Antisipasi Wabah COVID-19, UI Terapkan Metode Belajar Jarak Jauh

Pendidikan

Antisipasi Wabah COVID-19, UI Terapkan Metode Belajar Jarak Jauh

Guna mencegah penyebaran virus SARS-CoV-2 atau yang populer dengan nama Virus Corona di lingkungan kampus, Universitas Indonesia (UI) membuat kebijakan penyesuaian kegiatan di kampus. Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam Surat Edaran Tentang Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Infeksi COVID-19 di Lingkungan Universitas Indonesia (13/3/2020).

Dalam surat edaran tersebut, UI memutuskan untuk mengubah kegiatan belajar mengajar (KBM) yang semula dalam bentuk tatap muka menjadi sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Kebijakan ini berlaku terhitung sejak 18 Maret 2020 hingga berakhirnya semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020. Dilansir dari kalender akademik UI (14/3/2020), periode perkuliahan untuk semester genap tahun ini berlangsung sejak 3 Februari hingga 12 Juni 2020.

12 Bidang Studi di UI Ini Masuk Ranking Dunia

Lebih lanjut dalam surat edaran tersebut disebutkan bahwa UI tetap akan menyelenggarakan KBM dalam bentuk praktik laboratorium. Seperti praktik klinik, praktik di industri dan praktik di berbagai institusi dengan catatan bahwa tempat praktik tersebut menerapkan pencegahan penularan infeksi COVID-19.

[Baca Juga: Kemendikbud Buat Panduan Cegah Corona Virus di Institusi Pendidikan]

UI juga menunda atau menjadwal ulang penyelenggaraan KBM yang dilakukan di lapangan, seperti Kuliah Kerja Nyata (K2N) dan Praktik Belajar Lapangan ditunda atau menggantinya dengan metode pembelajaran lain. Kemudian untuk kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang melibatkan pengumpulan data dan aktivitas bersama harus disertai dengan upaya pencegahan penularan infeksi COVID-19.

Selama masa pandemi infeksi COVID-19 ini, UI menganjurkan mahasiswa dan tenaga kependidikan UI yang sakit untuk tidak datang ke kampus. Pihak UI juga melakukan diskresi terhadap peraturan kepegawaian dan peraturan akademik seperti perihal absensi .

[Baca Juga: Bermain Sambil Belajar di Rumah Akar Pohon]

Para mahasiswa yang tinggal di asrama UI atau rumah kost juga diimbau untuk kembali secepatnya ke rumah orang tua/keluarga masing-masing. Dalam surat edaran tersebut UI juga mengingatkan agar seluruh dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan untuk mempraktikan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta mematuhi Protokol Kewaspadaan Pencegahan COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.