Antisipasi Wabah COVID-19, UI Terapkan Metode Belajar Jarak Jauh

Pendidikan

Antisipasi Wabah COVID-19, UI Terapkan Metode Belajar Jarak Jauh

Guna mencegah penyebaran virus SARS-CoV-2 atau yang populer dengan nama Virus Corona di lingkungan kampus, Universitas Indonesia (UI) membuat kebijakan penyesuaian kegiatan di kampus. Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam Surat Edaran Tentang Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Infeksi COVID-19 di Lingkungan Universitas Indonesia (13/3/2020).

Dalam surat edaran tersebut, UI memutuskan untuk mengubah kegiatan belajar mengajar (KBM) yang semula dalam bentuk tatap muka menjadi sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Kebijakan ini berlaku terhitung sejak 18 Maret 2020 hingga berakhirnya semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020. Dilansir dari kalender akademik UI (14/3/2020), periode perkuliahan untuk semester genap tahun ini berlangsung sejak 3 Februari hingga 12 Juni 2020.

12 Bidang Studi di UI Ini Masuk Ranking Dunia

Lebih lanjut dalam surat edaran tersebut disebutkan bahwa UI tetap akan menyelenggarakan KBM dalam bentuk praktik laboratorium. Seperti praktik klinik, praktik di industri dan praktik di berbagai institusi dengan catatan bahwa tempat praktik tersebut menerapkan pencegahan penularan infeksi COVID-19.

[Baca Juga: Kemendikbud Buat Panduan Cegah Corona Virus di Institusi Pendidikan]

UI juga menunda atau menjadwal ulang penyelenggaraan KBM yang dilakukan di lapangan, seperti Kuliah Kerja Nyata (K2N) dan Praktik Belajar Lapangan ditunda atau menggantinya dengan metode pembelajaran lain. Kemudian untuk kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang melibatkan pengumpulan data dan aktivitas bersama harus disertai dengan upaya pencegahan penularan infeksi COVID-19.

Selama masa pandemi infeksi COVID-19 ini, UI menganjurkan mahasiswa dan tenaga kependidikan UI yang sakit untuk tidak datang ke kampus. Pihak UI juga melakukan diskresi terhadap peraturan kepegawaian dan peraturan akademik seperti perihal absensi .

[Baca Juga: Bermain Sambil Belajar di Rumah Akar Pohon]

Para mahasiswa yang tinggal di asrama UI atau rumah kost juga diimbau untuk kembali secepatnya ke rumah orang tua/keluarga masing-masing. Dalam surat edaran tersebut UI juga mengingatkan agar seluruh dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan untuk mempraktikan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta mematuhi Protokol Kewaspadaan Pencegahan COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.