Ketahui Sejumlah Manfaat Kulit Jeruk Bagi Tubuh

Kesehatan

Antisipasi Covid-19, IPB Sarankan Jus Jeruk dengan Sedikit Kulitnya

Beberapa waktu terakhir, semakin banyak masyarakat yang membuat jamu sendiri menggunakan bahan-bahan tradisional. Hal ini dipengaruhi dengan manfaat dari beberapa rempah-rempah asli Indonesia yang memang memiliki manfaat untuk meningkatkan imun tubuh dalam mengantisipasi infeksi Virus Corona penyebab COVID-19.

Namun selain jamu, jus jeruk juga ternyata disebut mampu membantu Anda mengantisipasi virus bernama SARS-CoV-2 itu. Namun ternyata jus jeruk yang paling baik adalah yang dibuat sendiri dan berdasarkan Institut Pertanian Bogor (IPB) lebih bagus lagi jika ditambahkan kulitnya.

Antisipasi Covid-19, IPB Sarankan Jus Jeruk dengan Sedikit Kulitnya

Kabar mengenai penggunaan kulit jeruk ini disampaikan berdasarkan penelitian yang dilakukan IPB bersama dengan tim dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Farmasi UI , Pusat Studi Biofarmaka Tropika. Di mana penelitian bioinformatika yang mereka lakukan ditujukan dalam menemukan senyawa yang memiliki potensi meningkatkan daya tahan tubuh.

Senyawa untuk meningkatkan imun memang dipandang diperlukan dalam usaha mencegah tubuh Anda terhadap infeksi dari Virus Corona sehingga mengidap COVID-19. Walau penelitian mereka masing diperlukan tingkat lanjutan tapi untuk saat ini tim peneliti itu menemukan manfaat dari konsumsi kulit jeruk yang memang ternyata terdapat indikasi memiliki senyawa yang baik untuk tubuh Anda.

[Baca Juga: Ketahui Sejumlah Manfaat Kulit Jeruk Bagi Tubuh]

“Senyawa tersebut adalah golongan flavonoid, yaitu salah satunya hesperidin. Hesperidin ini disinyali bisa memberikan perlindungan terhadap mikroba dan virus. Di manakah kita bisa mendapatkan senyawa ini? Senyawa ini banyak ditemukan di kulit buah jeruk,” ungkap Guru Besar IPB University sekaligus Kepala Pusat Biofarmaka Tropika Profesor Irmanida Batubara, sebagaimana dikutip dari ipb.ac.id (27/3/2020).

Oleh karena itulah Profesor Irmanida menyarankan, di momen Anda saat ini bekerja dari rumah atau work from home (WFH) demi antisipasi Virus Corona, ada baiknya juga dimanfaatkan dengan membuat jus jeruk untuk asupan rutin. Dengan ditambahkan sedikit kulit jeruk yang telah dicuci bersih pada campuran jus jeruknya. “Memang akan terasa sedikit pahit. Nah tahanlah sedikit rasa pahit ini, karena ini menunjukkan hesperidin ada di dalamnya,” sebutnya.

[Baca Juga: Inilah 9 Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan]

Mungkin Anda bertanya jenis jeruk apa yang baik untuk dikonsumsi demi mendapatkan hersperidin. Menurut Guru Besar IPB University itu, semua jenis jeruk bisa digunakan, bahkan lemon serta jeruk nipis juga bisa. Ia menambahkan, selain dijus, metode lainnya untuk mendapatkan manfaat dari kulit jeruk untuk meningkatkan imun tubuh adalah membuat infused water bersama dengan jeruk dan kulitnya yang sudah dicuci bersih.


Read More

Artikel Lainnya

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng.jpg

Kuliner

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng

15 August 2022, 16:05

Berasal dari jerih payah serta bumbu-bumbu yang digunakan, Mih Kocok Mang Dadeng berhasil eksis selama 58 tahun terakhir dan terus dicari oleh konsumen setianya.

2 Inovatur Indonesia Digandeng dalam Program Plastic Waste to Value Southeast As ia Challenge.jpg

Bisnis

2 Inovator Indonesia Masuk Program Plastic Waste to Value Southeast Asia Challenge

15 August 2022, 14:04

Dari lima inovator di Asia Tenggara, dua datang dari Indonesia, terpilih ikut dalam program untuk membenahi tata kelola sampah plastik.

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara.jpg

Berita Kawasan

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara

15 August 2022, 12:01

Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, Jakarnaval akhirnya kembali digelar dengan sukses pada akhir pekan kemarin.

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.