Ketahui Sejumlah Manfaat Kulit Jeruk Bagi Tubuh

Kesehatan

Antisipasi Covid-19, IPB Sarankan Jus Jeruk dengan Sedikit Kulitnya

Beberapa waktu terakhir, semakin banyak masyarakat yang membuat jamu sendiri menggunakan bahan-bahan tradisional. Hal ini dipengaruhi dengan manfaat dari beberapa rempah-rempah asli Indonesia yang memang memiliki manfaat untuk meningkatkan imun tubuh dalam mengantisipasi infeksi Virus Corona penyebab COVID-19.

Namun selain jamu, jus jeruk juga ternyata disebut mampu membantu Anda mengantisipasi virus bernama SARS-CoV-2 itu. Namun ternyata jus jeruk yang paling baik adalah yang dibuat sendiri dan berdasarkan Institut Pertanian Bogor (IPB) lebih bagus lagi jika ditambahkan kulitnya.

Antisipasi Covid-19, IPB Sarankan Jus Jeruk dengan Sedikit Kulitnya

Kabar mengenai penggunaan kulit jeruk ini disampaikan berdasarkan penelitian yang dilakukan IPB bersama dengan tim dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Farmasi UI , Pusat Studi Biofarmaka Tropika. Di mana penelitian bioinformatika yang mereka lakukan ditujukan dalam menemukan senyawa yang memiliki potensi meningkatkan daya tahan tubuh.

Senyawa untuk meningkatkan imun memang dipandang diperlukan dalam usaha mencegah tubuh Anda terhadap infeksi dari Virus Corona sehingga mengidap COVID-19. Walau penelitian mereka masing diperlukan tingkat lanjutan tapi untuk saat ini tim peneliti itu menemukan manfaat dari konsumsi kulit jeruk yang memang ternyata terdapat indikasi memiliki senyawa yang baik untuk tubuh Anda.

[Baca Juga: Ketahui Sejumlah Manfaat Kulit Jeruk Bagi Tubuh]

“Senyawa tersebut adalah golongan flavonoid, yaitu salah satunya hesperidin. Hesperidin ini disinyali bisa memberikan perlindungan terhadap mikroba dan virus. Di manakah kita bisa mendapatkan senyawa ini? Senyawa ini banyak ditemukan di kulit buah jeruk,” ungkap Guru Besar IPB University sekaligus Kepala Pusat Biofarmaka Tropika Profesor Irmanida Batubara, sebagaimana dikutip dari ipb.ac.id (27/3/2020).

Oleh karena itulah Profesor Irmanida menyarankan, di momen Anda saat ini bekerja dari rumah atau work from home (WFH) demi antisipasi Virus Corona, ada baiknya juga dimanfaatkan dengan membuat jus jeruk untuk asupan rutin. Dengan ditambahkan sedikit kulit jeruk yang telah dicuci bersih pada campuran jus jeruknya. “Memang akan terasa sedikit pahit. Nah tahanlah sedikit rasa pahit ini, karena ini menunjukkan hesperidin ada di dalamnya,” sebutnya.

[Baca Juga: Inilah 9 Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan]

Mungkin Anda bertanya jenis jeruk apa yang baik untuk dikonsumsi demi mendapatkan hersperidin. Menurut Guru Besar IPB University itu, semua jenis jeruk bisa digunakan, bahkan lemon serta jeruk nipis juga bisa. Ia menambahkan, selain dijus, metode lainnya untuk mendapatkan manfaat dari kulit jeruk untuk meningkatkan imun tubuh adalah membuat infused water bersama dengan jeruk dan kulitnya yang sudah dicuci bersih.


Read More

Artikel Lainnya

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.


Comments


Please Login to leave a comment.