Kini Sensus Penduduk Bisa Dilakukan Secara Online

Berita Kawasan

Antisipasi Covid-19, Pemprov DKI Jakarta Optimalisasi Layanan Daring

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan terpadu Satu Pintu (PM dan PTSP) membuka layanan online atau daring bagi masyarakat yang ingin mengajukan perizinan atau mengurus keperluan lainnya. Kepala Dinas PM dan PTSP DKI Jakarta Benni Aguscandra mengatakan hal ini dilakukan sebagai langkah untuk antisipasi penularan COVID-19.

"Layanan secara daring ini menjadi upaya kami memberikan kemudahan bagi warga. Terutama, sebagai salah satu bentuk antisipatif penularan COVID-19," kata Benni, dilansir dari beritajakarta.id (1/4/2020).

Dinas PM dan PTSP Gelar Lomba Aransemen Lagu SETIA

Terhitung sejak 19-28 Maret 2020, sudah ada 30.218 pemohon mengajukan izin dan non-izin secara daring. Benni menyebutkan sebanyak 25.786 izin dan non-izin diterbitkan, 4.014 permohonan ditolak dan 418 permohonan masih dalam proses.

Dia menjelaskan, sebagian besar permohonan yang ditolak karena berkas yang dikirimkan oleh pemohon tidak lengkap. Oleh karenanya, ia mengimbau agar pemohon perizinan dan non-perizinan terlebih dahulu mempelajari persyaratan, mekanisme pelayanan, dasar hukum, definisi dan biaya retribusi. Masyarakat bisa mengakses situs pelayanan.jakarta.go.id sebelum mengajukan permohonan secara daring melalui jakevo.jakarta.go.id.

[Baca Juga: Layanan Administrasi Kependudukan Ditutup, Urus Lewat Alpukat Betawi]

"Ada juga izin dan non-izin yang masih dalam proses karena memerlukan peninjauan lapangan atau survei. Sementara saat ini sedang ditunda karena adanya kebijakan work from home," terangnya.

Dia mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah melakukan koordinasi intensif dengan sejumlah pihak terkait untuk mengembangkan layanan peninjauan lapangan. Upaya tersebut dilakukan dengan memanfaatkan data yang telah tersedia dari kementerian/lembaga/perangkat daerah lainnya.

"Kami ingin ada solusi dalam penelitian administrasi dan teknis terkait perizinan dan non-perizinan tanpa menggunakan peninjauan lapangan atau survei. Salah satunya kami berkoordinasi dengan Kementerian ATR/BPN untuk memanfaatkan peta pertanahan guna penelitian administrasi dan penelitian teknis perizinan dan non-perizinan," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 5 months lalu
    rine

    ayo kunjungi qqharian/club ,banyak promo dan bonus menarik menanti anda

  • Emmaandita 2 years, 5 months lalu
    EmmaAndita

    Mau hadiah total sampai 1M 😱 Buruan join di situsjadul.com dengan TCoin ! Atau ikuti babak kualifikasi untuk menangkan tiketnya ! Untuk Info lebih lanjut silahkan Kunjungi roadto1billion.com Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder 😎