Antisipasi Klaster Perkantoran, Pemkot Bogor Sarankan Rapat di Taman.jpg

Berita Kawasan

Antisipasi Klaster Perkantoran, Pemkot Bogor Sarankan Rapat di Taman

Pada kasus penyebaran COVID-19 di Kota Bogor, salah satu klaster yang paling tinggi adalah klaster perkantoran yang biasanya berujung ke klaster keluarga. Atas dasar inilah, pencegahan klaster perkantoran menjadi perhatian utama Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dalam menangani penyebaran COVID-19. Selain mendorong Work From Home atau WFH, Pemkot Bogor juga mendorong agar masyarakat yang ingin mengadakan rapat terkait pekerjaan untuk melakukannya di area terbuka seperti taman dibandingkan di kantor.

Pemkot Bogor saat ini sudah mulai merelaksasi kebijakannya di pandemi COVID-19 dengan pemberlakukan Pembatasan Sosial Berbasis Mikro dan Komunitas yang berlaku sampai 27 Oktober 2020. Dengan ini maka jenis usaha seperti restoran, kafe, hingga toko retail sudah bisa kembali melayani konsumen untuk dine-in sampai pukul 21.00 WIB dengan catatan protokol kesehatan tetap ditegakkan dan setelah jam tersebut maka hanya boleh untuk take away saja.

Antisipasi Klaster Perkantoran, Pemkot Bogor Sarankan Rapat di Taman .jpg

Walau dalam kondisi relaksasi tapi bukan berarti Pemkot Bogor lengah dalam mengantisipasi COVID-19. Karena area perkantoran masih menjadi perhatian utamanya. “Kita perketat pengawasannya di perkantoran. Kantor-kantor itu harus punya Satgas sendiri untuk COVID. Karena klaster keluarga ini setelah didalami banyak dari perkantoran juga,” jelas Wali Kota Bogor Bima Arya, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (14/10/2020).

Demi mencegah munculnya klaster perkantoran ini, Bima Arya menyebut, pihaknya mengimbau perkantoran hanya mengizinkan 50 persen saja pegawainya yang masuk dengan sisanya WFH yang khususnya untuk ibu hamil serta orang yang memang punya penyakit bawaan yang rentan terhadap paparan COVID-19.

Selain itu, dari sisi sirkulasi udara juga menjadi perhatian dari Pemkot Bogor dan yang paling dikhawatirkan adalah ketika rapat bersama di satu ruangan. Karena itulah Pemkot Bogor mendorong penggunaan ruang terbuka untuk menggelar rapat perkantoran. “Kemudian kita akan fungsikan taman-taman kota untuk tempat rapat,” tutur orang nomor satu di Kota Hujan tersebut.

“Rapat-rapat ini kita larang di dalam ruangan. Bagi kantor (pemerintah maupun swasta) yang ingin rapat silahkan gunakan taman atau outdoor. Pemerintah kota juga sering gunakan Taman Ekspresi. Tapi nanti silahkan di taman mana pun tinggal berkoordinasi saja dengan Bidang Pertamanan. Kita dorong untuk rapat atau aktivitas di luar. Ini salah satu manajemen risiko penularan di kantor,” imbuh Bima Arya. Koordinasi ini bisa dilakukan dengan menghubungi Bidang Pertamanan Disperumkim Kota Bogor dengan nomor kontak 087788642102 sekitar tiga hari sebelum rapat.

[Baca Juga: Setelah Libur Panjang Akhir Pekan, Pemprov DKI Fokus pada Klaster Perkantoran]

Read More

Artikel Lainnya

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

Hobi dan Hiburan

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

29 October 2020, 15:05

Dari ketiga film tersebut, Viu mendapatkan 14 gelar Juara Nasional dari 40 kategori, sehingga berhak mengikuti babak internasional pada bulan Desember .

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

Pendidikan

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

29 October 2020, 10:55

Universitas Multimedia Nusantara mengembangkan prototipe aplikasi koreksi penulisan dalam bahasa Indonesia bernama U-Tapis.

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

Hobi dan Hiburan

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

28 October 2020, 16:31

Melalui pameran itu, tidak hanya ketokohannya karya-karya Affandi yang luar biasa juga dapat menjadi inspirasi bagi banyak seniman.

Peringati Sumpah Pemuda, Dispora Gerakan Pemuda Bandung Bersihkan Masjid Pesantren

Berita Kawasan

Peringati Sumpah Pemuda, Dispora Bandung Ajak Bersihkan Masjid & Pesantren

28 October 2020, 14:04

Di tahun ini peringatan Sumpah Pemuda lebih diarahkan untuk menguatkan solidaritas di tengah masyarakat menghadapi pandemi COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.