Antisipasi Musim Hujan, Pemkot Jakarta Barat Tambah Unit Pompa Mobile

Berita Kawasan

Antisipasi Musim Hujan, Pemkot Jakarta Barat Tambah Unit Pompa

Saat ini musim hujan sudah mulai membayangi wilayah Jakarta dengan mendung yang kerap terjadi di sejumlah titik di Ibu Kota. Datangnya musim hujan ini pun langsung membuat sejumlah otoritas setempat melakukan langkah antisipasi guna menghindari kemungkinan terjadinya banjir. Hal serupa juga dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat yang langsung melakukan langkah siaga dengan menambah jumlah unit pompa mobile atau portable-nya.

Antisipasi Musim Hujan, Pemkot Jakarta Barat Tambah Unit Pompa Mobile

Tak bisa dipungkiri, ada beberapa titik di kawasan Jakarta Barat yang acap kali dilanda banjir di kala musim hujan. Pada tahun 2018, banjir di wilayah ini mengalami genangan dengan ketinggian yang berbeda. Contohnya adalah di Kecamatan Kebon Jeruk yang mengalami banjir dari hanya sekadar genangan yang mengganggu lalu lintas sampai ada yang memiliki ketinggian sampai paha orang dewasa.

[Baca Juga: Menjelang Musim Hujan, Wali Kota Ajak Buat Lubang Biopori]

Bahkan pada awal November 2019, pihak Pemkot Jakarta Barat melalui Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Barat sudah mengumumkan wilayah mana saja yang rawan terkena dampak banjir di kala musim hujan. Di mana wilayah yang masuk dalam kategori ini adalah Kelurahan Rawa Buaya, Tegal Alur, Kedoya Selatan, Kedoya Utara, dan Kembangan Utara.

Langkah antisipasi di kelima wilayah rawan banjir itu pun sudah mulai dilakukan dari jauh-jauh hari. Pihak Sudin SDA Jakarta Barat sudah melakukan pengerukan di kali, pengurasan saluran air, pembangunan pintu air, dan melakukan perawatan terhadap pompa-pompa mobile agar siap digunakan jika terjadi genangan di kala hujan.

[Baca Juga: Persiapan Yang Harus Anda Lakukan Saat Musim Hujan]

Langkah antisipasi banjir pun kembali dilakukan oleh Sudin SDA Jakarta Barat dengan melakukan pengadaan pompa mobile baru untuk tahun ini. Pengadaan ini disebut guna mempercepat penanganan laporan keberadaan genangan air akibat hujan. Pihak Sudin SDA Jakarta Barat memperkirakan, pompa-pompa baru itu akan datang pada akhir bulan ini.

“Tahun ini kita ajukan 10 pompa mobile baru. Sebenarnya jangka waktu (keberadaannya) 15 Desember, tapi saya tekankan akhir November ini pompa harus sudah ada,” ungkap Kepala Sudin SDA Jakarta Barat Purwanti Suryandari di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jalan kembangan Selatan No.2, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (12/11/2019).

Read More

Artikel Lainnya

180 Guru di Depok, Ikuti Workshop Inovasi Pendidikan

Pendidikan

180 Guru di Depok, Ikuti Workshop Inovasi Pendidikan

15 December 2019, 16:00

Workshop Inovasi Pendidikan bertujuan ingin menyamakan persepsi tentang perbedaan karakteristik pembelajaran terhadap peserta didik.

Dulu Kumuh, Sekarang Berubah Jadi Taman Utan Jati

Berita Kawasan

Dulu Kumuh, Sekarang Berubah Jadi Taman Utan Jati

15 December 2019, 15:00

Banyak fasilitas umum gratis disediakan di Taman Utan Jati. Warga setempat bisa menikmatinya kapan pun secara gratis.

Review Knives Out Penampilan Segar Chris Evans Usai Avengers End Game

Berita Kawasan

Review Knives Out: Penampilan Segar Chris Evans Usai Avengers End Game

15 December 2019, 14:00

Bukan hanya jual nama artis-artis besar, film Knives Out juga menghibur dengan plot yang sudah jarang ditemui. Inilah pilihan terbaik film akhir tahun untuk Anda.

Synthesis Kemang Tawarkan Hunian Berkonsep Jawa Modern

Properti dan Solusi

Synthesis Kemang Tawarkan Hunian Berkonsep Jawa Modern

15 December 2019, 13:00

Synthesis Development secara resmi mengadakan acara topping off untuk hunian kelas atas di wilayah Kemang, Jakarta Selatan.


Comments


Please Login to leave a comment.