Antisipasi Musim Hujan, Pemkot Jakarta Barat Tambah Unit Pompa Mobile

Berita Kawasan

Antisipasi Musim Hujan, Pemkot Jakarta Barat Tambah Unit Pompa

Saat ini musim hujan sudah mulai membayangi wilayah Jakarta dengan mendung yang kerap terjadi di sejumlah titik di Ibu Kota. Datangnya musim hujan ini pun langsung membuat sejumlah otoritas setempat melakukan langkah antisipasi guna menghindari kemungkinan terjadinya banjir. Hal serupa juga dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat yang langsung melakukan langkah siaga dengan menambah jumlah unit pompa mobile atau portable-nya.

Antisipasi Musim Hujan, Pemkot Jakarta Barat Tambah Unit Pompa Mobile

Tak bisa dipungkiri, ada beberapa titik di kawasan Jakarta Barat yang acap kali dilanda banjir di kala musim hujan. Pada tahun 2018, banjir di wilayah ini mengalami genangan dengan ketinggian yang berbeda. Contohnya adalah di Kecamatan Kebon Jeruk yang mengalami banjir dari hanya sekadar genangan yang mengganggu lalu lintas sampai ada yang memiliki ketinggian sampai paha orang dewasa.

[Baca Juga: Menjelang Musim Hujan, Wali Kota Ajak Buat Lubang Biopori]

Bahkan pada awal November 2019, pihak Pemkot Jakarta Barat melalui Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Barat sudah mengumumkan wilayah mana saja yang rawan terkena dampak banjir di kala musim hujan. Di mana wilayah yang masuk dalam kategori ini adalah Kelurahan Rawa Buaya, Tegal Alur, Kedoya Selatan, Kedoya Utara, dan Kembangan Utara.

Langkah antisipasi di kelima wilayah rawan banjir itu pun sudah mulai dilakukan dari jauh-jauh hari. Pihak Sudin SDA Jakarta Barat sudah melakukan pengerukan di kali, pengurasan saluran air, pembangunan pintu air, dan melakukan perawatan terhadap pompa-pompa mobile agar siap digunakan jika terjadi genangan di kala hujan.

[Baca Juga: Persiapan Yang Harus Anda Lakukan Saat Musim Hujan]

Langkah antisipasi banjir pun kembali dilakukan oleh Sudin SDA Jakarta Barat dengan melakukan pengadaan pompa mobile baru untuk tahun ini. Pengadaan ini disebut guna mempercepat penanganan laporan keberadaan genangan air akibat hujan. Pihak Sudin SDA Jakarta Barat memperkirakan, pompa-pompa baru itu akan datang pada akhir bulan ini.

“Tahun ini kita ajukan 10 pompa mobile baru. Sebenarnya jangka waktu (keberadaannya) 15 Desember, tapi saya tekankan akhir November ini pompa harus sudah ada,” ungkap Kepala Sudin SDA Jakarta Barat Purwanti Suryandari di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jalan kembangan Selatan No.2, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (12/11/2019).


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.