Anugerah Pewarta Wisata Indonesia 2019 Punya Kategori Khusus Millenial Tourism

Berita Kawasan

Anugerah Pewarta Wisata Indonesia 2019 Ada Kategori Khusus Millenial

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali menggelar ajang apresiasi bagi pewarta di Indonesia, yaitu Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2019. Ajang ini merupakan bentuk apresiasi bagi para jurnalis yang dinilai turut berkontribusi mempromosikan destinasi wisata Indonesia melalui karya jurnalistik dalam bentuk feature baik berupa artikel maupun video. Namun, untuk mengikuti ajang ini tak hanya bisa diikuti pewarta, tapi juga bisa diikuti para blogger.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata Guntur Sakti mengatakan, para pewarta dan blogger yang pernah memiliki pengalaman perjalanan ke destinasi wisata di Indonesia yang memanfaatkan teknologi digital sebagai daya tarik, atau meliput penggunaan digital dalam ekosistem industri pariwisata, bisa mengikuti ajang APWI 2019. Syaratnya, tentu saja dengan menuangkan pengalaman perjalanannya dalam feature yang menarik.

Anugerah Pewarta Wisata Indonesia 2019 Punya Kategori Khusus Millenial Tourism

Mengutip siaran pers dalam laman kemenpar.go.id (7/8/2019), APWI 2019 berbeda dengan tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan Kemenpar menambahkan kategori khusus untuk dilombakan dalam APWI 2019, yaitu kategori Destinasi Super Prioritas. Kategori khusus tersebut mencakup lima kawasan, yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan KEK Likupang di Minahasa Utara. Kategori khusus ini bertujuan untuk mempromosikan Destinasi Super Prioritas yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo.

[Baca Juga: Kemenpar Ajak Pelaku Usaha Pariwisata Manfaatkan KUR]

Guntur menerangkan, kategori Destinasi Super Prioritas ditambahkan karena sejalan dengan program pemerintah yang sedang mendorong pengembangan infrastruktur di lima kawasan tersebut. Selain adanya kategori khusus, tema yang diusung dalam APWI 2019 juga spesial, yaitu Millenial Tourism.

Dia menambahkan, tema yang diusung tahun ini diperuntukkan bagi generasi milenial yang menuntut penggunaan digital dalam segala aspek. Berdasarkan tema, para pewarta dan blogger bisa menuangkan pengalamannya mulai dari inspirasi (mendapat ide berlibur), melakukan riset dan perencanaan liburan, memesan pesawat dan hotel, berada di airport, hingga tiba di destinasi wisata dan menikmati perjalanannya.

[Baca Juga: 4 Strategi Utama Kemenpar Capai Target Wisatawan Mancanegara]

Tema Millenial Tourism dalam ajang ini berlaku untuk lima kategori lomba, yakni kategori Koran, Majalah, Online, Blogger, dan Tayangan Tevelisi, serta kategori khusus Destinasi Super Prioritas. Menurut Guntur, minat para pewarta pariwisata dalam mengikuti ajang APWI terus meningkat. Di tahun 2018, karya yang ditampilkan mencapai 432 karya. Dia berharap, tahun ini pun lebih meningkat karena total hadiah APWI 2019 sebesar Rp500 juta.

Informasi pendaftaran dan syarat ketentuan untuk mengikuti ajang APWI 2019 bisa dilihat pada laman kemenpar.go.id.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.