blower kota semarangOK3.jpg

Properti dan Solusi

Antisipasi Panas Ekstrim, Wali Kota Pasang Spray di Sudut Semarang

Beberapa waktu lalu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Semarang menjelaskan alasan terkait panas ekstrim yang terjadi di wilayah Jawa Tengah khususnya kota Semarang. Pihaknya mengatakan alasan terjadinya fenomena ini adalah karena posisi matahari yang sedang menuju arah selatan bumi. "Pada saat ini terutama di bulan Agustus September ini suhu akan mulai semakin tinggi semakin naik...(akibat) gerak semu (tahunan) Matahari. Karena saat ini posisi Matahari itu sedang menuju ke selatan," ujar Iis Widya Harmoko selaku Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Semarang pada 3/9/2021 lalu.

Iis mengatakan jika pada umumnya suhu tertinggi di kota Semarang terjadi di bulan Oktober dan akan berlangsung juga di wilayah Jawa Tengah lainnya seperti kota Solo, Tegal, dan Pekalongan. "Nah itu biasanya di bulan Oktober itu saat dimana suhu paling tertinggi di Jawa Tengah...Nanti akan turun kembali dan akan naik kembali di bulan Februari, karena tergantung dari gerak semu dari Matahari," tambahnya lagi.

blower kota semarangOK2.jpg

Cuaca panas ini diprediksi akan mencapai puncaknya pada bulan Oktober dengan suhu mencapai 37 derajat Celcius saat matahari berada di atas garis Khatulistiwa. Selain cuaca panas ekstrim, dampak gerak semu matahari ini mengakibatkan adanya fenomena hari tanpa bayangan sepanjang bulan September hingga Oktober di wilayah Indonesia. Adanya fenomena ini membuat pemerintah kota Semarang melakukan inovasi untuk mengantisipasi cuaca panas ekstrim yang terjadi di kota Lumpia ini.

Melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Semarang, Wali Kota Semarang , Hendrar Prihadi telah melakukan uji coba spray pendingin udara sejak Agustus 2021 lalu. Spray pendingin udara ini menjadi viral di beberapa platform media sosial setelah Hendi menggunggahnya di akun instagram pribadinya @hendrarprihadi pada 13/9/2021 lalu. Spray ini dipasang dengan tujuan untuk mempercepat penanganan cuaca panas ektrim yang terjadi di Kota Semarang selain upaya penghijauan yang telah dilakukan.

Hendi menerangkan sistem kerja spray ini sangat sederhana yaitu dengan menghembuskan uap air ke jalan-jalan di Kota Semarang sehingga masyarakat Semarang khususnya para pengendara yang melewati jalan-jalan raya merasa sejuk. Jika nantinya pemasangan spray ini mendapat respon positif di masyarakat, pihaknya akan menambahkan lagi di beberapa titik. "Sementara ini memang masih belum banyak yang seperti itu, tapi kalau memang direspon positif dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, pasti akan dikembangkan lagi," ujar Hendi dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (14/9/2021).

blower kota semarangOK.jpg

Menurut Ali selaku Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Semarang, saat ini pemasangan spray pendingin berada di dua titik yaitu di jalan Pemuda Semarang dan daerah kota Lama Semarang. Ali mengungkapkan jika alat spray ini akan menyala secara otomatis ketika suhu udara diatas 28 derajat celcius dan akan mati jika suhu udara dibawah 28 derajat celcius. "Jadi sementara ini kita pasang dua dulu, satu sudah terpasang di traffic light depan mal Paragon, satu lagi akan dipasang di jalan Suari Kota Lama. Sesuai arahan Pak Wali kalau ke depan akan dikembangkan lagi," ungkap Ali.


Read More

Artikel Lainnya

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

Kesehatan

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

26 October 2021, 16:34

Angka pernikahan anak di Kabupaten Bandung cukup tinggi sehingga membuat Pemkab dan pihak-pihak terkait mengadakan sebuah program untuk menghapus angka pernikahan dini di Kabupaten Bandung.

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.