Transjakarta Terus Tingkatkan Bertahap Menuju Halte Ramah Disabilitas

Berita Kawasan

Antisipasi Unjuk Rasa, Ada Modifikasi Layanan Transportasi Jakarta

Unjuk rasa menolak RUU Cipta Kerja Omnibus Law yang telah disahkan DPR terus mengalir di berbagai wilayah Nusantara, termasuk di Ibu Kota Jakarta. Belajar dari pengalaman sebelumnya, pihak MRT dan Transjakarta melakukan modifikasi layanan transportasi, mulai dari penutupan halte, hingga pengalihan rute.

Direktur Operasional PT Transjakarta Prasetia Budi menuturkan, sejumlahan layanan Transjakarta sore kemarin dihentikan sementara dan beberapa lainnya tetap beroperasi namun dengan modifikasi layanan rute. Ini dilakukan menyusul adanya aksi unjuk rasa yang berlangsung di sekitar kawasan Patung Kuda dan Monas.

"Hal ini dilakukan terkait adanya aksi unjuk rasa yang berlangsung hari ini di sekitaran kawasan Patung Kuda dan Monas hingga menyebabkan penutupan jalan," ujar Prasetia seperti dilansir dari beritajakarta.id (22/10/2020). Dia menambahkan, layanan akan kembali normal apabila kondisi sudah kondusif serta dapat dilintasi armada bus.

MRT Jakarta Singkap Pandemi dengan Rilis Aplikasi  Tutup 7 Stasiun

Smentara itu, pihak PT MRT Jakarta menutup sementara pintu B, E dan F Stasiun Bundaran HI. Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin mengatakan, penutupan sementara tersebut dilakukan menyusul adanya peningkatan aktivitas massa yang melakukan aksi unjuk rasa di sekitar kawasan Bundaran HI. "Kami tutup sementara, kami meminta maaf kepada para penumpang atas ketidaknyamanan ini," ujarnya masih dari sumber yang sama.

Dikatakan Kamaluddin, pembukaan kembali pintu-pintu stasiun tersebut akan dilakukan jika situasi kembali kondusif. Pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan aparat keamanan terkait keamanan stasiun. "Tetap pantau media sosial MRT Jakarta untuk mengetahui update terkini. Kami mengimbau para penumpang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19," tandasnya.

Modifikasi Rute Layanan Transjakarta

Layanan Setop Beroperasi:

  • Rute 5M (Kp Melayu - Tanah Abang)
  • Rute 1H (Gondangdia- Tanah Abang)
  • Rute 1R (Senen - Tanah Abang)

[Baca Juga: Ini Alasan 92 Akademisi Menolak RUU Omnibus Law Cipta Kerja]

Layanan yang mengalami perpendekan rute:

  • Koridor 3 (Kalideres – Pasar Baru) Diperpendek menjadi Kalideres – Harmoni dan bus berputar di lampu merah pos polisi. Halte yang tidak melayani, Halte Pecenongan, Halte Juanda, Halte Pasar Baru.
  • Koridor 8A (Harmoni – Grogol) Mengalami perpendekan hanya sampai Halte Harmoni dan bus berputar di lampu merah pos polisi. Halte yang tidak melayani, Halte Pecenongan dan Halte Juanda.
  • Rute 6A (Ragunan - Monas via Monas) dan Rute 6B (Ragunan – Monas via Semanggi) juga mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan - Tosari. Halte yang tidak melayani, Halte Bundaran HI, Halte Sarinah, Halte Bank Indonesia, dan Halte Monas.
  • Rute 1A (PIK - Balai Kota) Mengalami perpendekan rute menjadi PIK – Kota. Halte yang tidak melayani, Halte Olimo, Halte Glodok, Halte Mangga Besar, Halte Sawah Besar, Halte Harmoni, Halte Monas, Bus Setop Balai Kota.
  • Rute 5C (PGC - Harmoni) Mengalami perpendekan rute menjadi Harmoni – Senen. Halte yang tidak melayani, Halte Juanda, Halte Pecenongan, Halte Harmoni, Halte Pasar Baru.
  • Rute 9D (Pasar Minggu – Tanah Abang) Mengalami perpendekan rute menjadi Pasar Minggu – Tosari.

Catat! Transjakarta Hadirkan Kembali Rute Gratis di Kota Tua.jpg

Layanan yang mengalami pengalihan rute:

  • Koridor 1 (Blok M – Kota)
  1. Arah Kota, Blok M - Sarinah – Lampu merah BI - belok kiri Jl Kebon Sirih - Hotel Milenium - belok kiri - Jl Fachrudin - belok kanan - Jati Baru - Jl Cideng Barat – Lampu merah Tarakan - belok kanan - Petojo – Lampu merah Harmoni - belok kiri - Harmoni - Kota.
  2. Arah Blok, Kota - Harmoni – Lampu merah Harmoni - belok kanan - Petojo – Lampu merah Tarakan - belok kiri - Jl Cideng Timur - Jl Jati Baru – Lampu merah Hotel Milenium - belok kiri - Jl Kebon Sirih – Lampu merah BI belok kanan - Sarinah - Blok M. Halte yang tidak melayani, Halte Monas dan Halte Bank Indonesia (BI).
  • Koridor 2 (Pulogadung – Harmoni)
  1. Arah Pulogadung, Harmoni belok kiri - Pecenongan - Juanda – Lampu merah Almabar - belok kanan - Budi Utomo - Central Senen belok kiri – Pulogadung. Halte yang tidak melayani, Halte Monas, Halte Gambir 2, Halte Kwitang
  2. Arah Harmoni, Pulogadung - Central Senen - belok kanan - Jl Gunung Sahari - Halte Budi Utomo – Lampu merah Golden Truli belok kiri - Jl KH Samanhudi - Sawah Besar belok kiri - Harmoni. Halte yang tidak melayani, Halte Atrium, Halte RSPAD, Halte Deplu, Halte Gambir 1, Halte Istiqlal, Halte Juanda, Pecenongan.

Read More

Artikel Lainnya

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

Kecantikan dan Fashion

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

29 November 2020, 12:01

Koleksi T-shirt Bogart ini akan disajikan sebagai penjualan pribadi bersamaan dengan lelang online barang-barang Supreme langka lainnya.

Tentang Bulimia, Gangguan Makan yang Diderita Putri Diana

Kesehatan

Kenali Bulimia, Gangguan Makan Putri Diana

28 November 2020, 17:08

Alur cerita The Crown Season 4 telah menghidupkan kembali pembicaraan tentang gangguan makan tersebut dalam kehidupan nyata Putri Diana, Princess of Wales.

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

Kuliner

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

28 November 2020, 10:08

Orang Sunda mengenal kemangi dengan sebutan seraung atau lampes. Lampes juga nama yang dikenal bagi orang Jawa. Selain di Pulau Jawa, daun kemangi juga banyak dipakai dalam masakan di Indonesia bagian timur.

4 Film Penting Tayang di Netflix Desember Ini

Hobi dan Hiburan

4 Film Penting Tayang di Netflix Desember Ini

27 November 2020, 18:01

Berikut sinopsis empat film tersebut sebagai panduan Anda yang tidak ingin ketinggalan menonton karya yang kemungkinan besar akan merajai nominasi pada musim penghargaan.


Comments


Please Login to leave a comment.