Antisipasi Covid-19, Perlukan Sayur dan Buah Dicuci dengan Sabun

Kesehatan

Antisipasi COVID-19, Perlukan Sayur dan Buah Dicuci dengan Sabun?

Sejak Virus Corona yang memicu COVID-19 mulai menjadi wabah di Indonesia, pemerintah selalu menyerukan agar masyarakat menjaga kebersihannya, khususnya terkait mencuci tangan. Di mana mencuci tangan dengan sabun secara benar disebut mampu membunuh virus bernama SARS-CoV-2 itu yang mungkin saja tertempel di tangan Anda. Namun bagaimana dengan sayuran serta buah? Apakah mencuci menggunakan sabun juga perlu dilakukan sebelum kita mengonsumsi atau memasaknya?

Salah satu yang lumrah diketahui mengenai penyebaran COVID-19 adalah jika Anda menyentuh objek yang telah terkontaminasi dengan Virus Corona tersebut dan menyentuh mulut, hidung, atau mata maka bisa dipastikan tubuh Anda dapat terinfeksi SARS-CoV-2. Sehingga sangat direkomendasikan untuk mencuci tangan dengan sabun secara menyeluruh 20 detik agar lapisan lipid yang mengelilingi Virus Corona tersebut hancur dan membuatnya mampu larut di air yang mengalir.

Antisipasi Covid-19, Perlukan Sayur dan Buah Dicuci dengan Sabun

Tentu saja muncul kekhawatiran mengenai keamanan dari sayuran atau buah yang kita konsumsi. Pasalnya, bisa saja seseorang yang tangannya sudah terkontaminasi Virus Corona menyentuhnya, kemudian menaruhnya kembali ke rak di toko. Kemudian bisa saja Anda mengambil sayur serta buah itu dan membawanya pulang untuk dikonsumsi nanti. Pandangan inilah yang memicu munculnya beragam asumsi terkait membersihkan sayur serta buah dengan sabun sebelum mengonsumsinya, seperti yang sempat viral di negara Australia.

Pada awal April 2020, terdapat video yang diunggah Dr. Jeffrey VanWingen MD, seorang dokter keluarga yang berpraktik di Grand Rapids, Michigan, Amerika Serikat, memperlihatkan langkah berbelanja secara aman di tengah pandemi COVID-19. Dengan salah satunya adalah mendisinfeksi semua yang kita beli serta mencuci buah atau sayur menggunakan sabun. Hal ini langsung dibantah banyak pengamat asal Negeri Kanguru.

[Baca Juga: Cara Mencuci Buah dan Sayuran dengan Tepat Agar Bebas Pestisida]

Salah satu yang membantah pandangan ini adalah Kepala Keamanan Makanan Product Marketing Association Australia-New Zealand Deon Mahoney. Ia menegaskan, hal yang diperhatikan dalam infeksi COVID-19 adalah perpindahan dari manusia ke manusia, bukan dari makanan atau pembungkus ke manusia. Mencucinya buah atau sayur menggunakan sabun malah akan memicu kerusakan terhadap makanan tersebut.

“Penting untuk diingat bahwa ancamannya bukanlah makanan atau kemasannya, tetapi orang lain. Persiapkan dan cuci buah serta sayuran Anda seperti biasa – cuci dengan air dingin yang mengalir dan kupas serta masak jika diperlukan. Jangan gunakan sabun atau detergen, karena ini tidak diformulasikan untuk makanan,” jelas Deon Mahoney, sebagaimana dikutip dari nzherald.co.nz (3/4/2020).

[Baca Juga: Tips Aman Belanja Bahan Makanan saat Pandemi COVID-19]

Hal yang sama juga disampaikan ahli keamanan makanan dari North Carolina State University Benjamin Chapman. Ia mendorong untuk Anda mencuci tangan secara benar terlebih dahulu sebelum memasak atau menyentuh bahan makanan dan cukup membersihkan sayur atau buah dengan air yang mengalir.

“Meminum atau memakan sabun cuci piring dapat menyebabkan mual serta perut sakit. Ini bukan senyawa yang benar-benar dibuat untuk ditangani perut kita,” tambahnya, sebagaimana dilansir dari thejakartapost (2/4/2020).


Read More

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.