Antisipasi COVID-19, Pemkot Depok Keluarkan Surat Edaran Kegiatan Kurban.jpg

Berita Kawasan

Antisipasi COVID-19, Pemkot Depok Keluarkan Surat Edaran Kegiatan Kurban

Kira-kira sekitar satu bulan lagi, umat Muslim di Indonesia akan merayakan hari raya Idul Adha 1441 H dan ini berarti dalam waktu dekat para penjual hewan kurban musiman pun akan segera bermunculan di pinggir jalan. Hal inilah yang berusaha diantisipasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok apalagi saat ini pandemi COVID-19 masih terus membayangi. Dalam rangka memastian perayaan Idul Adha tahun ini berjalan aman di masa pandemi, Pemkot Depok pun mengeluarkan Surat Edaran (SE) untuk kegiatan kurban.

Pemkot Depok melakukan sosialisasi SE tersebut secara online kepada para perangkat daerah sampai tingkat kelurahan pada 25 Mei 2020. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPP) Kota Depok Dian Sadiah yang langsung memberikan pemaparan mengenai SE Nomor 443/287/Huk/DKP3 Tentang Pelaksanaan Keguatan Kurban Dalam Situasi Wabah Bencana Non Alam COVID-19.

“Kami menilai perlu adanya penataan penyelengaraan hewan kurban. Karena masih adanya faktor risiko penyebaran virus saat pelaksanaan kurban,” ucapnya ketika menggelar rapat sosialisasi di Balai Kota Depok, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (25/6/2020). Di mana salah satu faktor yang paling dikhawatirkan adalah interaksi warga yang saling berdekatan dalam jangka waktu yang lama ketika tengah melakukan kurban.

Antisipasi COVID-19, Pemkot Depok Keluarkan Surat Edaran Kegiatan Kurban .jpg

Namun selain meminta semua perangkat daerah dapat memahami mengenai langkah antisipasi untuk para warganya ketika pelaksanaan kurban pada hari raya Idul Adha 1441 H, pengaturan penjualan juga diatur dalam SE tersebut. Dengan Diah yang menegaskan, Pemkot Depok melarang penjualan hewan kurban di pinggir jalan atau di trotoar, pinggir jalur kereta, jembatan, serta bantaran sungai.

Pemkot Depok sendiri sebenarnya sudah melarang ini melalui Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2012 Tentang Pembinaan dan Pengawasan Ketertiban Umum, apalagi saat ini ancaman penularan COVID-19 masih terus ada. Pemkot Depok pun sudah memiliki lokasi resmi yang ditunjuk untuk para penjual menggelar lapaknya dan telah menerapkan protokol kesehatan yang juga dapat memicu rasa aman dari kekhawatiran infeksi virus Corona dari. Tapi tak semua penjual bisa langsung menggelar lapaknya begitu saja, harus ada izin yang dimiliki terlebih dahulu.

“Izin lapak berjualan hewan kurban berlaku mulai tanggal 26 Juni jingga 8 Juli 2020 berdasarkan rekomendasi dari lurah setempat dan dikuatkan dengan surat pernyataan tanggung jawab penuh dari pemilik atau penanggung jawab,” jelas Wali Kota Depok Mohammad Idris, sebagaimana dikutip dari sumsel.antaranews.com (25/6/2020).


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.