Ketahui Sejumlah Manfaat Kulit Jeruk Bagi Tubuh

Kesehatan

Antisipasi Covid-19, IPB Sarankan Jus Jeruk dengan Sedikit Kulitnya

Beberapa waktu terakhir, semakin banyak masyarakat yang membuat jamu sendiri menggunakan bahan-bahan tradisional. Hal ini dipengaruhi dengan manfaat dari beberapa rempah-rempah asli Indonesia yang memang memiliki manfaat untuk meningkatkan imun tubuh dalam mengantisipasi infeksi Virus Corona penyebab COVID-19.

Namun selain jamu, jus jeruk juga ternyata disebut mampu membantu Anda mengantisipasi virus bernama SARS-CoV-2 itu. Namun ternyata jus jeruk yang paling baik adalah yang dibuat sendiri dan berdasarkan Institut Pertanian Bogor (IPB) lebih bagus lagi jika ditambahkan kulitnya.

Antisipasi Covid-19, IPB Sarankan Jus Jeruk dengan Sedikit Kulitnya

Kabar mengenai penggunaan kulit jeruk ini disampaikan berdasarkan penelitian yang dilakukan IPB bersama dengan tim dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Farmasi UI , Pusat Studi Biofarmaka Tropika. Di mana penelitian bioinformatika yang mereka lakukan ditujukan dalam menemukan senyawa yang memiliki potensi meningkatkan daya tahan tubuh.

Senyawa untuk meningkatkan imun memang dipandang diperlukan dalam usaha mencegah tubuh Anda terhadap infeksi dari Virus Corona sehingga mengidap COVID-19. Walau penelitian mereka masing diperlukan tingkat lanjutan tapi untuk saat ini tim peneliti itu menemukan manfaat dari konsumsi kulit jeruk yang memang ternyata terdapat indikasi memiliki senyawa yang baik untuk tubuh Anda.

[Baca Juga: Ketahui Sejumlah Manfaat Kulit Jeruk Bagi Tubuh]

“Senyawa tersebut adalah golongan flavonoid, yaitu salah satunya hesperidin. Hesperidin ini disinyali bisa memberikan perlindungan terhadap mikroba dan virus. Di manakah kita bisa mendapatkan senyawa ini? Senyawa ini banyak ditemukan di kulit buah jeruk,” ungkap Guru Besar IPB University sekaligus Kepala Pusat Biofarmaka Tropika Profesor Irmanida Batubara, sebagaimana dikutip dari ipb.ac.id (27/3/2020).

Oleh karena itulah Profesor Irmanida menyarankan, di momen Anda saat ini bekerja dari rumah atau work from home (WFH) demi antisipasi Virus Corona, ada baiknya juga dimanfaatkan dengan membuat jus jeruk untuk asupan rutin. Dengan ditambahkan sedikit kulit jeruk yang telah dicuci bersih pada campuran jus jeruknya. “Memang akan terasa sedikit pahit. Nah tahanlah sedikit rasa pahit ini, karena ini menunjukkan hesperidin ada di dalamnya,” sebutnya.

[Baca Juga: Inilah 9 Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan]

Mungkin Anda bertanya jenis jeruk apa yang baik untuk dikonsumsi demi mendapatkan hersperidin. Menurut Guru Besar IPB University itu, semua jenis jeruk bisa digunakan, bahkan lemon serta jeruk nipis juga bisa. Ia menambahkan, selain dijus, metode lainnya untuk mendapatkan manfaat dari kulit jeruk untuk meningkatkan imun tubuh adalah membuat infused water bersama dengan jeruk dan kulitnya yang sudah dicuci bersih.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.