KEMAYORAN_PROPERTI_APA BISA OVER KREDIT RUSUNAMI_IVAN_REVISI 01-01.jpg

Properti dan Solusi

Apa Bisa Over Kredit Rusunami?

Rusunami merupakan akronim dari rumah susun sederhana milik. Rumah susun atau rusun sendiri merupakan kategori resmi pemerintah Indonesia untuk tipe hunian bertingkat seperti apartemen, kondominium, flat, dan lain-lain. Hunian seperti ini banyak terdapat di Jakarta, khususnya di Kemayoran. Salah satunya adalah Rusunami Kemayoran yang sengaja dibangun pemerintah agar para penduduk di sana bisa memiliki hunian dengan harga terjangkau. Sebab, rusunami sendiri masuk dalam kategori hunian subsidi, atau istilah umumnya disebut apartemen bersubsidi. Namun karena subsidi itu, apa bisa pemilik atau debitur melakukan over kredit rusunami?

Jika merujuk pada Peraturan Menteri Perumahan Rakyat (Permenpera) Nomor 3 tahun 2014, pengalihan atau over kredit rusunami yang dibeli dengan skema Kredit Pemilikan Rumah/Apartemen (KPR/A) atau Fasilitas Likuidistas Pembiayaan Perumahan (FLPP), jelas dilarang. Bahkan, debitur yang dengan sengaja dan ketahuan melakukan hal tersebut akan dikenakan sanksi. Sanksi sendiri bisa berupa denda sebesar Rp 50 juta, permintaan pembatalan kepemilikan ke pengadilan, hingga pengembalian subsidi yang telah diterima oleh debitur yang bersangkutan.

[Baca Juga : 6 Ide Penyimpanan Buku di Dalam Rumah]

Untuk menghindari hal seperti di atas, makanya debitur yang dalam hal ini masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), harus menandatangani perjanjian dengan pemerintah yang diwakili oleh dirut Badan Layanan Umum Pusat Pembiayaan Perumahan Kementerian Perumahan Rakyat (BLU-PPP Kemenpera) sebelum akad jual-beli. Isi perjanjian adalah penerima FLPP tidak akan memindahtangankan kepemilikan rumahnya kepada pihak lain kecuali pewarisan.

Untungnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengubah aturan terkait program subsidi perumahan melalui skema FLPP atau subsidi bunga KPR/A ini. Sehingga, rumah atau apartemen yang mendapat subsidi bisa dialihkan ke pihak lain alias over kredit. Hanya saja, debitur harus memenuhi syarat pengalihan kepemilikan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR) Nomor 20/PRT/M/2014 tentang FLPP Dalam Rangka Perolehan Rumah Melalui Kredit/Pembiayaan Pemilikan Rumah Sejahtera Bagi MBR.

Rumah sejahtera tapak atau satuan rumah sejahtera susun hanya dapat disewakan dan atau dialihkan kepemilikannya dalam hal;

[Baca Juga : Deretan Biaya yang Muncul dalam Proses Jual-Beli Rumah]

Seperti itulah aturan over kredit rusunami yang merupakan bunyi dari Pasal 17 ayat 4 Permen PUPR Nomor 20/PRT/M/2014. Aturan baru ini mengubah Permenpera No. 3 tahun 2014 yang sebelumnya melarang over kredit rusunami atau rumah subsidi. Perubahan sendiri dilakukan pemerintah dengan berbagai macam pertimbangan. Salah satunya adalah kemungkinan seseorang mengalami peningkatan dari sisi pendapatan. Sehingga, mereka bisa membeli rumah tanpa perlu disubsidi oleh pemerintah. Ini sesuai dengan poin di Pasal 17 ayat 4 dalam peraturan di atas.

Jadi, tidak perlu ragu jika memang Anda ingin membeli rusunami Kemayoran atau mungkin apartemen subsidi di daerah lainnya. Sebab jika memang Anda ingin pindah atau over kredit rusunami di “tengah jalan” karena beberapa hal yang telah disebutkan di atas, proses tersebut bisa Anda lakukan. Terpenting dalam hal ini adalah menaati aturan yang berlaku agar tidak kena sanksi atau sejenisnya. Ini juga demi riwayat kredit atau BI Checking baik yang Anda miliki nantinya.

Read More

Artikel Lainnya

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.