Ini Dampak Lockdown Bagi Suatu Wilayah

Berita Kawasan

Antisipasi Lockdown, Polda Metro Jaya Lakukan Simulasi Penutupan Jalur

Meningkatnya jumlah penderita COVID-19 di Indonesia membuat Pemerintah berencana mengeluarkan opsi kebijakan lockdown atau karantina wilayah di berbagai daerah. Hal itu tak lain untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona SARS-CoV-2.

Meski kebijakan lockdown belum resmi diterapkan, namun Polda Metro Jaya telah mempersiapkan skenario penutupan akses dari dan menuju Jakarta. Penutupan akses tersebut tertuang dalam telegram Kapolda Metro Jaya Nomor STR/414/III/OPS.2./2020 tertanggal 28 Maret 2020.

[Baca Juga: Dewan Guru Besar FKUI Surati Pemerintah, Sarankan Local Lockdown]

Dalam isi telegram tersebut, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Nana Sudjana memerintahkan kepada seluruh jajaran agar menutup seluruh akses keluar ibukota.

"Memerintahkan Kabagops (kepala bagian oprasional membuat renpam (rencana pengamanan) penutupan jalan atau alih arus kendaraan yang akan keluar/ masuk ke Jakarta," kata Kapolda seperti tertulis dalam surat telegram.

Adapun dalam surat telegram tersebut, penutupan jalan yang dimaksud mencakup jalan kecil, jalan kampung, arteri dan juga jalan tol. Untuk memaksimalkan rencana tersebut, polisi juga akan berkoordinasi dengan TNI Kodam Jaya dan pihak PT Jasa Marga.

Di akhir surat, Kapolda pun meminta rencana pengamanan yang telah dibuat untuk disampaikan dalam rapat koordinasi pada Senin, 30 Maret 2020.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus

Dikonfirmasi secara terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus pun tak menampik perihal kebenaran surat telegram tersebut. Hanya saja menurutnya, hal tersebut masih masih sebatas simulasi jika suatu hari nanti Pemerintah benar-benar menerapkan kebijakan lockdown.

"Situasi Jakarta sekarang tidak ada karantina wilayah atau lockdown (masih physical distancing). Namun tetap latihan. Kita sudah latihan apapun yang akan terjadi," kata Yusri Yunus.

[Baca Juga: Ini Dampak Lockdown Bagi Suatu Wilayah]

Terkait rekayasa lalu lintas kata Yusri, hal itu dilakukan untuk mengetahui situasi keramaian di masing-masing wilayah. Dengan demikian nantinya akan semakin mempermudah saat dibutuhkan pengerahan personil pengamanan.

Untuk diketahui sampai dengan Senin, 30 Maret 2020 pagi, DKI Jakarta masih menjadi wilayah dengan kasus COVID-19 terbanyak di Indonesia. Terhitung sudah ada 675 kasus dengan korban meninggal mencapai 68 orang. Disusul kemudian wilayah sekitarnya yaitu Jawa Barat dengan 149 kasus dan Banten sebanyak 106 kasus.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 2 years, 10 months lalu
    emma

    website judi online terpercaya yang berani memberi anda kemenangan dengan hanya bermodal minimum 20.000 rupiah saja, proses deposit dan withdraw maksimal 2 menit, dan anda bisa mendapatkan keuntugan puluhan juta!! Daftarkan segera dan langsung bermain, juga banyak berbagai macam bonus. Ingin membuktikannya ??? Langsung join bersama kami, di bola165,co / jalurtikus,com :)