ANTISIPASI MENINGITIS DENGAN VAKSIN DI RS HAJI PONDOK GEDE

Kesehatan

Antisipasi Meningitis dengan Vaksin di RS Haji Pondok Gede

Untuk Anda yang akan melakukan ibadah atau berpergian ke Arab Saudi, ada beberapa syarat wajib yang harus Anda lakukan agar kembali ke tanah air dengan sehat seperti semula. Selain syarat administrasi yang harus dilengkapkan, Anda juga harus melakukan vaksin kesehatan untuk mencegah penyakit seperti meningitis, MERS, demam kuning, dan sebagainya. Anda bisa melakukan vaksin ditempat terpercaya sepertI RS Haji Pondok Gede.

Vaksin ini hukumnya wajib, berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 15 Tahun 2016 tentang Kesehatan Jemaah Haji. Walaupun tertulis untuk jemaah haji, namun vaksin ini berlaku juga untuk Anda yang berpergian ke Arab Saudi.

Mengapa vaksin perlu dilakukan? Karena Arab Saudi adalah negara tempat berkumpulnya jutaan umat muslim seluru dunia. Tentunya banyak risiko penyakit yang dibawa jemaah atau wisatawan dari negara tententu dan bisa menyebar ke bagian negara lain. Maka dari itu, pemerintah Arab Saudi pun mewajibkan semua orang yang keluar dan masuk negaranya untuk divaksin. Ada beberapa vaksin yang harus dilakukan, salah satu vaksin yang penting adalah vaksin meningitis. Tentunya vaksin ini bertujuan untuk menghindari atau melindungi diri dari penularan virus, bakteri, atau jamur penyebab meningitis atau radang selaput otak.

Bakteri atau virus penyebab meningitis ini bisa tersebar melalui bersin, batuk, ciuman, atau media lainnya. Pada dasarnya, meningitis adalah infeksi pada meninges atau selaput otak dan saraf tulang belakang. Ketika meradang, akan terjadi pembengkakan dan kerusakan pada saraf dan otak. Gejala-gejala yang menandakan Anda terkena meningitis adalah nafas cepat, sensitif terhadap cahaya, ruam merah, demam, kejang-kejang, leher kaku, sakit kepala dan muntah-muntah.

Jika sekiranya Anda mengalami beberapa tanda di atas, segera cari penanganan dokter sesegera mungkin. Akan sangat berbahaya jika Anda menganggap remeh penyakit ini, pasalnya, tanda-tanda meningitis sangat mirip dengan flu biasa apalagi untuk Anda yang tidak muncul ruam di badan. Menunda penanganan meningitis dapat menyebabkan kerusakan otak permanen bahkan kematian.

Untuk mendiagnosa penyakit ini harus dilakukan beberapa tes, di antaranya, tes darah. Hal ini dilakukan untuk mencari tahu penyebab infeksi, apakah melalui bakteri, virus, atau mikroorganisme lainnya. Lalu tes pencintraan, yang merupakan MRI, CT Scan kepala, dada, dan sinus. Hal ini dilakukan untuk memastikan kalau infeksi belum menyebar ke tempat lain. Ada juga tes Polymerase Chain Reaction (PCR). Fungsinya untuk mendeteksi muatan virus yang ada di tubuh Anda. Kemudian yang terakhir adalah tes pungsi lumbar, sebuah tes yang dilakukan untuk memeriksa kadar glukosa, protein, dan sel darah.

Sebenarnya ada langkah mudah yang bisa mencegah radang selaput otak seperti mencuci tangan, menjaga pola hidup sehat, menutup mulut saat bersin atau batuk, hidup higienis, dan hati-hati dalam memilih makanan. Namun, pencegahan sederhana saja tidak cukup. Vaksin meningokokus ACYW135 wajib Anda lakukan setidaknya dua hingga empat minggu sebelum Anda berangkat. Untuk orang dewasa, vaksin akan bertahan selama 10 tahun, namun jika Anda sering berpergian ke Arab Saudi sebaiknya Anda melakukan vaksin ulang dalam jangka waktu lima tahun.

Selain menjadi rumah sakit yang direkomendasikan untuk melakukan vaksin meningitis, RS Haji Pondok Gede juga sangat baik untuk menangani meningitis. Untuk Anda atau kerabat yang sudah terlanjut mengidap penyakit ini, sebelum menyebar ke orang lain. RS Haji Pondok Gede sendiri berada di Jl. Raya Pondok Gede No. 4, RT. 1 RW. 1, Pinang Ranti, Makasar, Jakarta Timur 13560.

Read More

Artikel Lainnya

Junita Liesar Gaet Ivan Gunawan Rilis Koleksi Busana Ready to Wear

Kecantikan dan Fashion

Kenapa Busana Klasik Masih Diminati? Ini Jawaban Ivan Gunawan

16 December 2019, 17:00

Busana klasik merupakan salah satu jenis pakaian yang harus ada dalam lemari Anda. Pakaian ini tak lekang oleh waktu dan bisa menghasilkan banyak tampilan.

5 Pemenang I-PLAN Food Design Challenge Bantu Pemerintah Atasi Stunting dan Anemia

Berita Kawasan

5 Pemenang I-PLAN Food Design Challenge Bisa Bantu Atasi Stunting

16 December 2019, 16:00

Kelima pemenang I-PLAN Food Design Challenge terpilih lewat produk olahan lautnya yang mudah dan praktis untuk dikonsumsi. Apa saja yang mereka ciptakan?

UNPAK, Hadirkan Acara Festival Sebagai Program Mata Kuliah

Pendidikan

UNPAK, Hadirkan Acara Festival Sebagai Program Mata Kuliah

16 December 2019, 15:00

Komen Festival menghadirkan perpaduan bazar makanan dan panggung musik. Meski menjadi salah satu program mata kuliah, acara ini tidak menghadirkan edukasi melainkan full entertiment.

Netflix, Adaptasi Tokoh LINE FRIENDS Kedalam Serial Anak-Anak

Berita Kawasan

Netflix, Adaptasi Tokoh LINE FRIENDS Kedalam Serial Anak-Anak

16 December 2019, 14:00

Tokoh Brown and Friends dari Line hadir sebagai serial animasi Netflix. Serial original tersebut akan hadir dalam bentuk film animasi komedi slapstick tanpa dialog.


Comments


Please Login to leave a comment.