Antisipasi Virus Corona, Pemkot Jakarta Utara Tinjau Pasar

Berita Kawasan

Antisipasi Virus Corona, Pemkot Jakarta Utara Tinjau Pasar

Dalam masa pandemi COVID-19, pemerintah sudah mengeluarkan masyarakat agar tidak melakukan panic buying atau belanja secara berlebihan dan menerapkan social distancing. Demi memastikan kedua hal ini memang diterapkan di wilayahnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara pun membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona dengan salah satu tugas pertamanya adalah melakukan peninjauan pasar.

Antisipasi Virus Corona, Pemkot Jakarta Utara Tinjau Pasar

Menurut Wakil Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, ketahanan pangan merupakan fokus jajarannya dalam percepatan penanganan Virus Corona baru dengan nama SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19. Oleh karena itulah gugus tugas ini dibentuk dalam rangka menjaga keseimbangan sembako di wilayah Jakarta Utara dari proses distribusinya sampai dibeli oleh masyarakat,” ungkapnya, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (18/3/2020).

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Utara Lirik Pendirian Pasar Barang Antik]

Gugus tugas ini diharapkan dapat menyampaikan imbauan kepada masyarakat Jakarta Utara agar dapat mengontrol diri dengan mengatasi pembelian sembako. “Mungkin nanti akan ada sistem pengaturan mulai dari penjualannya, pendistribusian, dan pembelian yang tidak boleh satu orang itu memborong terlalu banyak. Sehingga ketahanan pangan khususnya sembako tetap terjaga,” ujar Ali.

Setelah pembentukan gugus tugas tersebut, Ali yang bertugas menjadi ketua langsung turun ke Pasar Teluk Gong dan Pasar Koja Baru. Ia menyebut, langkah ini dilakukan guna memastikan pencegahan Virus Corona memang dilakukan di area pasar yang kerap didatangi masyarakat untuk membeli kebutuhan dasar mereka.

[Baca Juga: Cegah Produk Pangan Berbahaya, Pemkot Jakarta Timur Sidak 6 Pasar]

Pada kunjungan itu Ali tak datang sendiri, ia juga ditemani anggota Forum Komunikasi Pimpinan Kota Jakarta Utara yang terdiri dari elemen pemerintah, TNI, serta Polri. Mereka tak hanya memastikan tak ada panic buying tapi juga untuk melihat langsung apakah masyarakat memang menerapkan social distancing di pasar yang termasuk ruang publik.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara itu juga memastikan kegiatan gugus tugas ini tak hanya dilakukan di Pasar Teluk Gong dan Pasar Koja saja. “Jadi semisal ada operasi pasar, maka kami akan membantu dari sisi keamanan jaga jarak sosialnya. Tidak hanya di dua pasar ini saja, tapi juga di 23 pasar yang ada di Jakarta Utara,” tutur Ali.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 10 months lalu
    rine

    pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke dupa88,net dan jangan lupa join now yach... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan. <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>