Antisipasi Panic Buying, Pemprov DKI Pastikan Stok Bahan Pangan Aman

Berita Kawasan

Antisipasi Panic Buying, Pemprov DKI Pastikan Stok Bahan Pangan Aman

Fenomena panic buying atau yang dimaksud dengan aktivitas memborong banyak barang untuk mengantisipasi bencana mulai melanda tanah air kurang dari 24 jam setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan bahwa dua warga negara Indonesia (WNI) positif terkena Virus Corona atau COVID-19.

Mereka menyetok banyak barang karena khawatir mewabahnya Virus Corona di Indonesia membuat sejumlah akses publik ditutup seperti yang terjadi di Wuhan, China. Jika hal ini terus berlanjut, Panic Buying malah akan berdampak buruk bagi ekonomi Tanah Air seperti membuat inflasi yang nantinya mengganggu stabilitas ekonomi negara.

Antisipasi Panic Buying, Pemprov DKI Pastikan Stok Bahan Pangan Aman

Untuk itu, Pemerintah pun mengimbau agar masyarakat jangan takut kehabisan bahan pokok yang akhirnya malah membuat orang ingin membeli lebih banyak barang dari yang sebetulnya dibutuhkan.

Di Ibukota, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun memastikan stok kebutuhan bahan pangan tidak mengalami kekurangan. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, kebutuhan pangan seperti, beras, cabai, bawang merah, bawang putih, telur ayam, daging ayam, daging sapi, ikan, buah-buahan, dan sayuran mencukupi.

[Baca Juga: Ini Arti Dari Istilah 'Super-Spreader' Virus Corona]

Darjamuni berharap masyarakat tetap tenang dan tidak perlu khawatir dengan kebutuhan pangan segar karena akan terus dijamin ketersediaannya. Sebagai contoh untuk pangan segar hasil pertanian, perikanan, dan produk hewan telah dijamin ketersediannya oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di klaster pangan.

“Kami terus berkoordinasi dengan instansi terkait seperti, Dinas PPPUKM, Badan Urusan Logistik, pelaku usaha pangan, dan daerah sentra produksi pangan untuk memastikan aliran pangan ke Jakarta berjalan lancar,” jelas Darjamuni dalam keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (3/3/2020)

Selain melakukan pengawasan pangan segar, Dinas KPKP juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk memantau harga dan stok baik di pasar tradisional maupun swalayan/pasar modern di wilayah DKI Jakarta. Hal itu agar tidak terjadi permainan harga dan juga penimbunan bahan pangan akibat fenomena Panic Buying yang terjadi belakangan ini.

[Baca Juga: Ilmuwan dari HKUST Temukan Formula untuk Lawan Virus Corona]

“Dalam rangka menegakkan aturan hukum kami akan bersama sama dengan Satgas Pangan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan instansi terkait untuk melakukan penanganannya jika terindikasi terjadi penimbunan, permainan harga dan tindak kecurangan dalam masalah pangan,” tandasnya.

Sampai dengan saat ini kata Drjamuni, stok bawang putih di BUMD masih sekitar 750 ton dan akan tambahan suplai melalui mekanisme impor mencapai 18 ton. Kemudian untuk gula pasir BUMD segera mendapatkan tambahan stok sebesar 2.300 ton.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 11 months lalu
    rine

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di QQharian,club <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>