Antisipasi Corona, Car Free Day Ditiadakan Sementara

Berita Kawasan

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Car Free Day Ditiadakan Sementara

Pertanggal 11 Maret 2020, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan banyak pernyataan terkait penyebaran Virus Corona, disalah satu pernyataannya, Anies menyingung perihal car free day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) yang biasa terlaksana setiap hari minggu di sepanjang Jalan Sudirman hingga MH Thamrin.

Dalam putusannya, selama dua pekan ke depan, pihaknya akan meniadakan car free day atau CFD. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir potensi penularan COVID-19 di Jakarta, mengingat per 11 Maret, jumlah kasus positif COVID-19 meningkat hingga 34 orang.

Antisipasi Corona, Car Free Day Ditiadakan Sementara

“Kegiatan yang dilaksanakan tiap hari minggu, yaitu Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau car free day, untuk dua pekan ke depan demi menjaga dan melindungi warga Jakarta dari potensi penularan, maka dua minggu ke depan Pemprov DKI meniadakan HBKB,” kata Anies seperti yang dikutip dari detikcom.

Pemprov DKI Jakarta terus memantau perkembangan kasus COVID-19 yang terjadi usai keputusan ini dibuat. Ia mengatakan, setelah dua minggu diberhentikan, pihaknya akan kembali memantau kondisi COVID-19 di ibukota. Sejak pasien COVID-19 pertama dikonfirmasi, Anies mengatakan pihaknya membuat beberapa langkah sigap untuk pencegahan virus asal Wuhan, China ini, salah satunya dengan membentuk Tim Perizinan terkait acara keramaian.

[Baca Juga: Tanpa Potong Gaji, Anies Liburkan PNS dengan Gejala Mirip COVID-19]

Sejauh ini, Pemprov DKI Jakarta sudah menangguhkan atau menunda tiga izin konser yang diselenggarakan dari Maret hingga April 2020, yaitu Head in the Clouds in Jakarta, Babymetal, dan Foals yang terpaksa ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Bahkan ajang Formula E yang direncanakan akan dilangsungkan di kawasan Monumen Nasional (Monas) akan ditunda. Anies memutuskan untuk menunda ajang balap jet darat listrik pada 6 Juni nanti dengan alasan mencegah penyebaran COVID-19 meluas.

[Baca Juga: Cegah Penyebaran COVID-19, Gelaran Formula E Jakarta Resmi Ditunda]

“Kami tidak ingin mengorbankan keselamatan warga demi pencapaian,” ujar Anies seperti yang diberitakan sebelumnya. Walaupun ia mengaku, ajang ini memberi dampak ekonomi yang besar, namun risiko untuk warga juga besar, maka dari itu, ditunda.

Seperti yang diimbau oleh WHO (World Health Organization), penyebaran Virus Corona bisa terjadi karena doplet atau tetesan. Sehingga masyarakat disarankan untuk selalu rajin mencuci tangan, membatasi jabat tangan dengan orang lain, dan menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit atau menunjukkan gejala mirip COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 6 months lalu
    suki

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di bola165 ,co