Antisipasi DBD, Pemkot Depok Lakukan Upaya Ini

Kesehatan

Antisipasi DBD, Pemkot Depok Lakukan Upaya Ini

Di tengah melandanya pandemi COVID-19, ada satu hal lagi yang menjadi perhatian Indonesia kala musim hujan, yaitu DBD. Oleh karenanya, Pemerintah Kota Depok tak hanya membuat Gugus Tugas untuk penanganan COVID-19, tetapi juga berupaya mengantisipasi penyebaran penyakit yang disebabkan Virus Dengue ini.

“Kami sudah dan terus melakukan penanganan kasus DBD agar tidak meningkat dan masyarakat dapat terbebas dari penyakit ini,” tutur Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita, dikutip dari berita.depok.go.id (18/3/2020).

Upaya antisipasi yang dilakukan oleh Pemkot Depok di antaranya:

Antisipasi DBD, Pemkot Depok Lakukan Upaya Ini

1) Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M Plus

Upaya ini dikatakan Novarita sudah tertera di surat edaran yang dikeluarkan Dinkes Kota Depok. Surat tersebut dibagikan kepada perangkat daerah kelurahan, kecamatan, dan puskesmas. Pada praktiknya, Pemberantasan Sarang Nyamuk akan dilakukan setiap pekan. Diterapkan pula Pemeriksaan Jentik Berkala (PJB), larvasidasi atau penaburan bubuk larvasida, dan pengasapan (fogging) di lokasi yang ditemukan kasus DBD.

[Baca Juga: Selain COVID-19, DPR Minta Pemerintah Juga Waspadai DBD]

2) Meningkatkan Monitoring Kasus DBD

Novarita menjelaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan monitoring laporan kasus DBD mulai dari puskesmas, rumah sakit, dan fasilitas layanan kesehatan swasta. Upaya ini dilakukan agar kasus DBD di Kota Depok dapat terus terpantau.

3) Memperkuat Sinergitas dengan Puskesmas dan Rumah Sakit.

Dinkes Kota Depok memberikan instruksi kepada seluruh puskesmas dan rumah sakit di wilayahnya untuk menangani pasien DBD sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) agar penderita dapat memperoleh pengobatan secara tepat.

Selain tiga hal itu, Novarita menegaskan bahwa upaya ini perlu didukung warga Kota Depok dengan turut berperilaku hidup bersih dan sehat. Masyarakat merupakan pihak utama dalam membantu meminimalisir kasus DBD di Kota Depok.

[Baca Juga: Corona Belum Usai, Warga Bogor Mulai Dihantui DBD]

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh Virus Dengue. Virus ini menginfeksi manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Mengutip detik.com (18/3/2020) pada tiga bulan pertama tahun 2020 sudah terdapat 4.600 kasus DBD di Jawa Barat, 16 di antaranya meninggal dunia. Provinsi DKI Jakarta terhitung dari Januari hingga 10 Maret silam memiliki 970 kasus, dikutip kompas.com (18/3/2020).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinkes DKI Jakarta Widyastuti. Widya mengatakan jumlah kasus DBD di Jakarta tersebut menurun dari kasus yang terjadi tahun lalu. “Data di kami dengan tahun kemarin sangat jauh. Data kami menunjukkan angka tahun ini tidak melampaui tahun kemarin," ujar Widyastuti.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.