Antisipasi Musim Hujan, Saluran Kelurahan Bungur Dibersihkan

Berita Kawasan

Antisipasi Musim Hujan, Saluran Kelurahan Bungur Dibersihkan

Saat ini kita telah memasuki bulan Oktober 2019 yang berarti sekira satu bulan lagi diperkirakan musim hujan akan mulai masuk ke wilayah Ibu Kota. Sejumlah wilayah yang kerap dibayangi genangan air kala hujan pun mulai dilirik otoritas setempat. Seperti yang terlihat di kawasan Kelurahan Bungur, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Dengan pihak Kelurahan Bungur yang menurunkan Petugas Penanganan Prasaranan dan Sarana Umum atau PPSU untuk mulai membersihkan saluran air di area pemukiman warga.

Antisipasi Musim Hujan, Saluran Kelurahan Bungur Dibersihkan

Lurah Bungur Aruwanto menjelaskan, pihaknya telah mengerahkan empat anggota PPSU di satu RW di wilayahnya. Para petugas itu pada 7 Oktober 2019 pun menyisir semua saluran di sana dan membersihkannya demi memastikan tidak ada penyumbatan atau penumpukan sampah yang kelak dapat memicu banjir di kala musim hujan.

“Mereka hanya fokus di satu RW itu saja. Nanti mereka akan dibekali breker, pacul, sekop, dan kantong plastik serta karung yang akan difungsikan memasukkan sampah atau pun lumpur di saluran,” ujar Lurah Bungur itu sebagaimana dikutip dari pusat.jakarta.go.id (7/10/2019).

[Baca Juga: Normalisasi Saluran Air Di Jalan Kartini Raya Baru 60 Persen]

Sistem yang digunakan Kelurahan Bungur adalah empat anggota PPSU di satu RW selama satu minggu untuk fokus membersihkan saluran di sana. Kemudian empat petugas yang berbeda akan membersihkan RW lainnya dengan cara rotasi setiap pekannya.

“Cara ini dinilai lebih tepat terlebih jelang musim penghujan. Jadi PPSU hanya fokus satu RW saja mereka bersihkan. Pokoknya 50 PPSU akan digilir empat PPSU setiap Minggu dapat tugas membersihkan 10 RW,” sambung Aruwanto. Lurah Bungur itu menambahkan, pembersihan saluran ini sebenarnya memang dilakukan atas permintaan warga sehingga ia berharap agar masyarakat juga bantu menjaga kebersihan sebagai langkah antisipasi banjir.

[Baca Juga: Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan]

Selain itu, pihak Kelurahan Bungur juga telah mulai melakukan proses normalisasi di beberapa saluran di wilayahnya. Aruwanto menyebut, langkah ini dilakukan petugas dari Satuan Pelaksana SDA Kecamatan Senen dengan lokasi yang dipilih untuk normalisasi adalah saluran Jalan Bungur Besar IX dan Kalo Baru Timur III. Menurut Lurah Bungur itu, normalisasi ini diperlukan karena kondisi saluran di sana yang sudah cukup dangkal.

Jika proses normalisasi ini sudah selesai maka petugas akan melanjutkan pekerjaannya ke Jalan Kepu Selatan untuk melakukan pengurasan saluran. Aruwanto menambahkan, langkah ini memang dilakukan guna memastikan aliran air tidak terhambat serta untuk mengantisipasi musim hujan.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.