna56

    Bosan di rumah terus karena wabah ini ❓ ❔ Buruan join di ⁣poker165.co ,permainan poker paling seru. Dan jangan lewatkan bonus atau event dengan hadiah mencapai Milyaran. Menjadi ⁣Milyarder bukan mimpi lagi untuk pemain poker165.co !!!