Kini Sensus Penduduk Bisa Dilakukan Secara Online

Berita Kawasan

Antisipasi Covid-19, Pemprov DKI Jakarta Optimalisasi Layanan Daring

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan terpadu Satu Pintu (PM dan PTSP) membuka layanan online atau daring bagi masyarakat yang ingin mengajukan perizinan atau mengurus keperluan lainnya. Kepala Dinas PM dan PTSP DKI Jakarta Benni Aguscandra mengatakan hal ini dilakukan sebagai langkah untuk antisipasi penularan COVID-19.

"Layanan secara daring ini menjadi upaya kami memberikan kemudahan bagi warga. Terutama, sebagai salah satu bentuk antisipatif penularan COVID-19," kata Benni, dilansir dari beritajakarta.id (1/4/2020).

Dinas PM dan PTSP Gelar Lomba Aransemen Lagu SETIA

Terhitung sejak 19-28 Maret 2020, sudah ada 30.218 pemohon mengajukan izin dan non-izin secara daring. Benni menyebutkan sebanyak 25.786 izin dan non-izin diterbitkan, 4.014 permohonan ditolak dan 418 permohonan masih dalam proses.

Dia menjelaskan, sebagian besar permohonan yang ditolak karena berkas yang dikirimkan oleh pemohon tidak lengkap. Oleh karenanya, ia mengimbau agar pemohon perizinan dan non-perizinan terlebih dahulu mempelajari persyaratan, mekanisme pelayanan, dasar hukum, definisi dan biaya retribusi. Masyarakat bisa mengakses situs pelayanan.jakarta.go.id sebelum mengajukan permohonan secara daring melalui jakevo.jakarta.go.id.

[Baca Juga: Layanan Administrasi Kependudukan Ditutup, Urus Lewat Alpukat Betawi]

"Ada juga izin dan non-izin yang masih dalam proses karena memerlukan peninjauan lapangan atau survei. Sementara saat ini sedang ditunda karena adanya kebijakan work from home," terangnya.

Dia mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah melakukan koordinasi intensif dengan sejumlah pihak terkait untuk mengembangkan layanan peninjauan lapangan. Upaya tersebut dilakukan dengan memanfaatkan data yang telah tersedia dari kementerian/lembaga/perangkat daerah lainnya.

"Kami ingin ada solusi dalam penelitian administrasi dan teknis terkait perizinan dan non-perizinan tanpa menggunakan peninjauan lapangan atau survei. Salah satunya kami berkoordinasi dengan Kementerian ATR/BPN untuk memanfaatkan peta pertanahan guna penelitian administrasi dan penelitian teknis perizinan dan non-perizinan," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya.jpg

Pendidikan

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya?

18 August 2022, 13:39

Para mahasiswa Unpad belum lama ini memutuskan untuk memasangkan kalung reflektif untuk kucing-kucing liar yang tinggal di sekitaran area kampus Unpad Jatinangor.

Momen HUT RI ke-77, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Wargany a.jpg

Berita Kawasan

Momen HUT ke-77 RI, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Warganya

18 August 2022, 11:38

Dengan tema kebangkitan di HUT ke-77 RI, Anies mengungkapkan bahwa pihaknya telah meringankan beban warganya dengan memberikan keringanan pajak bahkan membebaskannya.

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 4 months lalu
    rine

    ayo kunjungi qqharian/club ,banyak promo dan bonus menarik menanti anda

  • Emmaandita 2 years, 4 months lalu
    EmmaAndita

    Mau hadiah total sampai 1M 😱 Buruan join di situsjadul.com dengan TCoin ! Atau ikuti babak kualifikasi untuk menangkan tiketnya ! Untuk Info lebih lanjut silahkan Kunjungi roadto1billion.com Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder 😎