Antisipasi La Nina, Anies Baswedan Pantau Pengerjaan Waduk Pondok Ranggon.jpg

Berita Kawasan

Antisipasi La Nina, Anies Baswedan Pantau Pengerjaan Waduk Pondok Ranggon

Sejak awal tahun 2020, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur telah memulai pengerukan Waduk Pondok Ranggon yang disebut dalam usaha mengurangi debit air di Kali Sunter. Hingga kini proses pengerukan tersebut masih terus berjalan dan belum sepenuhnya rampung. Namun dengan masuknya musim hujan serta fenomena La Nina yang membayangi Indonesia, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun melakukan peninjauan terhadap pengerjaan pengerukan Waduk Pondok Ranggon untuk melihat bagaimana perkembanganya dalam rangka mengantisipasi cuaca ekstrem.

Pada kunjungan yang digelar 23 November 2020 itu, orang nomor satu di DKI Jakarta tersebut terlihat datang tak sendiri ke waduk yang berlokasi di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Karena ia turut didampingi Wali Kota Jakarta Timur M.Anwar, Camat Cipayng Fajar Eko Satrio beserta elemen Pemkot Jakarta Timur lainnya.

Antisipasi La Nina, Anies Baswedan Pantau Pengerjaan Waduk Pondok Ranggo n.jpg

Menurut Anies, pengerjaan pengerukan di Waduk Pondok Ranggon merupakan langkah antisipasi musim hujan sekaligus menghadapi cuaca ekstrem yang dipicu fenomena La Nina. Sekadar informasi, La Nina yang berarti anak perempuan dalam bahasa Spanyol itu biasanya mengakibatkan peningkatan curah hujan yang tinggi di Indonesia dan dapat memicu bencana hidrometeorologi.

Dalam mempercepat proses pengerukan Waduk Pondok Ranggon, Anie menyebut saat ini alat berat untuk membantu pengerjaannya sudah ditambah. Di mana saat ini total ekskavator yang dikerahkan menjadi 15 alat dengan tujuh berasal dari Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, empat dari Dinas Bina Marga DKI Jakarta, satu dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, dan tiga lainnya dari swasta.

[Baca Juga: Proyek Waduk di Cipinang Melayu Ditargetkan Rampung dalam 2 Bulan]

“Ini adalah Ikhtiar bersama. Dengan kapasitas waduk yang meningkat, kami berharap kita semakin siap dalam menghadapi musim hujan dan kini juga ditambah fenomena La Nina yang diprediksi hadir di wilayah DKI Jakarta,” jelas Anies Baswedan, sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (23/11/2020).

Setelah dikerjakan selama hampir satu tahun, perkembangan pengerjaan Waduk Pondok Ranggon disebut Anies telah mencapai sekitar 80 persen dan terus dikejar sesuai target yang rencananya rampung pada akhir tahun ini. Sekarang kemampuan Waduk Pondok Ranggon dalam menampung air sekitar 100-200 meter kubik dan bila pengerukan selesai nanti maka jumlah daya tampungnya akan meningkat hingga 500 meter kubik air.

Read More

Artikel Lainnya

FKUB Medan Terima Penghargaan Harmony Award 2020

Berita Kawasan

FKUB Medan Terima Penghargaan Harmony Award 2020

18 January 2021, 17:17

Tentunya Penghargaan ini sangat berarti dalam meningkatkan motivasi dan Kinerja Baik Pemko maupun FKUB untuk terus merawat, memelihara dan menguatkan kehidupan keagamaan.

Kanal Youtube Disdik Depok Perkaya Pembelajaran Daring Siswa

Pendidikan

Kanal Youtube Disdik Depok Perkaya Pembelajaran Daring Siswa

18 January 2021, 16:17

Kanal yang diberi nama Belajar Bersama Disdik Kota Depok ini, bertujuan untuk mendukung kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) atau pembelajaran daring siswa.

Pantauan Vaksinasi Tenaga Medis di Tangerang Selatan

Kesehatan

Pantauan Vaksinasi Tenaga Medis di Tangerang Selatan

18 January 2021, 15:28

Proses pendaftaran vaksinasi ada empat alur. Meja pertama, calon penerima vaksin yang mendapatkan SMS yang sudah mendaftar melalui aplikasi, melakukan registrasi dan pencatatan.

Kerjasama Pemkot dan Gojek Perkuat Pariwisata dan UMKM di Kota Malang

Bisnis

Kerjasama Pemkot dan Gojek Perkuat Pariwisata dan UMKM di Kota Malang

18 January 2021, 14:23

Pemerintah Kota Malang di awal tahun 2021 melakukan terobosan dalam bentuk inisiasi kerjasama dengan GoJek dan GoPay.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 1 month, 3 weeks lalu
    anisa

    QQHarian Agen Slot Game Online Indonesia Terpercaya, Terlengkap, Terpercaya & Transaksi Cepat , Aman & Nyaman. QQHarian Hadir Dengan berbagai Provider Ternama. Yukk Gabung & Dapatkan WELCOME BONUS 100% FULL DI DEPAN ( Bonus 100% Di AWAL / Di DEPAN ) Serta Ketahui Promo menarik lainnya dari QQHarian. Info lanjut QQHarian Buka Link Di Bawah 👇 = 🏹 ( <a href="https://qqharian.cc/" title="Best Betting Online" rel="nofollow">Situs Resmi QQHarian CLICK DISINI</a> ) 🎰 🏹 https://biolinky.co/linkgameonline ( Link Alternatif QQHarian ) 🏹 www.facebook.com/groups/389225522015696/ ( Join Group Facebook )