Antisipasi Musim Hujan, Saluran Kelurahan Bungur Dibersihkan

Berita Kawasan

Antisipasi Musim Hujan, Saluran Kelurahan Bungur Dibersihkan

Saat ini kita telah memasuki bulan Oktober 2019 yang berarti sekira satu bulan lagi diperkirakan musim hujan akan mulai masuk ke wilayah Ibu Kota. Sejumlah wilayah yang kerap dibayangi genangan air kala hujan pun mulai dilirik otoritas setempat. Seperti yang terlihat di kawasan Kelurahan Bungur, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Dengan pihak Kelurahan Bungur yang menurunkan Petugas Penanganan Prasaranan dan Sarana Umum atau PPSU untuk mulai membersihkan saluran air di area pemukiman warga.

Antisipasi Musim Hujan, Saluran Kelurahan Bungur Dibersihkan

Lurah Bungur Aruwanto menjelaskan, pihaknya telah mengerahkan empat anggota PPSU di satu RW di wilayahnya. Para petugas itu pada 7 Oktober 2019 pun menyisir semua saluran di sana dan membersihkannya demi memastikan tidak ada penyumbatan atau penumpukan sampah yang kelak dapat memicu banjir di kala musim hujan.

“Mereka hanya fokus di satu RW itu saja. Nanti mereka akan dibekali breker, pacul, sekop, dan kantong plastik serta karung yang akan difungsikan memasukkan sampah atau pun lumpur di saluran,” ujar Lurah Bungur itu sebagaimana dikutip dari pusat.jakarta.go.id (7/10/2019).

[Baca Juga: Normalisasi Saluran Air Di Jalan Kartini Raya Baru 60 Persen]

Sistem yang digunakan Kelurahan Bungur adalah empat anggota PPSU di satu RW selama satu minggu untuk fokus membersihkan saluran di sana. Kemudian empat petugas yang berbeda akan membersihkan RW lainnya dengan cara rotasi setiap pekannya.

“Cara ini dinilai lebih tepat terlebih jelang musim penghujan. Jadi PPSU hanya fokus satu RW saja mereka bersihkan. Pokoknya 50 PPSU akan digilir empat PPSU setiap Minggu dapat tugas membersihkan 10 RW,” sambung Aruwanto. Lurah Bungur itu menambahkan, pembersihan saluran ini sebenarnya memang dilakukan atas permintaan warga sehingga ia berharap agar masyarakat juga bantu menjaga kebersihan sebagai langkah antisipasi banjir.

[Baca Juga: Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan]

Selain itu, pihak Kelurahan Bungur juga telah mulai melakukan proses normalisasi di beberapa saluran di wilayahnya. Aruwanto menyebut, langkah ini dilakukan petugas dari Satuan Pelaksana SDA Kecamatan Senen dengan lokasi yang dipilih untuk normalisasi adalah saluran Jalan Bungur Besar IX dan Kalo Baru Timur III. Menurut Lurah Bungur itu, normalisasi ini diperlukan karena kondisi saluran di sana yang sudah cukup dangkal.

Jika proses normalisasi ini sudah selesai maka petugas akan melanjutkan pekerjaannya ke Jalan Kepu Selatan untuk melakukan pengurasan saluran. Aruwanto menambahkan, langkah ini memang dilakukan guna memastikan aliran air tidak terhambat serta untuk mengantisipasi musim hujan.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.