Apa itu Siwak dan Manfaatnya Bagi Kesegaran Napas Saat Berpuasa

Kecantikan dan Fashion

Apa itu Siwak dan Manfaatnya Bagi Kesegaran Napas Saat Berpuasa

Siwak dipakai dalam berbagai produk pasta gigi. Di bulan Ramadan ini, banyak yang menggunakan produk tersebut karena dikatakan mampu menjaga bau mulut selama berpuasa. Namun, ternyata kata siwak bukan mengacu pada akar tanaman yang dipercaya memiliki manfaat menjaga kesegaran napas.

Siwak sebenarnya mengacu pada kegiatan menyikat gigi. Namun karena yang digunakan menyikat gigi adalah akar dari pohon Arak, maka kemudian tanaman tersebut sering pula disebut syajar al-Miswak. Arak juga terkenal sebagai pohon Khardal, karena buahnya yang dapat dimakan berbau khardal (biji sawi atau mostar).

Arak yang kemudian disebut Siwaak ini tanamannya memiliki nama ilmiah Persica Salvadora. Pohon ini mempunyai daun yang berwarna hijau cerah dan tunggal, bunga warna putih kecil dan buah dalam bentuk kelompok seperti bentuk blueberry.

[Baca Juga: 9 Tips Puasa Sehat Untuk Penderita Maag]

Akar pohon Arak panjang membentang di bawah permukaan tanah dan akar adalah bagian yang digunakan untuk menyikat gigi. Zaman dahulu, yang mana para pedagang menggali tanah dan mengumpulkan akar tersebut dalam ukuran yang berbeda untuk kemudian dipotong menjadi ukuran yang berbeda tergantung pada ketebalan.

Seperti dirangkum dari academia.edu (7/5/2019), mereka kemudian menjual ukuran tebal dan tipis dalam bentuk paket-paket atau ikatan-ikatan di pasar atau dekat pintu mesjid dan sekolah.

Selain menggunakan Siwak, sejak zaman dahulu, manusia telah mengenal beberapa variasi teknik dalam membersihkan gigi. Antaranya mereka menggunakan bulu ayam, duri landak, tulang, dan ranting sebagai alat pembersih gigi.

Siwak yang juga disebut chewing stick sendiri telah digunakan oleh orang Babilonia dalam Tamadun Mesopotamia semenjak 7000 tahun yang lalu. Alat ini kemudian digunakan pula oleh masyarakat di Yunani dan Roma, serta kaum Yahudi dan masyarakat dalam Kerajaan Islam.

Apa itu Siwak dan Manfaatnya Bagi Kesegaran Napas Saat Berpuasa

Manfaat Siwak

Siwak berfungsi mengikis kotoran dan membersihkan bahagian dalam mulut. Batangnya memiliki serat batang yang elastik dan tidak merusak gigi meskipun digunakan dengan tekanan yang keras. Bahkan, batang siwak yang berdiameter kecil mempunyai kemampuan yang tinggi untuk menerobos sela gigi dan mengeluarkan sisa makanan dari celah-celahnya, serta menghilangkan plak. Manfaat lainnya yaitu:

  • Menjadikan gigi putih dan segar
  • Menguatkan gusi
  • Menambah kekuatan gigi
  • Mengeringkan dahak
  • Menajamkan pandangan mata
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Menghilangkan sembelit.

[Baca Juga: Catat Lokasi dan Tanggal Pasar Murah di Bulan Ramadan]

Sementara itu, untuk buahnya, selain berfungsi sebagai pendorong selera makan, juga digunakan sebagai obat sakit wasir, limpa, dan demam.

Selain dari pohon Arak (Salvadora persica) yang hanya tumbuh di kawasan Timur Tengah, ada pula jenis yang diambil dari Kikar (Acacia arabica) dari Pakistan. Berdasarkan penelitian, siwak dari jenis Kikar menunjukkan fungsi antibakteria Streptococcus faecalis sebanyak 50 persen lebih banyak dari spesies lain.

[Baca Juga: Puasa Bisa Bikin Sel Tubuh Makin Kuat]

Berdasarkan kepada perbincangan yang dilakukan, dapat dirumuskan bahawa menggosok gigi merupakan amalan yang dilakukan manusia sejak zaman dahulu. Kedatangan Islam telah mengangkat amalan murni ini dan menjadikannya sebagian dari Sunnah Nabi S.A.W.

Kini, di zaman yang sedang giat-giatnya menjaga kelestarian lingkungan, Siwak kembali populer sebagai natural toothbrush yang alami dan tidak menabah banyak sampah plastik di dunia. Mau mencoba di bulan Ramadan ini? Manfaat nafas lebih segar meskipun berpuasa seharian bisa Anda dapatkan.

Read More

Artikel Lainnya

Ketika Sastra Alih Wahana ke dalam Sadiwara Audio di Tangan Puluhan Seniman

Hobi dan Hiburan

Puluhan Seniman Alih Wahana Karya Sastra Menjadi Sadiwara Audio

03 July 2020, 21:00

Pertunjukan ini bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta kawan-kawan media dengan nama Sandiwara Sastra.

Pra-AKB di Kota Bogor, Ojol Hingga Hotel Boleh Kembali Beroperasi

Bisnis

Pra-AKB di Kota Bogor, Ojol Hingga Kegiatan MICE Boleh Beroperasi

03 July 2020, 20:00

Dalam fase Pra-AKB ini, Bima Arya kembali membuka sektor baru, yakni transportasi seperti ojek online (ojol) dan ojek pangkalan (opang) serta kegiatan-kegiatan di hotel selain fasilitas penginapan.

Pengambilan Dokumen Sipil di Kota Tangerang Kini Kembali Normal

Berita Kawasan

Pengambilan Dokumen Sipil di Kota Tangerang Kini Kembali Normal

03 July 2020, 19:00

Semenjak PSBB jilid IV hingga saat ini, pengambilan dokumen sipil di kantor Disdukcapil sudah kembali normal. Sebelumnya, ada pembatasan waktu dan jumlah pemohon disetiap harinya.

Toko Roti Maison Weiner Sudah 83 Tahun di Kwitang, Jakarta Pusat

Kuliner

Toko Roti Maison Weiner Sudah 83 Tahun di Kwitang, Jakarta Pusat

03 July 2020, 18:00

Pertama didirikan tahun 1936, toko kue dan roti Maison Weiner masih terus menjual roti dan kue hingga sekarang. Produksinya ditangani oleh generasi ke-3, Heru Laksana.


Comments


Please Login to leave a comment.