Antisipasi COVID-19, Pemprov DKI Jakarta Imbau Ini ke Perusahaan

Bisnis

Antisipasi COVID-19, Pemprov DKI Jakarta Imbau Ini ke Perusahaan

Menyusul pernyataan Presiden Joko Widodo soal dua warga negara Indonesia positif terjangkit Virus Corona pada Senin lalu, berbagai usaha pencegahan terus dilakukan. Khususnya di Jakarta, tersedia hand sanitizer di stasiun MRT, LRT, dan beberapa halte bus Transjakarta. Di dalam KRL, Petugas PT KCI juga turut menggaungkan kebiasaan cuci tangan. Kini, usaha pencegahan datang lagi, sumbernya dari Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Provinsi DKI Jakarta.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta, Andri Yansyah, merilis Surat Edaran Nomor 12 / SE / 2020 tentang Kewaspadaan terhadap Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), dikutip darisiaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta (4/3/2020).

Antisipasi COVID-19, Pemprov DKI Jakarta Imbau Ini ke Perusahaan

Surat edaran ini ditujukan kepada pimpinan perusahaan yang berada di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Isinya menekankan dilakukannya kegiatan deteksi, pencegahan, respon, dan antisipasi terhadap COVID-19 di lingkungan kerja.

Kegiatan tersebut di antaranya:

1) Memberikan sosialisasi kepada karyawan tentang gejala dan cara mencegah penularan virus corona secara langsung atau melalui banner dan leaflet. Format dapat diunduh pada bit.ly/materiedukasiCOVID19.

2) Menyediakan alat thermal gun untuk mendeteksi suhu tubuh karyawan.

3) Jika ditemukan pekerja yang mengalami gejala demam dan batuk / pilek / sakit tenggorokan / sesak nafas dan baru kembali dari negara dan/atau daerah terjangkit dalam empat belas hari sebelum sakit maka:

  • Jangan panik
  • Minta karyawan menggunakan masker, membatasi kontak dengan orang lain, dan segera berobat ke fasilitas kesehatan terdekat
  • Segera melapor kepada Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta melalui nomor telepon Posko KLB DKI 2020 (0813-8837-6955)

[Baca Juga: Perlukah Pakai Masker Saat Wabah Virus Corona?]

4) Memberikan sosialisasi pesan kesehatan kepada pekerja meliputi:

  • Etika ketika batuk dan bersin, yaitu tutup mulut dan hidung dengan tisu
  • Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun setelah batuk atau bersin, sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah menggunakan toilet, setelah merawat binatang
  • Menuci tangan dengan air mengalir dan sabun serta bilas kurang lebih dua puluh detik. Jika tidak tersedia air dapat menggunakan cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol 70-80 persen
  • Jika sedang sakit, kurangi aktivitas di luar rumah dan hindari kontak dengan orang lain

5) Memfasilitasi proses investigasi dan penanggulangan sesuai ketentuan yang berlaku untuk mencegah penularan dan penyebaran lebih lanjut

6) Melakukan desinfeksi dengan cara:

  • Desinfeksi pada lantai, dinding bangunan, karpet, handle pintu / jendela, serta alat yang sering disentuh secara umum dengan menggunakan larutan desinfeksi sesuai dengan petunjuk pemakaian masing - masing produk (label)
  • Menyemprot ruangan dengan spray fast-acting alcoholic spray disinfectant

6) Menyediakan sabun cuci tangan dan tempat cuci tangan atau cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol 70-80 persen

7) Memantau perkembangan kondisi COVID-19 melalui media elektronik dan rilis dari sumber yang dapat dipercaya

8) Tidak mengeluarkan pernyataan di media sosial yang dapat menimbulkan kecemasan masyarakat

Untuk diketahui, sampai 1 Maret 2020 telah ditemukan 83.652 kasus Virus Corona di seluruh dunia. Virus yang menurut pada ahli kesehatan memiliki tingkat kematian yang rendah ini perlu perlu diwaspadai karena penyebarannya yang sangat cepat.

[Baca Juga: Pemkab Tangerang Mulai Bergerak Mengantisipasi Penyebaran Corona]


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Natasya88 2 years, 11 months lalu
    Natasya88

    Poker165,co merupakan situs game online aman dan terpercaya yang menyediakan Berbagai Promo salah satunya Tripple Bonus yang Wow dan tidak pernah anda jumpai di tempat lain. Buruan bergabung serta Menangkan Hadiah & permainan nya, Cukup 1 user id saja anda bisa banyak bermain game. Pelayanan cepat, aman & terbaik!, Cs kami siap melayani Anda 24 jam nonstop!!! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +855973489346 silahkan bisa di cek ke TKP dan buktikan sekarang juga. . .